Sponsors Link

10 Manfaat Senam Bagi Jantung dan Gerakannya

Sponsors Link

Menurut penelitian, ada hubungan yang signifikan antara kematian karena penyakit jantung dan seberapa sering orang tersebut dalam berolahraga. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa sekitar 250.000 kematian per-tahun adalah karena serangan jantung mendadak yang disebabkan minimnya aktivitas fisik atau olahraga. Aktivitas yang berhubungan dengan fisik dapat menurunkan resiko penyakit serius seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan serangan jantung mendadak.

ads

Baca juga: Penyebab Jantung Koroner.

Senam jantung adalah salah satu olahraga yang disarankan untuk menjaga kesehatan jantung. Olahraga jenis ini sangat baik untuk meningkatkan kapasitas fungsi jantung, apabila dilakukan secara rutin dan teratur akan dapat mencegah penyakit jantung bertambah parah.

Senam jantung biasanya diadakan di rumah sakit, terutama rumah sakit spesialis penyakit jantung dan dipimpin oleh instruktur senam jantung sehat yang sangat terlatih. Selain itu senam jantung juga sering diselenggarakan oleh komunitas-komunitas yang berfokus pada kesehatan jantung, Anda dapat dengan mudah melihat jadwal senam dan tempat senam jantung di internet.

Baca juga: Manfaat Yoga untuk JantungOlahraga untuk Aritmia Jantung.

Pada dasarnya semua jenis olahraga baik untuk kesehatan tubuh, namun khususnya manfaat senam jantung tentunya berhubungan dengan pemeliharaan kesehatan jantung. Senam jantung pun berbeda dengan senam aerobik yang menganjurkan lebih banyak gerak dan gaya. Karena fungsinya untuk menjaga jantung agar tetap kuat, tentu dalam melakukannya Anda tidak boleh terlalu berlebihan, agar kerja jantung tetap stabil. Manfaat senam bagi jantung diantaranya adalah:

1. Melancarkan Asupan Oksigen

Salah satu terjadi penyakit jantung, karena oksigen yang masuk ke dalam tubuh kurang atau tidak stabil. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah tersumbat atau adanya plak, sehingga oksigen yang diedarkan juga terhambat dan hal ini bisa mengakibatkan kerja jantung terhenti.

Baca juga: Penyebab Jantung Kekurangan Oksigen.

Oksigen seperti nyawa dan kebutuhan setiap makhluk hidup untuk mempertahankan kehidupannya. Dengan melakukan senam di ruangan terbuka hijau maka akan meningkatkan kadar oksigen Anda dan melancarkan proses oksidasi. Semakin lancar peredaran oksigen, maka kesehatan jantung Anda akan semakin baik.

2. Melancarkan Aliran Darah

Jantung bertugas untuk memompa darah yang kemudian akan diedarkan ke seluruh tubuh. Bila jantung tidak berfungsi dengan baik maka darah tidak dapat didistribusikan secara maksimal ke seluruh organ tubuh. Penyebab jantung tidak bekerja dengan baik, bisa dikarenakan adanya kebocoran katup jantung atau adanya timbunan lemak jahat pada jantung sehingga proses memompa darah terhenti. Apabila Anda tidak melakukan olahraga secara teratur, maka besar kemungkinan aliran darah akan kurang lancar, sehingga menimbulkan pembuluh darah tidak fleksibel dan mengalami pengerasan. Faktor-faktor tersebutlah juga bisa menyebabkan penyakit jantung.

Baca juga: Kebocoran Katup TrikuspidKebocoran Katup Aorta.

Bila memang terjadi penyakit yang serius pada jantung, maka mau tidak mau Anda harus memeriksakan ke dokter. Apabila penyakit belum terlalu serius, maka senam jantung bisa membantu agar penyakit tidak berkembang terlalu parah. Tentu senam harus dilakukan dengan pengawasan dokter. Mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi lebih baik lakukan senam jantung tanpa menunggu penyakit datang. Senam jantung akan membantu kerja jantung Anda stabil, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh juga lancar.

3. Memperbaiki Denyut Nadi

Denyut nadi juga berfungsi untuk menghitung detak jantung normal seseorang. Maka dari itu dengan melakukan senam, juga membantu Anda memperbaiki denyut nadi yang berhubungan langsung dengan jantung. Apabila denyut nadi terlalu lemah atau terlalu kencang saat Anda tidak melakukan aktivitas berat, maka Anda perlu waspada, mungkin ada masalah dengan jantung Anda. Sebelum dan sesudah melakukan senam, ada baiknya Anda mengukur denyut nadi Anda. Denyut nadi normal seseorang adalah sekitar 60-100 kali per menit.

Baca juga: Penyebab Jantung Anak Berdetak KencangCara Cek Kesehatan Jantung.

4. Memperkuat Fungsi Jantung

Dengan melakukan olahraga yang tepat, aktivitas kerja jantung akan meningkat karena adanya aktivitas fisik yang memperlancar aktivitas oksidasi secara lebih maksimal. Hal tersebut membuat kerja jantung menjadi lebih baik dan dengan akvifitas senam jantung yang melibatkan kerja jantung, maka dapat memelihara dan meningkatkan kekuatan jantung dan kesehatan jantung.

Sponsors Link

5. Menurunkan Kolesterol, Lemak, dan Tekanan Darah

Efek dari memakan makanan berkolesterol tinggi dan makan banyak makanan yang asin dapat meningkatkan tingkat kolesterol dan menyebabkan penyakit darah tinggi. Kedua penyakit tersebut merupakan penyebab utama penyakit jantung.  Namun faktor-faktor tersebut dapat dicegah dan diturunkan kadarnya dengan melakukan olahraga secara teratur. Karena itulah mengapa senam jantung baik untuk kesehatan jantung anda.

Sangat disarankan untuk memulai senam jantung sejak dini dan secara rutin, teratur, terarah, dan berlanjut. Tidak hanya satu atau dua kali saja, karena nantinya akan sangat berpengaruh pada kelancaran peredaran darah dan metabolisme yang merupakan sistem utama yang bekerja dalam menciptakan jantung yang sehat.

Baca juga: 8 Makanan untuk Anak Sakit JantungMakanan untuk Penderita Aritmia Jantung.

6. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Dengan melatih fisik Anda dengan melakukan senam jantung, Anda dapat memelihara fungsi kognitif di dalam tubuh anda. Fungsi kognitif sering dikaitkan dengan cepat atau lambatnya respon tubuh dalam melakukan sesuatu secara normal, misalnya mengingat sesuatu dengan baik, mudah untuk berkonsentrasi dalam beraktivitas dan dalam menyerap informasi, serta fungsi lain yang berhubungan dengan kerja saraf anda.

Konsekuensi dari menderita penyakit jantung adalah membuat Anda sedikit demi sedikit kehilangan fungsi kognitif, terutama jika dibandingkan dengan orang lain yang memiliki jantung yang sehat atau tidak memiliki penyakit jantung. Dengan melakukan senam jantung secara teratur, fungsi kognitif Anda menjadi terpelihara dan melatih konsentrasi dengan mengikuti instruksi gerakan senam. Serta dengan melakukan gerakan senam, Anda juga dapat melatih fungsi motorik Anda. Kurangnya fungsi kognitif juga mudah untuk membuat Anda merasa stres dan depresi, terbukti pasien yang memiliki penyakit jantung banyak yang memiliki masalah pada kondisi mentalnya.

Baca juga: Jus untuk Jantung TersumbatKhasiat Bawang Putih untuk Jantung.

7. Menciptakan Tubuh yang Sehat dan Ideal

Manfaat senam bagi jantung lainnya yaitu dapat membantu Anda untuk memelihara bentuk tubuh yang ideal. Macam-macam gerakan pada senam jantung, sangat baik untuk membakar kalori dan lemak berlebih. Terutama bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki berat badan diatas rata-rata berat normal, dengan melakukan senam jantung secara teratur merupakan salah satu upaya untuk membuat berat badan kembali seperti normal. Berat badan berlebih atau obesitas juga merupakan penyebab utama kerja jantung tidak stabil.

Gerakan Senam Jantung

Senam jantung biasanya terdiri dari 3 sesi latihan, terdiri dari gerakan senam jantung yang berbeda di setiap sesinya. Keseluruhan durasi senam jantung umumnya adalah 30 menit. Gerakan inti senam jantung hampir sama dengan gerakan senam pada umumnya, gerakan tersebut antara lain adalah:

Baca juga: Manfaat Omega-3 untuk JantungManfaat CoQ10 untuk Jantung.

Sponsors Link

  • Sesi Warm Up atau Pemanasan

Gerakan ini umumnya dilakukan untuk membuat anggota tubuh menjadi rileks dan siap untuk melakukan gerakan senam inti. Tujuannya adalah untuk merenggangkan otot-otot didalam tubuh dan seperti namanya yaitu pemanasan, memang dengan sesi pertama senam jantung ini suhu tubuh akan mulai naik sehingga tubuh tidak kaget untuk bergerak lebih cepat dalam melakukan gerakan inti. Dengan melakukan sesi pemanasan, energi tubuh akan terkumpul dan meningkatkan respon saraf pada tubuh Anda.

  • Sesi Gerakan Inti

Pada sesi utama ini, berbagai variasi gerakan dilakukan dengan tempo yang lebih cepat. Contoh gerakannya antara lain adalah jalan dan lari ditempat, serta mengayunkan tangan dan badan ke berbagai arah. Biasanya sesi ini berlangsung selama 10-15 menit.

Baca juga: Suplemen Jantung Terbaik.

  • Gerakan Penutup atau Pendinginan

Sesi ini bertujuan untuk merilekskan kembali otot tubuh setelah gerakan senam inti, agar otot-otot tubuh tidak dalam keadaan tegang. Biasanya dilakukan dengan meluruskan anggota tubuh seperti tangan dan kaki.

Umumnya senam jantung cocok untuk dilakukan segala jenis umur, dan untuk siapa saja yang ingin memiliki jantung yang lebih sehat dan mencegah penyakit jantung dari sejak awal, jadi bukan hanya pasien penyakit jantung. Namun kasifikasi senam jantung berdasarkan umur nampaknya diperlukan untuk kelancaran jalannya sesi senam, karena tentunya kecepatan gerakan orang yang berumur 60 tahun keatas tidak sama dengan orang yang berumur 20-30an.

Tentunya olahraga yang dilakukan oleh penderita penyakit jantung harus dibawah supervisi atau pengawasan ahli dan melalui rekomendasi dokter spesialis jantung. Karena olahraga yang salah dan tidak terarah seperti olahraga dengan tempo yang sangat cepat dan tanpa pemanasan misalnya, justru dapat membuat penyakit jantung menjadi lebih parah dan membuat jantung menjadi lemah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan jantung Anda dengan pola hidup yang sehat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga