Sponsors Link

12 Pantangan Makanan Penyakit Jantung Bengkak yang Berbahaya

Sponsors Link

Salah satu jenis penyakit yang sering menyerang jantung adalah penyakit jantung bengkak. Jantung bengkak ini merupakan sebuah kondisi dimana jantung mengalami kondisi membengkak atau terlihat membesar yang dikarenakan oleh beragam faktor. Jantung bengkak bukan hanya menimpa seseorang berdasarkan jenis kelamin ataupun berat badan saja tetapi bisa menyerang siapa saja yang kurang memiliki kehidupan yang lebih sehat.

ads

Gaya hidup atau pola hidup yang kurang sehat menjadikan seseorang menjadi kurang bisa menjaga kesehatannya dan kemudian bisa mengakibatkan hal buruk pada jantung terutama bisa membuat jantung menjadi membengkak. Penyebab jantung bengkak diantaranya diakibatkan oleh kondisi seperti:

  • Terjadi infeksi pada jantung
  • Tekanan darah tinggi
  • Katup jantung mengalami kelainan
  • Kekurangan sel darah merah atau anemia
  • Kehamilan
  • Gagal ginjal
  • Otot jantung lemah
  • Terjangkit infeksi HIV
  • Faktor keturunan
  • Kelenjar tiroid mengalami gangguan
  • Kurang olahraga
  • Pola makan tidak sehat
  • Merokok
  • Penggunaan narkoba
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Tidak menjaga kebersihan

Agar terhindar dari penyakit jantung bengkak, sebaiknya anda memperhatikan dan menghindari pantangan makanan untuk penyakit jantung bengkak berikut ini:

1. Makanan Berkolesterol Tinggi

Seseorang yang mengalami penyakit jantung bengkak harus bisa mengontrol kolesterol yang ada pada dirinya. Penderita jantung bengkak benar-benar harus bisa menghindari makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi. Makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi diantaranya seperti daging kambing, jeroan, daging bebek dan makanan lainnya.

2. Makanan Berlemak

Orang yang dalam keadaan sehat saja harus bisa hati-hati dan sebisa mungkin menghindari makanan berlemak apalagi bagi penderita penyakit jantung bengkak. Bahaya lemak di jantung dapat memperburuk kinerja jantung. Berbagai makanan dengan kandungan lemak yang tinggi diantaranya seperti minyak goreng, margarin dan lain-lain.

3. Makanan Berkadar Garam Berlebih

Salah satu dampak atau efek dari mengkonsumsi makanan dengan kadar  garam terlalu tinggi adalah akan mengakibatkan kadar darah menjadi meningkat atau disebut dengan darah tinggi. Darah tinggi ini padahal menjadi salah satu penyebab utama dari terjadinya proses pembengkakan pada jantung. Oleh karena itu, hindari makanan dengan kadar garam yang tinggi demi kesehatan jantung.

4. Makanan Dengan Kandungan Gula Alkoholik

Gula alkoholik juga merupakan kandungan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk jantung. Makanan yang mengandung gula alkoholik diantaranya seperti tape, nangka, durian dan juga nanas. Meskipun memang lezat rasanya namun demi kesehatan jantung sebaiknya hindari beragam jenis makanan ini.

Sponsors Link

5. Makanan yang Mengandung Trigleserida tinggi

Kandungan yang terdapat pada makanan adalah trigliserida. Kandungan ini merupakan lemak jahat yang ditimbulkan dari tumbuhan seperti santan, margarin dan minyak goreng. Demi kesehatan jantung sebaiknya kurangi dan hindari berbagai makanan dengan kandungan trigliserida.

6. Telur

Meskipun telur menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan protein dan nutrisi yang tinggi namun telur menjadi salah satu makanan pantangan bagi penderita jantung khususnya jantung bengkak. Telur goreng tetap menjadi pantangan bagi penderita sakit jantung. Terutama untuk bagian kuning telur dimana memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kolesterol dalam darah yang bisa menyebabkan serangan jantung. Namun, jika ingin tetap mengkonsumsi telur namun yang aman untuk jantung maka bisa mengkonsumsi telur rebus kemudian pilih saja putih telur yang bisa mengurangi kandungan kolesterol dibandingkan dengan telur goreng.

7. Kopi

Bukan hanya makanan saja sebenarnya yang bisa mempengaruhi jantung manusia. Minuman seperti kopi juga bisa menjadi satu konsumsi yang dapat memicu serangan jantung dan mengakibatkan jantung bengkak. Jantung bengkak bisa diakibatkan karena pembuluh darah yang menyempit atau menutup. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan bisa memicu menyempitnya pembuluh darah yang akan menuju jantung yang kemudian menyebabkan jantung membengkak.

ads

8. Daging Babi

Makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi memang menjadi pantangan utama bagi para penderita penyakit jantung terutama jantung bengkak. Daging babi atau bacon memang bisa menjadi satu makanan favorit tetapi jika memiliki riwayat penyakit jantung dan jantung bengkak sebaiknya segera mengurangi dan memberhentikan mengkonsumsi daging babi. Bacon atau daging babi juga memiliki kandungan nitrat dan nitrit dimana bisa menyebabkan penyakit kanker. Daging babi juga memiliki kandungan lemak tak jenuh hingga 150 miligram per iris yang cukup berbahaya untuk jantung.

9. Gorengan

Mengkonsumsi camilan seperti gorengan memang menjadi satu favorit tersendiri bagi banyak orang. Namun, bagi penderita penyakit jantung bengkak sebaiknya segera mengurangi aneka jenis macam gorengan. Beragam jenis makanan dengan cara di goreng merupakan jenis-jenis makanan yang harus dihindari. Kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi akan memicu penyakit dan resiko penyakit jantung dan berbagai penyakit lainnya seperti obesitas, diabetes dan lainnya.

10. Minuman Berkadar Gula Tinggi

Mengkonsumsi minuman dengan rasa yang manis memang menjadi satu jenis minuman favorit tersendiri. Minuman dengan rasa pemanis seperti soda, jus dengan pemanis, minuman dengan gula yang tinggi adalah jenis-jenis minuman yang harus dihindari. Kandungan gula yang tinggi bisa meningkatkan resiko obesitas dan darah tinggi dimana dua hal ini adalah penyebab utama dari penyakit jantung bengkak menjadi lebih parah.

11. Keripik Kentang

Memang akan sangat menyenangkan ketika bersantai kemudian mengkonsumsi keripik kentang sebagai camilan. Padahal sebenarnya ada efek buruk bagi kesehatan terutama bagi jantung jika terus menerus dikonsumsi. Dalam satu ons keripik kentang memiliki kandungan 150 kalori dan hanya mengandung gizi yang sangat rendah. Keripik kentang juga memiliki kandungan natrium dimana kandungan ini bisa memicu darah tinggi yang kemudian memicu sakit jantung jantung bengkak.

12. Makanan Cepat Saji

Makanan yang tidak baik untuk jantung selanjutnya adalah makanan cepat saji atau fastfood. Sudah menjadi pengetahuan bagi banyak orang jika makanan cepat saji memiliki efek buruk bagi kesehatan dan juga jantung. Kandungan yang terkandung pada makanan cepat saji ini adalah sodium, lemak trans dan gula yang sangat tinggi. Dengan kandungan yang tidak menyehatkan yang cukup tinggi ini maka akan sangat mengancam untuk kesehatan terutama untuk jantung.

Demikian pembahasan mengenai pantangan makanan penyakit jantung bengkak yang harus dihindari. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan