Sponsors Link

10 Buah Penguat Jantung Lemah dan Menyehatkan Tubuh

Sponsors Link

Buah memang mengandung sejuta manfaat, manfaat untuk tubuh dan juga kesehatan anda. Manfaat buah untuk tubuh anda sangat beragam. Mulai dari buah sebagai sumber vitamin, sumber air dan gizi, sumber antioksidan, hingga sebagai pencegahan penyakit dan juga obat luar untuk penyakit tertentu seperti jerawat dan juga bisul. Selain bermanfaat untuk tubuh, buah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Mungkin anda sendiri sudah tahu bahwa dengan mengkonsumsi buah, kebutuhan tubuh akan nutrisi seperti vitamin, serat, dan juga mineral akan terpenuhi. Buah juga sering digunakan sebagai menu diet bagi orang-orang yang kelebihan berat badan.

ads

Selain itu, buah juga dapat mencegah berbagai penyakit seperti hipertensi, kanker, dan juga penyakit jantung. Terkait dengan penyakit jantung, yaitu penyakit lemah jantung, ada beberapa jenis buah memang digadang-gadang dapat membantu memperkuat jantung. Penyakit jantung lemah adalah keadaan dimana jantung anda tidak mampu memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetik atau keturunan, efek dari tekanan darah tinggi, rusaknya organ vital lain, dan bahkan anemia. Penyakit ini dapat dicegah dengan olahraga untuk jantung lemah secara rutin dan mengkonsumsi buah. Berikut adalah buah penguat jantung tersebut:

1. Pisang

Buah penguat jantung yang pertama adalah pisang. Kandungan yang terdapat dalam buah pisang yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan juga menguatkan jantung. Pisang mengandung vitamin B6, vitamin C, kalium, magnesium, dan juga tinggi akan serat. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu jantung anda menjadi lebih kuat. Secara lebih spesifik kalium dan magnesium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang memang menjadi salah satu faktor penyebab jantung lemah. Kandungan serat yang tinggi dalam pisang juga sangat bermanfaat untuk penurunan resiko penyakit jantung yang lain.

2. Aprikot

Aprikot adalah buah penguat jantung yang kedua. Mungkin ada sebagian orang yang belum mengetahui akan manfaat dari buah berwarna jingga yang satu ini. Sama seperti buah-buah lain yang mengandung banyak nutrisi sehat, buah aprikot juga mengandung beberapa vitamin dan juga mineral yang baik untuk kesehatan jantung. Aprikot mengandung vitamin A, C, E, K, serta karotenoid dan serat yang cukup tinggi.

Selain itu buah aprikot juga mengandung kalsium, kalium, karbohidrat, protein, serat, gula, dan juga lemak sehat. Kandungan akan magnesium dan fosfor pun juga termasuk tinggi di dalam buah aprikot. Zat kalium yang terkandung dalam buah ini dapat membantu mengurangi hipertensi, menstabilkan detak jantung, dan mencegah penyakit lemah jantung.

3. Apel

Cara agar jantung kuat juga bisa diatasi dengan makan apel secara rutin. Apel mengandung zat alami seperti vitamin C, serat dan juga flavoid. Zat-zat inilah yang akan membantu jantung anda menjadi lebih kuat. Terutama flavoid, flavoid bekerja sebagai pengurang adhesi trombosit dalam arteri. Selain itu, flavonoid juga efektif menurunkan lemak jahat, dapat memperlebar dan mengistirahatkan arteri. Bagi anda penderita lemah jantung, mengkonsumsi apel secara rutin akan sangat membantu pemulihan kondisi kesehatan anda.

4. Pepaya

Buah penguat si jantung yang berikutnya adalah pepaya. Buah ini umumnya dikenal khasiatnya untuk masalah pencernaan seperti sembelit. Banyak yang belum tahu bahwa ternyata buah yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga fungsi atau kinerja jantung agar tetap optimal. Pepaya mengandung vitamin A, C, E, folat, magnesium, kalsium, dan juga kalium yang dapat membuat jantung anda menjadi lebih kuat. Selain itu, pepaya juga berperan sebagai anti inflamasi dan juga mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Buah Persik

Buah penguat jantung yang berikutnya adalah buah persik. Buah persik mengandung nutrisi seperti vitamin C, E, K, serat, serta kalium. Kandungan nutrisi tersebut sudah terbukti mampu menguatkan jantung anda secara alami. Anda bisa mengupas buah persik setelah merendamnya dalam air panas selama 30 detik sehingga kulitnya kan menjadi lebih lunak.

Sponsors Link

6. Kiwi

Kiwi juga dapat dijadikan pilihan untuk menguatkan jantung. Buah kiwi kaya akan vitamin E. Viamin E berperan sebagai antioksidan yang akan mengurangi oksidasi LDL yang tentu saja akan mempengaruhi kesehatan jantung anda. Ketika kadar LDL dalam tubuh anda berkurang, jantung anda pun akan menjadi lebih kuat. Buah kiwi juga memiliki kemampuan untuk membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis, sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

7. Buah berry

Keluarga berry seperti blueberry, blackberry, dan raspberry memang kaya akan zat flavonoid yang akan berperan sebagai pelapis sel pembuluh darah pada jantung, menurunkan lemak jahat, yang kemudian akan berdampak pada meningkatnya kekuatan jantung anda. Selain flavonoid, keluarga berry juga mengandung banyak vitamin C, folat, serat, mangan, dan juga kalium yang baik untuk kesehatan tubuh dan jantung anda.

8. Melon

Buah melon juga dapat digunakan sebagai buah penguat jantung. Manfaat ini dapat didapatkan dari kandungan vitamin A, B6, C, folat, potassium, dan juga serat yang terdapat dalam buah melon. Anda juga bisa sangat mudah mendapatkan jenis buah yang satu ini karena banyak dijual di pasaran.

Sponsors Link

9. Jeruk

Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Buah jeruk yang sudah terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. Selain vitamin C, jeruk juga mengandung nutrisi baik yang lain seperti vitamin A, B6, dan C, folat, potassium, dan juga serat. kandungan serat dalam jeruk dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, yang sangat baik apabila dikonsumsi oleh penderita jantung lemah.

10. Manggis

Buah yang satu ini memang sudah sangat populer sebagai obat alami di dunia kesehatan. Faktanya, buah manggis juga amat baik untuk dijadikan sebagai obat penguat jantung. Buah manggis dan juga kulit manggis mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Ini akan memperlancar peredaran darah diseluruh tubuh anda, dan ini juga akan berdampak pada kekuatan jantung anda.

Itulah beberapa jenis buah yang dapat disebut sebagai buah penguat jantung. Jenis buah-buah tersebut pun tidak sulit untuk dicari. Jadi bagi anda yang ingin membuat jantung anda lebih kuat atau yang memang memiliki penyakit lemah jantung dapat mencoba mengkonsumsi buah-buah tersebut sebagai upaya pencegahan dan juga pengobatan. Selain itu, lakukan juga olahraga penguat jantung seperti jalan pagi, bersepeda, berenang dan lainnya.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan