5 Jenis Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi dan Pencegahannya

Jantung merupakan bagian tubuh manusia yang memberikan kehidupan, tidak hanya pada manusia. Jantung juga merupakan organ vital yang sangat penting bagi seluruh kehidupan yang ada di muka bumi. Mempunyai jantung yang sehat merupakan kebahagiaan yang tak terkira, namun hal ini tidak berlaku untuk sebagian orang yang mengalami penyakit jantung bawaan.

Kelainan jantung bawaan merupakan penyakit yang biasanya timbul sejak lahir, kebanyakan penyakit jantung bawaan disebabkan oleh sang ibu yang mengabaikan kesehatan kandungan yang akhirnya berimbas pada kesehatan jantung sang bayi.

Pada umumnya penyakit jantung bawaan disebabkan oleh kurang sempurnanya terbentuk jantung manusia pada saat masih berada di dalam kandungan. Beberapa penyakit jantung bawaan dapat menyebabkan kematian seketika pada saat bayi sudah lahir atau bahkan ketika masih dalam kandungan. Pencegahan penyakit jantung bawaan harus dilakukan sedini mungkin dan memerlukan banyak pihak dalam aksi melakukannya.

Baca juga:

Pada artikel kali ini saya akan memberikan Anda suguhan informasi tentang macam-macam jenis penyakit jantung bawaan, gejala, penyebab dan tak lupa pula cara mengatasinya. Oke lansung saja simak penjelasannya berikut:

1. Penyakit Jantung Bawaan Sekat Bilik Berlubang

Penyakit jantung bawaan sekat bilik berlubang atau dalam bahasa medisnya Ventracular Septal Defect (VSD), merupakan penyakit jantung bawaan yang menimbulkan lubang pada bilik-bilik jantung. Pada dasarnya penyakit sekat bilik berlubang ini bukan berlubang ketika jantung sudah terbentuk dengan sempurna, melainkan berlubang karena jantung tidak terbentuk dengan sempurna. Penyakit sekat bilik berlubang ini sangat berbahaya apabila tidak ditangani dengan segera, karena dapat menyebabkan kegagalan jantung pada sang bayi. Selain itu penyakit jantung bawaan sekat bilik berlubang memiliki gejala-gejala yang hanya dapat disadari ketika bayi sudah terlahir ke dunia.

Baca juga: Gagal Jantung dalam Kehamilan, Kelainan Embriologi Jantung.

2. Kelainan PDA (Persisten Duktus Arteriosus)

PDA merupakan penyakit kelainan jantung yang mengakibatkan kelainan pada arteri pembuluh darah yang menghubungkan arteri pulmonalis dengan aorta. Kelainan ini biasanya diakibatkan oleh kelainan jantung bawaan yang terjadi pada saat proses pembentukan jantung pada saat bayi masih berada dalam kandungan, namun penyakit jantung bawaan jenis ini sedikit berbeda dengan jenis yang lain.

Baca juga: Rumah Sakit Jantung Terbaik di DuniaRumah Sakit Jantung di Jakarta.

Kebanyakan jenis penyakit jantung bawaan biasanya terjadi akibat sang ibu tidak menjalani pola dan gaya hidup yang baik sehingga berimbas pada kesehatan jantung sang bayi. Namun tidak dengan kelainan PDA, penyakit jantung bawaan yang satu ini disebabkan oleh takdir sang bayi itu sendiri. Karena penyakit jantung bawaan yang menyebabkan kelainan pada arteri pembuluh jantung darah sang bayi ini, terjadi dengan sendirinya tanpa ada suatu faktor apapun yang mendukung terjadinya penyakit jantung PDA ini.

Baca juga: Murmur Jantung pada AnakPenyebab Aritmia Jantung pada Anak.

3. Penyempitan Katup Baru Bawaan

Penyakit jantung bawaan jenis ini merupakan penyakit jantung yang diakibatkan oleh sang ibu tidak mengkonsumsi makanan yang bergizi, sehingga terjadi penyempitan katup pada jantung sang anak. Penyakit ini biasanya baru diketahui ketika bayi sudah lahir dan beranjak dewasa. Hal ini disebabkan karena penyakit penyempitan katup baru bawaan ini tidak memiliki gejala apapun pada si penderitanya, namun hal ini tentu harus diwaspadai, karena dapat menyebabkan kematian pada si penderita.

Baca juga: Makanan Penguat Jantung JaninDetak Jantung Normal.

4. Kelainan Jantung Bawaan Sekat Serambi Berlubang

Sekat serambi berlubang merupakan kelainan jantung bawaan yang harus sangat Anda waspadai, sebab sekat serambi yang berlubang dapat menimbulkan gejala dimana oksigen dan darah tidak kembali teraliri ke jantung sehingga sangat berbahaya. Penyakit jantung bawaan sekat berlubang ini seringkali didapati pada bayi yang dimana ibu dari sang bayi tersebut sering mengkonsumsi alkohol, hal ini tentu sangat berbahaya dan harus Anda hindari dengan segera.

Baca juga: Penyebab Jantung Anak Berdetak KencangJantung Rematik Pada Anak.

5. Penyakit Jantung Bawaan Komplikasi

Penyakit jantung bawaan yang satu ini merupakan penyakit jantung bawaan yang sangat berbahaya, sebab penyakit ini menggabungkan ke empat penyakit jantung bawaan yang sudah kita bahas bersama di atas, penyakit jantung bawaan jenis ini memiliki risiko kematian yang sangat besar. Kebanyakan dari penderita penyakit jantung bawaan jenis ini harus menjalani proses operasi untuk menyembuhkannya, namun sayang biasanya tingkat keberhasilan dari proses operasi untuk dapat menyembuhkan penyakit jantung bawaan komplikasi ini sangat kecil. Sebagian besar pasien meninggal di meja operasi atau berhasil menjalani operasi namun dengan taraf hidup yang kecil.

Baca juga:

Pencegahan Penyakit Jantung Bawaan

90% dari kebanyakan penyakit jantung bawaan di sebabkan oleh kelalaian sang ibu dalam menjaga kesehatan kandungan, 7% di sebabkan oleh faktor gen atau keturunan dan 3% di sebabkan oleh takdir yang telah ditentukan. Namun bagi sang ibu yang sekarang sedang mengandung tidak perlu risau, pada artikel ini saya juga akan memberikan Anda tips dan trik untuk menghindari kelainan jantung bawaan yang kemungkinan terjadi pada bayi Anda. Anda hanya perlu melakukan hal-hal berikut ini:

1. Berhenti merokok.
  2. Berhenti mengkonsumsi alkohol.
  3. Rutin memeriksakan kandungan.
  4. Jalani pola dan gaya hidup sehat.
  5. Selalu menjaga kebersihan diri.
  6. Segera hubungi dokter apabila merasakan perasaan atau gejala tertentu pada saat hamil.
  7. Hindari stres dan depresi.
  8. Jauhi makanan yang dipantang oleh ibu hamil, seperti nanas dan sejenisnya.
  9. Lakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil secara teratur.
  10. Tidak melibatkan diri pada aktivitas yang menguras tenaga berlebihan.
  11. Jangan lakukan olahraga yang memicu adrenalin tingkat tinggi.