Sponsors Link

10 Manfaat Mengkudu untuk Jantung dan Kesehatan Tubuh Lainnya

Sponsors Link

Mengkudu? Dari penampilannya saja, buah ini sudah tidak menarik untuk dimakan. Apalagi bicara soal rasa buah ini, dari mulai anak kecil sampai orang dewasa sekalipun enggan untuk makan buah ini.

ads

Ya, buah mengkudu bukan merupakan buah favorit yang digemari rasa dan baunya. Buah yang satu ini memiliki bau dan rasa yang sangat aneh seperti asam dan pahit yang kebanyakan orang tidak akan suka. Buah yang tumbuh di tempat tropis ini, bukan sembarang buah biasa. Buah yang telah dikenal selama lebih dari 2000 tahun ini, sudah sering dipakai sebagai buah untuk pengobatan, terutama di benua Asia. Buah ini sangat terkenal akan khasiatnya yang dapat mengobati penyakit berat seperti kanker, jantung, bahkan HIV.

Baca juga:

Belakangan ini, produk-produk yang mengandung mengkudu semakin menjadi terkenal, terutama produk pil atau tablet, jus bahkan sampai losion perawatan kulit dan shampo serta sabun mengkudu. Ingin tahu apa saja manfaat buah yang disebut termasuk dalam daftar “super fruit” atau buah super ini bagi tubuh? Simaklah ulasan berikut ini:

1. Sebagai Sumber Antioksidan Alami

Kekurangan asupan vitamin yang merupakan sumber antioksidan, membuat semakin banyaknya kandungan radikal bebas didalam tubuh. Stress dan polusi dipercaya juga merupakan penyebab banyaknya radikal bebas didalam tubuh. Terlalu banyak radikal bebas dapat membuat daya tahan tubuh menjadi sangat lemah, oleh karena itu radikal bebas yang terlalu banyak didalam tubuh dapat menyebabkan penyakit berat seperti kanker dan penyakit jantung. Oleh karena itu, sangatlah disarankan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi dan alami, salah satunya adalah buah mengkudu. Buah ini mengandung tingkat antioksidan yang sangat tinggi, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan buah apel dan anggur.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Berdasarkan banyak penelitian, buah mengkudu mengandung zat yang baik bagi kesehatan seperti asam amino triptofan dan vitamin B kompleks yaitu vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6 dan vitamin B12 yang dapat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dan membuat tekanan darah yang tinggi menjadi normal kembali. Tekanan darah tinggi juga merupakan faktor utama penyebab penyakit jantung.

Baca juga: Cara Cek Kesehatan Jantung.

Namun perlu kesabaran dalam melihat efek buah mengkudu untuk menurunkan tekanan darah. Anda perlu mengkonsumsinya dalam takaran atau jumlah yang tepat dan harus mengkonsumsi buah ini secara rutin dan teratur, sehingga akan membuat sistem peredaran darah menjadi lebih lancar dan lebih teratur dari kondisi sebelumnya. Penderita penyakit jantung dan hipertensi sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini secara teratur. Manfaat mengkudu untuk jantung terbilang efektif untuk pencegahan dan perawatan jantung Anda.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Setelah mengetahui efek buah mengkudu pada sirkulasi peredaran darah, maka tentunya dengan mengkonsumsi secara teratur juga akan membantu memelihara kesehatan jantung. Semakin lancar peredaran darah, akan semakin sehat jantung seseorang. Buah ini dipercaya dapat membuat otot-otot yang ada pada saluran darah dan jantung menjadi rileks, karena itulah organ tubuh yang bertugas memompa darah dan menyalurkan darah pada tubuh menjadi lebih sehat. Selain manfaat mengkudu untuk jantung, buah ini juga berfungsi untuk mengendalikan dan bahkan menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh.

Baca juga: Makanan untuk Penderita Aritmia Jantung.

Sponsors Link

4. Membuat Kulit dan Rambut Menjadi Lebih Sehat (Anti Aging alami)

Mengkudu mengandung vitamin C dan vitamin E yang tinggi. Kedua vitamin tersebut telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan rambut dan kulit. Kandungan vitamin E yang ada di dalamnya sangat baik untuk mencegah rambut rontok, menjaga kesehatan kulit kepala, dan bahkan membuat rambut tampak lebih berkilau. Selain kesehatan rambut, buah ini juga dipercaya dapat membuat kuku menjadi lebih kuat dan sehat.

Baca juga: Penyebab Jantung Berdebar saat Tidur.

Vitamin E yang terkandung didalamnya juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. Dan tentunya mengkonsumsi buah asli akan jauh lebih baik dari suplemen vitamin E yang banyak dijual dipasaran, karena buah dipetik langsung dari alam, sedangkan vitamin E yang dijual di pasaran kebanyakan buatan pabrik dan sudah melalui proses industri serta mengandung bahan pengawet.

5. Membantu Mencegah dan Mengobati Penyakit Berat

Percaya atau tidak, sudah banyak studi mengenai hubungan konsumsi buah mengkudu dengan pencegahan dan pengobatan kanker dan tumor. Hasilnya adalah pasien kanker yang mengkonsumsi buah ini secara teratur memiliki harapan hidup yang lebih panjang daripada yang tidak mengkonsumsinya. Dengan rajin mengkonsumsi buah ini, sel kulit kanker terbukti tidak semakin berkembang dan bagi orang yang tidak memiliki kanker, dengan mengkonsumsi buah mengkudu Anda dapat menghindari resiko terkena kanker terutama jika Anda mengkonsumsi buah ini secara rutin dalam jangka waktu yang lama.

Hasil penelitian mengenai kekuatan buah mengkudu, juga diikuti dengan hasil penelitian mengenai keamanan mengkonsumsi buah ini. Hasilnya adalah  buah ini yang sangat amat aman untuk di konsumsi sebanyak apapun dan dalam kurun waktu yang lama sekalipun.

6. Memperkuat Imun Tubuh

Mengkonsumsi buah mengkudu juga dapat menjaga daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan tubuh secara umum. Selain untuk mengobati sakit kepala, penyakit-penyakit seperti nyeri lambung, diare, nyeri otot, dan demam juga dapat diobati secara alami dengan mengkonsumsi buah ini. Untuk memudahkan konsumsi buah yang dapat mencegah bakteri E.coli ini, cukup dengan makan sebanyak 100 gram buah mengkudu setiap hari, atau membuat jusnya jika anda tidak suka untuk memakan buahnya secara langsung, buatlah jus dengan mencampur jus mengkudu dengan jus apel atau jus anggur, sehingga rasanya tidak terlalu asam atau pahit.

Baca juga: Jus untuk Jantung Tersumbat.

7. Merupakan Sumber Energi Alami Tubuh

Khasiat buah mengkudu lainnya adalah pengaruhnya terhadap energi tubuh. Pernah disebutkan pada sebuah tes berenang, peserta yang meminum jus mengkudu memiliki performance yang jauh lebih baik daripada peserta lainnya yang tidak meminum jus tersebut. Buah ini sangat bermanfaat untuk menghindari rasa cepat lelah, dan meningkatkan kemampuan fisik atau stamina secara umum, membuat pikiran lebih relaks dan tenang serta membantu menghilangkan masalah gangguan tidur seperti insomnia.

Baca juga: Olahraga untuk Aritmia JantungManfaat Yoga untuk Jantung.

Sponsors Link

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kegiatan olahraga, disertai konsumsi mengkudu secara teratur dapat secara cepat membantu menurunkan berat badan. Terutama bagi para penderita obesitas, buah ini sangat ampuh dalam mendukung program diet dan beralih kepada gaya hidup yang lebih sehat. Obesitas juga dapat menyebabkan penyakit jantung, karena kebanyakan lemak dalam tubuh bisa menghambat peredaran darah dan sirkulasi jantung. Maka dari itu untuk penderita obesitas sangat disarankan mengkonsumsi buah mengkudu.

9. Mempercepat Kesembuhan Luka

Mengkonsumsi buah super ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka luar atau luka dalam, serta menghindari infeksi dan perluasan luka di tubuh. Minumlah mengkudu secara rutin sampai luka Anda sembuh. Namun buah mengkudu hanya membantu penyembuhan, jika luka Anda sudah parah maka sebaiknya segera berobat ke dokter.

10. Meningkatkan Kerja Otak Manusia

Mengkudu secara mengejutkan juga dapat membuat efek yang baik pada kerja otak, terutama meningkatkan daya ingat karena di dalam buah ini terkandung banyak fitosterol. Buah ini dapat mempengaruhi kerja otak menjadi lebih responsif dan memperlancar asupan oksigen pada otak, sehingga kesehatan dan fungsi otak lebih terjaga dengan baik.

Baca juga: Penyebab Jantung Kekurangan Oksigen.

Kapsul dan Tablet Mengkudu yang Dijual di Apotik

Jika Anda berniat untuk mengkonsumsi  mengkudu, namun sulit bagi Anda untuk menemukan buah aslinya, saat ini sudah banyak sekali dijual ekstrak buah mengkudu dalam kemasan tablet dan kapsul. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Pacekap
  • Nonitrend
  • HPAI mengkudu
  • Noni Java
  • Mengkudu Herba Tunggal

Tips untuk Anda dalam memilih kapsul dan tablet ekstrak mengkudu, pilihlah obat-obatan yang telah disertai Izin Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia, dan hindari mengkonsumsi obat-obatan yang hampir kadaluarsa.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan