8 Gejala Jantung Bermasalah pada Wanita yang Harus Diwaspadai

“Selamat bertambah umur, ya. Semoga diberi kesehatan dan panjang umur.” Kalimat tersebut tentu kerap kita dengar ketika usia terus bertambah setiap tahunnya. Ternyata, secara tidak langsung kita semua berharap diberi kesehatan dan memiliki umur yang panjang. Namun, pada kenyataannya tak sedikit dari kita dihadapkan pada kemungkinan terkena penyakit. Penyakit bisa datang kepada siapa saja tanpa mengenal usia maupun jenis kelamin, pria maupun wanita. Selain itu, jenis penyakit yang datang pun beragam mulai dari penyakit yang ringan seperti masuk angin hingga penyakit yang begitu kronis seperti jantung.

Eits, bicara mengenai masuk angin dan sakit jantung, ternyata gejalanya hampir sama loh. Hal ini disebabkan karena respon keduanya berasal dari hantaran saraf yang sama, yaitu sarafnevus vagus dimana rangsangan tersebut diterima otak sehingga menimbulkan rasa nyeri. Berikut tanda-tanda yang sering diabaikan karena dianggap masuk angin biasa, yaitu :

• Mual
  • Pusing
  • Sendawa
  • Buang angin
  • Perut kembung karena asam lambung meningkat

Lima hal di atas jangan disepelekan karena merupakan tanda awal bahwa jantung Anda sedang bermasalah, baik pria maupun wanita. Selain itu, ada hal lainnya yang harus Anda ketahui, yaitu keadaan dimana jantung Anda bermasalah maka di waktu yang bersamaan akan terjadi serangan jantung. Di samping itu, terkadang gejala yang datang; apa yang dirasakan wanita tidak selalu sama dengan apa yang dirasakan pria. Wanita tidak selalu mendapatkan gejala seperti nyeri dada yang turun ke satu tangan seperti yang dirasakan pria. Tapi banyak pula yang mengalami gejala samar-samar atau bahkan sama sekali tak terasa atau terabaikan.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, gejala serangan jantung hampir mirip dengan masuk angin. Nah, berikut ini gejala jantung bermasalah pada wanita yang biasanya terjadi:

• Mual
  • Muntah
  • Gangguan pencernaan
  • Napas pendek
  • Lelah mendadak

Maka dari itu, jika hal-hal tersebut terjadi pada diri Anda, segeralah pergi untuk konsultasi ke dokter ahli. Berikut merupakan kondisi yang lebih spesifik agar Anda segera mengambil tindakan untuk mengunjungi dokter atau ruang darurat :

1. Nyeri, tekanan, rasa panas atau tertindih pada dada, rahang, bahu, punggung, atau lengan; berlangsung selama 5-10 menit

Ada beberapa gejala nyeri yang harus diperhatikan, yaitu:

• Nyeri Dada: Nyeri dada adalah gejala paling umum terjadi pada gejala serangan jantung. Dada Anda mungkin terasa seperti diremas-remas atau merasa kepenuhan dan rasa sakitnya pun dapat terjadi di daerah mana saja; tidak hanya di sisi bagian kiri. Saat serangan jantung terjadi, Anda akan merasa bahwa dada Anda benar-benar tidak nyaman; “rasanya seperti ada yang mengikat dada Anda dengan sesuatu yang ketat” (Rita Redberg, MD, Direktur di Women’s Cardiovascular Services Universitas California, San Francisco).
  • Nyeri di Rahang, Bahu, Punggung, atau Lengan: Nyeri di bagian-bagian tersebut dapat terjadi dengan berbagai cara, bisa saja terjadi secara bertahap atau tiba-tiba dan bisa saja akan hilang perlahan sebelum tiba-tiba menjadi sangat intens. Jika Anda sedang tertidur, serangan ini bisa membangunkan Anda. Nyeri di bagian manapun pada bagian tubuh Anda; diatas pinggang; atau gejala apapun yang tidak biasa dan tidak bisa dijelaskan, hendaknya dikomunikasikan pada dokter (C. Noel Bairey Merz, MD, Direktur Barbra Streisand Women Heart Center di Cedars – Sinai Medical Center di Los Angeles).

2. Nafas pendek selama lebih dari 5-10 menit

Apabila Anda mengalami kesulitan bernafas tanpa sebab yang jelas, mungkin saja Anda sedang mengalami serangan jantung. Apalagi jika ada gejala nafas pendek selama lebih dari lima sampai sepuluh menit harus diwaspadai. Bernafas seperti ketika Anda baru saja menyelesaikan lari marathon, tapi dengan kondisi Anda tidak melakukan aktivitas sama sekali.

3. Detak jantung tidak teratur disertai pusing

Anda merasa detak jantung Anda kadang terasa cepat kadang terasa begitu lambat serta kadang disertai pusing? Umumnya denyut nadi orang dewasa berada pada range sekitar 60-100. Jika kurang atau lebih, sebaiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter agar mendapat kepastian apakah hal tersebut merupakan salah satu gejala serangan jantung atau bukan.

4. Mual, muntah, atau gangguan pencernaan parah mendadak

Pada beberapa kasus, serangan jantung pada wanita mirip seperti gejala maag. Anda akan merasa mual, mau muntah, dan nyeri pada lambung laiknya sakit maag. Hal tersebut disebabkan karena tanda serangan jantung pada wanita memang tidak spesifik. Maka dari itu bila awalnya Anda merasa hanya sekadar sakit maag saja, namun tak kunjung sembuh padahal sudah minum obat maag atau pereda nyeri, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter dan segera lakukan elektrokardiograf (EKG) atau pengukuran enzim jantung dan fungsinya.

5. Mendadak berkeringat tanpa alasan jelas

Berkeringat merupakan hal paling umum gejala penyakit jantung pada wanita yang terjadi, apalagi jika itu merupakan keringat dingin di sekujur tubuh. Akan lebih berkeringat lagi apabila Anda mengalami stress bahkan jauh lebih banyak ketimbang keringat karena hasil dari berolahraga atau karena menghabiskan waktu di luar di udara yang sangat panas. Maka dari itu, periksakanlah diri Anda jika Anda biasanya tidak berkeringat dingin seperti itu dan atau jika Anda mulai keringat dingin tanpa alasan yang jelas tentu saja.

6. Kelelahan Ekstrem tanpa alasan jelas

Beberapa gejala penyakit jantung pada wanita yaitu akan merasa sangat lelah, walaupun mereka terkadang hanya duduk diam untuk sementara waktu atau dalam kondisi tidak melakukan aktivitas yang tidak begitu banyak.

7. Kehilangan kesadaran atau pingsan

Merasa pusing dan kehilangan kesadaran sangat umum terjadi apabila Anda adalah pasien yang mengidap sakit jantung. Karena pada saat jantung tidak memompa darah dengan baik, katup akan menyempit karena aliran darah terhalang disebabkan arteri yang tersumbat.

8. Merasa sangat panik secara tiba-tiba tanpa sebab

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang terbiasa merasa mendapati kecemasan ekstrem dan merasa sangat panik merupakan awal kehidupan yang rentan terhadap jenis-jenis penyakit jantung. Kecemasan tersebut disebabkan oleh tekanan hidup atau berbagai gangguan lainnya, termasuk gangguan panik.

Yuk, mulai peka dan waspada apabila terdapat gejala jantung bermasalah pada wanita seperti di atas. Jangan segan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahli! Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

, , , , ,
Kategori : Pencegahan