Penyebab Badan Terasa Dingin dan Jantung Berdebar-Debar

Seringkah Anda mengalami gejala badan terasa dingin dan jantung berdebar? Gejala seperti ini tidak boleh diabaikan begitu saja karena bisa jadi kedua gejala ini menunjukkan jika Anda mengalami suatu penyakit. Jika Anda sering mengalami badan yang dingin kemudian jantung yang berdebar, maka kami sarankan supaya Anda segera memeriksakan kondisi ke dokter ya. Namun jika menurut Anda, masih terlalu dini untuk pergi ke dokter maka Anda bisa mengetahui beberapa penyebabnya mengapa Anda bisa mengalami kedua gejala itu. Pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu informasi penting kepada Anda mengenai penyebab mengapa Anda bisa mengalami badan yang dingin serta jantung yang berdebar. Tak usah menunggu lama, ini dia ulasannya :

1. Hiperaktifitas persarafan simpatis

Penyebab pertama yang memungkinkan mengapa Anda mengalami gejala seperti jantung yang berdebar-debar serta badan yang terasa dingin ketika diraba adalah mungkin karena Anda mengalami suatu hiperaktifitas persarafan simpatis. Biasanya ketika Anda mengalami hiperaktifitas persarafan simpatis Anda akan mengalami beberapa gejala seperti jantung yang berdebar-debar, rasa dingin pada keempat tungkai Anda, kemudian terkadang Anda juga bisa merasakan cemas. Hiperaktifitas persarafan simpatis ini tidak terjadi begitu saja, selalu ada penyebab yang bisa menyebabkan Anda mengalami hiperaktifitas persarafan simpatis. Biasanya Hiperaktifitas persarafan simpatis ini disebabkan karena mengalami kelainan pada fisik atau mungkin karena kelainan psikis seperti misalnya stres atau karena pikiran Anda. Untuk mengetahui kondisi lebih lanjut maka kami menyarankan supaya Anda memeriksakan diri ke dokter.

1. Kelainan psikis

Tidak hanya karena hiperaktifitas persarafan simpatis saja, Anda bisa mengalami gejala badan yang terasa dingin di beberapa bagian seperti telapak kaki dan tangan, serta jantung yang berdebar karena Anda mengalami kelainan psikis. Kelainan psikis ini biasanya muncul ketika Anda mengalami gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan yang Anda alami ini tidak boleh dianggap sepele karena bisa menimbulkan beberapa gejala yang akan mempengaruhi kesehatan Anda. Ketika Anda mengalami kelainan psikis seperti gangguan cemas maka biasanya Anda akan merasakan tubuh yang terasa dingin, jantung yang berdebar-debar, rasa cemas dan mudah khawatir, bahkan seringkali disertai rasa pusing atau sakit kepala yang berlebihan. Jika Anda mengalami gangguan kecemasan maka segera hubungi dokter.

1. Perubahan hormon

Tidak hanya karena kelainan psikis saja, Anda bisa mengalami gejala sekujur tubuh terasa dingin serta jantung yang berdebar-debar jika Anda mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon yang Anda rasakan ini biasanya Anda alami ketika sedang menstruasi, dalam masa kehamilan, atau menginjak masa menopause. Karena hormon sedang mengalami perubahan pada ketiga masa itu maka tentu saja akan berpengaruh kepada fisik Anda. Salah satu gejala yang akan Anda alami adalah merasa dingin pada sekujur tubuh serta mengalami jantung yang berdebar-debar.

1. Gangguan irama jantung

Selain karena kelainan psikis dan perubahan hormon, ternyata badan terasa dingin dan jantung berdebar adalah salah satu tanda jika Anda mengalami gangguan irama jantung atau yang sering disebut sebagai aritmia jantung. Gangguan jantung atau aritmia ini terjadi jika jantung memiliki detak yang lebih cepat daripada biasanya, atau bisa juga kebalikannya yaitu detak jantung menjadi melambat dan tidak seperti pada umumnya. Beberapa gejala yang mungkin Anda alami ketika mengalami penyakit gangguan irama jantung ini adalah nyeri pada dada, kepala yang terasa ringan dan pusing, napas yang pendek dan mudah lelah, sering pingsan, badan terasa dingin, dan jantung yang berdebar-debar. Untuk mengetahui apakah Anda mengalami aritmia atau tidak maka segera lakukan pemeriksaan.

1. Efek dari konsumsi kafein dan nikotin

Banyak sekali faktor yang menyebabkan Anda mengalami badan dingin dan jantung yang terasa berdebar. Selain yang sudah kami sebutkan di atas tadi, Anda juga bisa mengalaminya disebabkan karena efek dari konsumsi nikotin serta kafein yang berlebihan. Nikotin bisa Anda dapatkan dari rokok serta kafein bisa Anda dapatkan dari kopi, teh, serta makanan atau minuman yang mengandung cokelat. Pada umunnya nikotin serta kafein jika dikonsumsi tubuh terlalu banyak akan menimbulkan efek yang tidak baik, ketika ada terlalu banyak zat yang tidak baik di dalam tubuh maka biasanya Anda akan mengalami gejala seperti tubuh yang terasa dingin terutama di tungkai kaki, dan juga telapak tangan. Serta biasanya jantung juga akan terada berdebar-debar.

1. Efek konsumsi obat tertentu

Jantung yang berdetak cepat, dan tubuh yang dingin ternyata juga bisa disebabkan karena efek dari konsumsi obat tertentu. Biasanya ketika Anda mengkonsumsi obat akan ada efek samping yang Anda rasakan. Memang tidak semua obat bisa Anda rasakan efek sampingnya, dan efek samping yang dirasakan tiap orang mungkin saja berbeda dan tidak sama. Biasanya Anda juga akan merasakan jantung yang berdebar dan tubuh dingin setelah mengkonsumsi beberapa jenis obat, mnisalnya saja obat flu. Gejala seperti ini umum, namun jika gejala dan efek samping ini masih terus berlanjut kami sarankan untuk berkonsultasi pada dokter karena takutnya mungkin Anda mengalami kelebihan dosis obat.

1. Serangan jantung

Yang ketujuh, bisa jadi Anda mengalami gejala seperti ini karena serangan jantung. Serangan jantung mendadak adalah salah satu penyakit yang cukup mematikan dan berbahaya, gejalanya mungkin tidak terasa secara jelas bagi sebagian orang. Biasanya orang yang mengalami serangan jantung ini mengalami gejala yang utama yakni jantung yang berdebar secara cepat, kemudian rasa sesak atau sakit pada dada, hingga rasa dingin yang menjalar di sebagian tubuh. Jika merasakan gejala ini maka segera periksakan ke dokter saja. Sehingga tahu apa penyebabnya, apakah Anda mengalami serangan jantung ringan atau tidak.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada Anda mengenao badan terasa dingin dan jantung berdebar. Suapaya lebih mengetahui informasinya secara jelas maka kami sarankan untuk berkonsultasi pada dokter saja. Dengan begitu Anda mengetahui apa penyebab pasti dari gejala yang Anda alami tersebut sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat juga. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bermanfaat bagi Anda semuanya!

, , , ,