Sponsors Link

17 Buah-Buahan untuk Jantung Bengkak yang Boleh Dikonsumsi

Sponsors Link

Penyakit jantung bengkak memang tidak sepopuler penyakit jantung koroner. Namun, penyakit ini juga sama berbahayanya dengan jantung koroner karena menyangkut organ vital manusia. Baca informasi selengkapnya tentang jantung bengkak

ads

Penyakit jantung bengkak atau cardiomegaly adalah suatu kondisi dimana terjadinya pembengkakan atau pembesaran pada bilik jantung yang disebabkan karena meregangnya otot jantung. Penyakit jantung bengkak hanya bisa dipastikan dengan cara melakukan rontgen dada.

Buah-buahan untuk Jantung Bengkak

Penderita penyakit jantung bengkak harus tetap mendapatkan nutrisi yang baik. Salah satu makanan yang dianjurkan adalah mengkonsumsi buah-buahan segar yang kaya akan nutrisi. Kandungan pada buah dapat membantu memperbaiki kondisi penderita. Akan tetapi, tidak semua buah bisa dikonsumsi oleh penderita jantung bengkak. Buah-buahan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi antara lain:

  • Tomat. Buah ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita jantung bengkak, karena mengandung antioksidan tinggi yang bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Tomat bisa langsung dikonsumsi atau dijus.
  • Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi dan juga asam folat. Kedua kandungan ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung. Terutama bagi penderita jantung bengkak.
  • Blueberry. Senyawa antosianin yang terdapat pada buah blueberry sangat baik untuk nutrisi jantung. Buah-buahan lain yang masih satu golongan dengan blueberry adalah acai berry dan juga strawberry.
  • Buah zaitun. Zaitun sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis buah yang mengandung sejuta manfaat. Karena buah ini mengandung banyak sekali nutrisi yang diperlukan oleh tubuh tidak terkecuali untuk penyakit jantung bengkak. Khusus untuk penderita jantung bengkak, akan lebih baik jika mengkonsumsi buah zaitun dalam bentuk minyak.
  • Anggur merah. Anggur sangat baik dikonsumsi oleh penderita jantung bengkak. Terutama anggur merah dan ungu yang banyak mengandung flavonoid dan resveratol yang bisa meningkatkan kesehatan sel.
  • Delima. Kandungan polifenol dapat mencegah dan menurunkan aterosklerosis atau penebalan dinding arteri dan mengontrol kolesterol dalam tubuh.
  • Apel memiliki kandung fitonutrien dan pectin yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat serta sebagai antioksidan.
  • Buah kiwi sangat baik dijadikan sebagai antioksidan dan untuk meningkatkan elastisitas pembuluh darah, karena mengandung vitamin C yang tinggi.
  • Alpukat. Merupakan salah satu buah yang dianjurkan bagi penderita jantung bengkak karena dapat mengontrol ketegangan di arteri dan kolesterol. Hal ini disebabkan adanya kandungan kalium dan natrium pada buah alpukat yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.
  • Blewah. Selain harganya yang murah, blewah juga memiliki kandungan beta karoten, vitamin C, dan vitamin B komplek yang berfungsi sebagai antioksidan dan antikoagulan. Buah ini juga dapat mencegah aterosklerosis serta hipertensi. Baca juga: pantangan makanan penyakit jantung bengkak.
  • Pepaya. Buah ini menjadi makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita jantung bengkak karena mengandung vitamin C dan E yang baik untuk jantung.
  • Jambu biji. Di masyarakat kita, jambu biji terkenal dengan khasiatnya untuk mengobati demam berdarah. Buah ini memiliki bentuk yang bulat dan daging berwarna merah jika sudah matang. Dinamakan jambu biji karena buah ini mempunyai banyak sekali biji-biji kecil yang ada di dalam dagingnya. Ternyata jambu biji juga memiliki khasiat yang baik untuk jantung. Sehingga bagi penderita jantung bengkak dianjurkan untuk memakan buah ini.
  • Mengkudu. Meskipun mengkudu memiliki rasa dan aroma yang tidak sedap. Akan tetapi khasiat dari buah ini tidak diragukan lagi. Sudah banyak orang-orang yang membuktikan khasiat dari pengobatan herbal menggunakan buah ini. Salah satu khasiatnya adalah baik untuk penderita jantung bengkak. Baca juga mengenai manfaat mengkudu untuk jantung.
Sponsors Link

  • Pisang. Buah yang satu ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau pun di supermarket. Harganya yang murah, teksturnya yang lembut, dan rasanya yang manis membuat sebagian orang menjadikan buah ini sebagai buah favorit. Perlu Anda tahu bahwa buah yang kaya akan kalsium ini tidak hanya sebatas untuk dikonsumsi saja. Lebih jauh dari itu buah ini berkhasiat untuk penderita penyakit jantung bengkak.
  • Semangka. Buah semangka mengandung banyak sekali mineral. Mineral diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan jantung. Oleh sebab itu, penderita jantung bengkak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini. Terdapat banyak sekali jenis semangka yang tersedia di sekitar kita, diantaranya adalah semangka merah dan semangka kuning.
  • Buah noni. Mungkin buah ini terasa asing di telinga Anda. Namun tidak bagi penderita tekanan darah tinggi. Karena buah ini acap kali dijadikan sebagai obat herbal untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Seperti yang kita tahu selama ini, tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung.
  • Raspberry. Raspberry termasuk salah satu buah yang termasuk ke dalam keluarga berry. Buah ini mengandung antocyanin yang baik untuk peredaran darah. Sehingga buah ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita jantung bengkak. Baca juga mengenai ciri-ciri jantung bengkak.

Itulah beberapa buah-buahan untuk jantung bengkak yang direkomendasikan untuk membantu proses penyembuhan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan