Sponsors Link

10 Cara Merawat Jantung Tersumbat Secara Alami

Sponsors Link

Segala penyakit yang berhubungan dengan jantung memanglah berbahaya, termasuk jantung tersumbat. Bagaimana tidak, jantung merupakan salah satu organ vital yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh manusia. Penyakit jantung tersumbat ini pada umumnya terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat. Penyebab jantung tersumbat tidak lain adalah pengonsumsian makanan yang tidak sehat seperti makanan tinggi kolesterol dan juga junk food.

ads

Jenis makanan tersebut mengandung lemak yang biasanya dapat mengalir bersama darah keseluruh tubuh dan pada akhirnya menimbulkan plak pada pembuluh darah. Plak inilah yang menjadi penyebab utama terjadinya penyumbatan pada jantung. Semakin tebal tumpukan plak, semakin sempit juga jalan bagi darah untuk mengalir keseluruh tubuh. Gejala-gejala yang mungkin timbul akibata adanya penyumbatan pembuluh darah diantaranya adalah nyeri dada, insomnia, mudah lelah, nyeri kaki, disfungsi ereksi, sembelit, hingga gangguan pada ginjal.

Lalu, bagaimanakah cara merawat jantung tersumbat? Perawatan tentu saja dilakukan sesuai dengan penyebab terjadinya penyumbatan. Penerapan gaya hidup sehat akan membantu anda merawat jantung anda yang tersumbat. Penerapan gaya hidup sehat dapat dimulai dengan istirahat yang cukup, merubah pola makan, dan berolahraga secara rutin. Mengingat penyumbatan berawal dari makanan, anda perlu memperhatikan pola makanan yang anda makan. Berikut adalah tips memilih makanan untuk merawat jantung anda yang tersumbat:

  1. Hindari makanan berlemak jenuh dan berlemak trans

Salah satu penyebab utama meningkatnya kolestrol dalam darah adalah kadar lemak jenuh dan lemak trans dari makanan yang terlalu berlebihan. Lemak jenis ini biasanya ditulis sebagai minyak dan lemak terhidrogenasi pada kemasan makanan. Makanan berlemak jenuh dan berlemak trans termasuk mentega, keju, margarin, produk susu berlemak tinggi, daging merah, dan juga daging olahan. Batasi julah kalori harian sebesar lima atau 6 persen.

  1. Tingkatkan asupan omega-3

Omega-3 adalah jenis lemak baik yang tidak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah anda. Omega-3 banyak dikandung oleh ikan tuna, tahu, alpukat, dan juga biji rami.

  1. Mengganti minyak goreng biasa dengan minyak yang sehat

Gantilah minyak goreng anda dengan minyak yang lebih sehat. Penggunaan margarin dan mentega tak dianjurkan karena mengandung lemak jahat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Gantilah dengan minyak sehat yang mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Minyak jenis ini termasuk lemak zaitun, minyak kacang, minyak canola, dan juga minyak wijen.

  1. Konsumsilah biji-bijian utuh

Biji-bijian yang telah mengalami proses pengolahan tidaklah lebih baik dari biji-bijian utuh. Proses pengolahan biasanya akan menghilangkan banyak serat dan zat sehat lain di dalam biji-bijian. Konsumsilah tiga porsi makanan biji utuh seperti beras merah, oat, dan juga gandum utuh.

  1. Hindari makanan manis

Makanan manis dapat berakibat kepada obesitas dan juga tekanan darah tinggi yang juga ada hubungannya dengan jantung anda. Hindarilah makanan yang manis seperti permen, makanan, dan minuman manis lainnya. Batasi konsumsi makanan dan minuman manis harian anda.

Sponsors Link

  1. Makan makanan tinggi serat

Konsumsilah makanan tinggi serat seperti biji-bijian, apel, oat, kacang-kacangan, dan juga wortel. Makanan dengan serat tinggi dapat membantu tubuh mengendalikan kadar kolesterol dan juga gula darah.

  1. Gantilah minuman manis tak sehat anda dengan jus sehat

Cobalah untuk mengganti minuman soda anda dengan jus sehat dari buah-buahan. Buah-buahan yang dapat anda jadikan jus untuk jantung tersumbat anda adalah lemon. Anda sebaiknya mencampurkan bahan lain pada jus lemon anda yaitu bawang putih dan juga cuka apel. Selain itu buah cranberry, buah delima, buah kiwi, buah anggur, dan juga buah tomat. Buah-buahan tersebut mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk pemulihan dan perawatan jantung tersumbat anda.

  1. Kurangi garam

Garam atau sodium secara langsung berhubungan tekanan darah pada tubuh anda. Tekanan darah tinggi juga berakibat buruk pada pembuluh darah. Efeknya dapat mengeraskan hingga kerusakan arteri. Kurangilah asupan garam tubuh anda dengan cara mengurangi kadar garam pada setiap makanan yang anda olah.

Sponsors Link

  1. Tingkatkan konsumsi sayuran sehat

Sayur mayur merupakan jenis makanan yang tinggi akan serat dan vitamin. Pastikan anda mencuci sayuran dengan bersih saat hendak mengolahnya, karena sayuran juga berpotensi membawa sisa pestisida yang digunakan paara petani sayuran. Sayuran yang baik untuk merawat jantung tersumbat termasuk brokoli, kembang kol, wortel, dan juga kentang.

  1. Cobalah untuk membuat obat tradisional sendiri

Obat tradisional untuk jantung tersumbat ternyata bisa anda buat sendiri dirumah. Bahan yang dapat anda jadikan sebagai obat tradisional tersebut diantaranya adalah kulit manggis. Kulit manggis dipercaya sangat ampuh dalam mengatasi jantung koroner dan juga jantung tersumbat. Kulit manggis mengandung Xanthone, suatu zat yang ampuh mengatasi dua masalah tersebut. Selain kulit manggis anda juga bisa menggunakan daun sirsak. Daun sirsak dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah dan juga penetralisir kolesterol dan juga gula dalam darah anda. Daun ini juga memiliki sifat anti kanker yang dapat membersihkan plak-plak yang ada dalam pembuluh darah anda.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat jantung tersumbat anda. Selain itu lakukalah perubahan baik lainnya seperti berhenti merokok, olahraga dengan lebih teratur, menjaga berat badan, berenti minum alkohol, dan juga berusaha mengelola stress.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup