5 Penyebab Jantung Berdebar, Kepala Pusing, Mual Berlebihan

Tentu saja kita semua tidak ingin mengalami sebuah penyakit bukan? Namun walaupun tidak diinginkan sekalipun, berbagai macam jenis penyakit bisa datang dan menghampiri kita. Biasanya penyakit itu timbul dan kita ketahui setelah kita mengalami beberapa gejalanya. Pernahkah Anda mengalami jantung berdebar, kepala pusing, mual secara bersamaan bahkan mungkin sering? Jika Anda sering mengalami 3 gejala itu maka jangan dibiarkan begitu saja karena bisa jadi 3 gejala itu merupakan pertanda jika Anda mengalami penyakit yang serius. Kali ini kami akan memberitahu informasi mengenai beberapa penyebabnya. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini :

1. Maag

Banyak sekali penyebab yang mungkin menunjukkan Anda mengalami 3 gejala yang sudah kami sebutkan tadi misalnya saja jantung yang berdebar, kemudian kepala yang pusing, dan juga rasa mual yang berlebihan. Salah satu jenis penyakit yang bisa menyebabkan Anda mengalami ketiga gejala itu adalah Anda yang mengalami maag. Maag sendiri adalah nyeri yang biasanya beraal dari lambung  dan disebabkan karena beberapa hal seperti tukak pada lambung, karena infeksi bakteri Helicobacter pylori, masalah psikologi, berlalu banyak makan, sering terlambat makan, dan karena beberapa penyebab yang lainnya. Gejala yang bisa Anda rasakan ketika mengalami penyakit maag ini adalah rasa panas yang muncul pada perut bagian atas, muncul rasa kenyang yang berlebihan, mual, kembung, refluks, muntah dan mual, pusing, serta jantung terkadang yang berdebar.

Jika memang benar Anda mengalami maag maka kami menyarankan supaya Anda mengurangi konsumsi zat kafein dan juga alkohol. Selain itu hindarilah beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan Anda mengalami maag, sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang pedas. Jika Anda merasa cemas dan stres maka bisa meminta bantuan psikiater sehingga rasa cemas yang Anda alami bisa berkurang dan penyakit maag tidak menjadi parah.

1. GERD

Jenis penyakit kedua yang bisa Anda alami jika merasakan gejala mual dan muntah, kepala yang sering pusing, dan juga jantung yang berdebar adalah GERD. Gerd ini disebut juga sebagai Gastroesophageal Reflux Disease yang gejala utamanya adalah rasa terbakar pada ulu hati. GERD ini bisa disebabkan karena Anda mengalami asam lambung yang naik sampai ke esofagus dan ke rongga mulut. Beberapa gejala yang bisa Anda alami ketika mengalami GED adalah rasa yang mengganjal pada kerongkongan, kemudian nyeri di bagian ulu hati, pusing, mual dan muntah, kerusakan pada gigi, dan jufa bahkan jantung yang berdebar-debar.

Untuk mengetahui lebih jelas apakah Anda mengalami penyakit GERD atau tidak maka kami menyarankan supaya Anda mengmmeriksakan diri ke dokter. Sehingga tahu apakah gejala yang Anda alami ini diakibatkan karena Anda mengalami GERD atau bukan. Karena setelah Anda mengetahui jika itu GERD maka Anda bisa melakukan penanganan yang tepat ya.

1. Gastritis

Jantung berdebar, kepala pusing, mual juga bisa disebabkan karena Anda mengalami gratistis atau yang dalam dunia medis sering disebut sebaai syndroma dyspepsia. Kondisi ini adalah kondisi ketika lapisan lambung kita mengalami peradangan, iritasi, atau pengkikisan. Ketika Anda mengalami gastritis biasanya Anda akan merasakan gejala seperti nyeri pada perut, kehilangan nafsu makan, perut kembung,  jantung yang berdebar, kepala pusing, serta terkadang juga mengalami mual dan juga muntah. Bahkan jika keadaan gastritis Anda sudah parah Anda bisa mengalami muntah darah dan bahkan BAB Anda warnanya menjadi hitam pekat.

Mungkin banyak sekali dari Anda yang bertanya apakah penyebab dari gastritis ini? Gastritis ini biasnya disebabkan karena Anda mengalami stres yang berlebihan, karena infesksi bakteri, penyakit HIV atau AIDS, hingga karena pertambahan usia. Jika ingin mengetahui apakah memang benar Anda mengalami gastritis maka kami sarankan supaya Anda berkonsultasi kepada dokter sehingga mengetahui apakah kondisi dan gejala yang Anda alami ini memang dikarenakan Anda mengalami gastritis atau bukan.

1. Aritmia

Penyebab keempat yang memungkinkan Anda mengalami gejala seperti jantung yang berdebar-debar, kepala yang terasa pusing, kemudian mual dan juga muntah adalah karena mungkin Anda mengalami aritmia jantung. Aritmia jantung ini merupakan gejala atau gangguan irama pada jantung. Gangguan pada irama jantung atau yang sering disebut sebagai aritmia jantung ini adalah kondisi dimana impuls listrik jantung tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan jantung mengalami detak yang tidak normal dan tidak beraturan. Bisa jadi detak jantung menjadi cepat atau bahkan melambat. Beberapa gejala yang mungkin saja Anda alami ketika terkena aritmia adalah nyeri dada, detak jantung yang berdebar kencang, kepala yang pusing, mual, dan bahkan pingsan.

Untuk mengetahui apakah Anda mengalami aritmia jantung atau tidak maka selain mengetahuinya dari gejala Anda juga harus melakukan pemeriksaan di dokter jantung. Jika memang Anda dinyatakan positif mengalami aritmia jantung maka harus dilakukan beberapa penanganan seperti misalnya  mengkonsumsi obat antiaritmia, perangkat implan, prosedur medis, hingga operasi. Selain itu juga bisa melakukan cara mengobati aritmia jantung serta mengkonsumsi makanan untuk penderita aritmia jantung.

1. Penyakit jantung yang lainnya

Gejala yang Anda alami itu juga bisa disebabkan karena penyakit jantung yang lainnya. Gejala seperti jantung yang berdebar, kepala yang pusing, rasa mual dan juga muntah bisa jadi karena Anda mengalami penyakit jantung. Biasanya penyakit jantung ini muncul jika Anda mengalami jantung koroner, jantung lemah, atau mungkin jantung bocor. Biasanya gejala umum yang akan Anda rasakan ketika mengalami penyakit jantung adalah jantung yang berdebar, dada yang terasa sakit dan juga sesak, pusing, serta terkadang mual dan juga muntah. Untuk mengetahui kondisi pastinya maka kami menyarankan supaya Anda memeriksakan keadaan ke dokter. Ketahui juga informasi mengenai jantung berdetak kencang dan keringat dingin yang berlebihan.

Itu tadi beberapa penyebab dari jantung berdebar, kepala pusing, mual yang mungkin saja Anda alami. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bisa berguna serta bermanfaat bagi Anda semua. Untuk mengetahui lebih pasti kondisi apa yang Anda alami kami sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter saja.

, , , , ,