Sponsors Link

3 Efek Samping Terapi Khelasi Perlu Kita Ketahui!

Sponsors Link

Kesehatan. Siapa sih di antara kita yang tidak memperhatikan kesehatan dengan baik? Atau siapa sih di antara kita yang saat ini sedang mengalami permasalahan dengan kesehatannya? Seperti yang kita tahu, kesehatan adalah salah satu hal yang sangat penting dan harus kita jaga dengan baik mengingat ketika kesehatan kita sudah terganggu dampaknya bisa sangat fatal – dan memerlukan biaya banyak untuk membuat tubuh kita sehat kembali. Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang dapat berujung fatal ketika tidak segera ditangani dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya alias memicu timbulnya penyakit lain ketika kita juga memberikan penanganan yang keliru atau salah. Bukan hanya itu saja, penyakit jantung ini dapat berdampak sangat fatal alias dapat menyebabkan kematian apabila kita tidak memperhatikan berbagai gejala yang muncul dengan baik. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan?

ads

Bukan rahasia lagi jika penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok untuk masyarakat Indonesia dan juga menjadi penyebab kematian terbesar selain penyakit kanker, stroke, ataupun kolesterol. Memberikan penanganan terhadap penyakit jantung dengan segera merupakan hal yang harus dilakukan ketika kita didiagnosa menderita penyakit jantung tertentu. Seperti yang kita tahu, jenis penyakit jantung sendiri bermacam-macam seperti penyakit jantung koroner ataupun penyakit jantung bawaan dan berbagai jenis penyakit jantung ini bisa menyerang siapa saja dan siapa pun juga tanpa pandang bulu. Penyakit yang menyeramkan bukan?

Penanganan dari suatu penyakit merupakan salah satu hal yang penting dan harus segera dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut bertambah parah – dan hal ini juga berlaku untuk kita penderita penyakit jantung. Kabar baiknya, seiring dengan kemajuan teknologi maka penanganan yang bisa kita berikan untuk mengatasi penyakit jantung ini pun juga semakin beragam – mulai dari berbagai obat jantung di apotik ataupun dengan melalui perawatan medis seperti melakukan operasi bypass jantung ketika kondisi jantung sudah parah ataupun kita bisa memasang alat bantu untuk mengembalikan kinerja jantung seperti semula. Bukan hanya itu saja, kita juga bisa memanfaatkan berbagai bahan alami seperti yang pastinya aman untuk digunakan dalam jangka waktu lama dan sayang untuk dilewatkan mengingat tidak ada efek samping yang dapat membahayakan kesehatan jantung karena berbagai bahan alami ini tidak mengandung bahan kimia sama sekali.

Apakah hanya itu saja cara menangani penyakit jantung? Tentu saja tidak! Masih ada cara lainnya yang bisa kita gunakan untuk mengatasi penyakit jantung, yaitu dengan terapi. Terapi yang bisa kita berikan untuk penyakit jantung sendiri bermacam-macam, dan salah satunya adalah terapi khelasi. Memangnya apa sih terapi khelasi ini? Apa bedanya terapi ini dengan terapi lainnya? Seberapa seringkah kita harus melakukan terapi khelasi ini agar kinerja jantung kembali seperti semula – atau setidaknya meminimalisir penyakit jantung bertambah parah? Lalu apakah ada efek samping terapi khelasi untuk tubuh kita? Nah daripada semakin penasaran tentang apa yang dimaksud dengan terapi khelasi ini, yuk kita simak penjelasan yang satu ini!

Terapi Khelasi

Terapi khelasi. Siapa sih yang tidak tahu penyakit yang satu ini? Terapi khelasi merupakan salah satu terapi yang sering digunakan untuk mengobati atau sebagai salah solusi untuk kita yang mengalami keracunan air raksa ataupun timbal. Namun saat ini banyak dokter yang menyarankan penderita jantung untuk menjalani terapi ini agar kinerja jantung bisa kembali normal. Ketika terapi khelasi ini berlangsung, pasien akan mendapat asupan obat bernama asam ethyenediaminetetraacetic (EDTA) melalui selang infus dan fungsi dari obat ini adalah untuk mengikat mineral dalam darah. Pada penderita jantung, zat ini berfungsi untuk mengikat kalsium yang berada dalam plak penghambat arteri dan tentu saja menghancurkan lemak yang menghalanginya.

Meskipun begitu, masih banyak juga orang yang menentang terapi ini karena berbagai efek samping yang ditimbulkannya yang pastinya dapat membahayakan kesehatan tubuh. Memanganya apa saja sih efek samping terapi khelasi ini pada penderita jantung? Nah daripada penasaran tentang apa saja efek samping terapi khelasi yang bisa timbul ketika kita menggunakannya sebagai salah satu solusi untuk menyembuhkan penyakit jantung yang kita derita, yuk mending kita simak penjelasan yang satu ini!

1.Sakit kepala

Salah satu efek samping terapi khelasi adalah timbulnya sakit kepala pada pasien dan hal ini disebabkan karena turunnya kadar gula dalam tubuh. Untuk menghindari hal ini terjadi, ada baiknya kita mengisi perut kita terlebih dahulu alias tidak membiarkan perut kita dalam keadaan kosong. Perut yang sudah terisi ini juga meminimalisir timbulnya sakit kepala setelah proses terapi ini selesai.

2. Kelelahan

Efek samping terapi khelasi yang satu ini akan muncul karena tubuh kita kekurangan mineral seperti kalium dan seng di mana kedua zat ini berguna untuk tubuh dan zat ini cenderung akan berkurang bahkan hilang ketika kita menjalani terapi khelasi ini. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium seperti kacang merah, sayuran hijau, buah pisang, atapun berbagai buah kering untuk mengembalikan kembali energi kita.

3, Rasa terbakar

Rasa terbakar  adalah efek samping dari terapi khelasi yang terakhir, dan hal ini biasa terjadi karena berbagai tubuh yang terpapar bahan kimia selama proses terapi khelasi ini berlangsung. Rasa terbakar ini hanya berlangsung selama beberapa saat sehingga kita tidak perlu mengkhawatirkannya.

Sponsors Link

 Nah itu tadi adalah beberapa efek samping terapi khelasi yang perlu kita ketahui. Selain dengan menjalani pengobatan, pastinya kita perlu menjalani pola hidup yang sehat seperti menghindari mengonsumsi makanan yang tidak baik untuk jantung dan sebaliknya memulai menu diet jantung. Bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan bukan? So, tunggu apalagi untuk hidup lebih sehat? Yuk sayangi dirimu mulai dari sekarang!

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan