Sponsors Link

7 Jus untuk Jantung Tersumbat dan Cara Membuatnya

Sponsors Link

Jantung tersumbat merupakan satu fenomena kelainan pada jantung yang disebabkan oleh banyaknya “kotoran” pada darah yang akhirnya menutup pembuluh darah. Nama lain dari kondisi ini adalah penyakit jantung koroner, penyakit jantung iskemik atau aterosklerosis koroner. Tersumbatnya pembuluh darah pada jantung ini menyebabkan dua pertiga dari bagian jantung tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Lama kelamaan kondisi ini bisa berakibat fatal yaitu kematian.

ads

Baca juga: Penyebab Jantung Koroner.

Jantung tersumbat muncul salah satunya karena penyebab pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Mereka yang hobi mengonsumsi makanan cepat saji, gorengan, atau yang tinggi lemak dan tidak diimbangi dengan aktivitas olahraga cukup, berpotensi mengalami penyakit jantung tersumbat. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan dan pengerasan lemak-lemak berlebihan dalam tubuh yang akhirnya mengurangi pasokan oksigen untuk jantung. Gejala umum yang dirasakan para penderitanya adalah nyeri dada saat beraktivitas (yang bisa berkurang dan hilang karena istirahat) yang bisa menjalar ke area lain seperti lengan, rahang, punggung, dan ulu hati.

Bagaimana mengatasi hal ini? Pencegahan terhadap penyakit jantung tersumbat bisa dengan memperbaiki pola makan dan pola hidup. Olahraga harus ditingkatkan dan menjadi kebiasaan. Jika tidak bisa menjadwalkan waktu olahraga, setidaknya lakukanlah aktivitas fisik yang berarti selama 30 menit sebelum memulai rutinitas harian. Pengaturan pola makan juga harus seimbang dan jangan hanya memuaskan nafsu akan makanan cepat saji yang tinggi lemak.

Baca juga: Olahraga untuk Aritmia Jantung.

Bagaimana dengan alternatif pengaturan pola makan lainnya? Anda bisa mencoba alternatif untuk mengonsumsi jus-jus yang terkenal bisa membantu mengatasi jantung tersumbat. Jus buah dan sayur ini terkenal bisa mengatasi dan mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah jantung akan kandungannya masing-masing. Berikut ini beberapa jus untuk jantung tersumbat yang dapat Anda konsumsi:

1. Jus Lemon, Bawang Putih, dan Cuka Apel

Campuran pertama yang bisa dijadikan jus bagi permasalahan jantung tersumbat adalah perpaduan antara buah lemon, bawang putih dan cuka apel. Tiga bahan ini terkenal baik untuk merawat kesehatan jantung. Kandungan lemon berupa kalium dipercaya mampu mengatasi tekanan darah tinggi sampai sebagai alternatif untuk mengurangi stres. Sementara itu, bawang putih terkenal mengandung allicin yang juga berperan mengontrol dan mengurangi tekanan darah tinggi serta kolesterol yang ada dalam darah penderitanya.

Untuk pembuatannya, Anda bisa mengikuti proses berikut. Pertama, Anda menghaluskan jahe yang ditambah dengan 2 gelas air lalu saring. Haluskan bawang putih dan air perasan jahe lalu campur dengan 300 ml cuka apel dan perasan lemon. Rebus selama 30 menit lalu dinginkan. Campurkan madu sesuai selera dan ramuan penangkis jantung tersumbat sudah siap dikonsumsi.

Baca juga: Khasiat Bawang Putih untuk Jantung.

2. Jus Buah Cranberry

Alternatif buah selanjutnya yang bisa dijadikan menu jus untuk penderita jantung tersumbat adalah jus buah cranberry. Buah cranberry dikenal baik bagi tubuh, tidak hanya untuk mencegah infeksi saluran indung kemih tetapi juga bisa mengatasi penyakit jantung, meningkatkan imunitas, bahkan kesehatan otak. Cranberry dikenal mampu memecah lemak yang ada pada dinding arteri dan mencegahnya mengeras lalu menyumbat pembuluh darah. Cara kerjanya adalah dengan memberikan tenaga pada sel untuk menyerap lemak tersebut. Konsumsi jus cranberry disarankan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Sponsors Link

3. Jus Buah Delima (Pomegranat)

Jus untuk jantung tersumbat selanjutnya yang dikenal sebagai buah yang baik dan menguatkan jantung adalah buah delima. Kandungan dari buah delima yang baik mengatasi penyakit ini adalah antioksidan. Antioksidan buah delima dikenal mampu membersihkan plak yang ada pada pembuluh arteri dan mengatasi pengerasan arteri yang menyebabkan berkurangnya supply oksigen ke jantung.

Baca juga: Manfaat CoQ10 untuk JantungManfaat Omega-3 untuk Jantung.

4. Jus Sayur Bayam

Bayam dikenal sebagai salah satu sayuran yang cukup penting dan berkontribusi menjaga kesehatan jantung. Maka tidak heran jika bayam direkomendasikan sebagai bahan untuk membuat jus khusus penderita jantung tersumbat. Kandungan kalium dan asam folik dalam bayam diketahui merupakan zat yang berfungsi dalam mengatasi tekanan darah tinggi. Kandungan lain seperti lutein dan karotenoid yang ada dalam bayam berperan dalam mencegah serangan jantung karena mengatasi kolesterol berlebih dalam tubuh. Konsumsi bayam untuk penderita jantung tersumbat tidak harus dalam bentuk jus. Anda juga bisa mengolahnya menjadi sayur bayam atau pecel selama bayam tidak direbus terlalu lama dan kehilangan kandungan pentingnya.

5. Jus Buah Kiwi

Buah kiwi menjadi rekomendasi selanjutnya untuk membuat jus yang diperlukan bagi para penderita jantung tersumbat. Buah kiwi juga dikenal mampu melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh serta menurunkan kadar lemak yang berpotensi mengeras dalam pembuluh darah dan menimbulkan berbagai penyakit terkait dengan jantung. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi terkenal tinggi dan cukup untuk kebutuhan harian. Konsumsi 2 hingga 3 buah kiwi setiap hari membantu tubuh kita dalam mencegah jantung tersumbat serta potensi penyakit kanker.

Sponsors Link

6. Jus Buah Anggur

Buah anggur juga tidak boleh Anda lewatkan sebagai bagian dari buah-buahan sehat yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan mengatasi jantung tersumbat. Pilih jenis anggur merah sebagai bahan membuat jus sehat Anda. Anggur merah diketahui dapat menstabilkan tekanan darah serta memperbaiki kinerja jantung, menurunkan potensi stroke, dan menghancurkan berbagai radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh. Kandungan flavonoid dalam anggur merah berfungsi sebagai antioksidan dan penangkan radikal bebas, sedangkan kandungan resveratrol yang ada dalam anggur merah bisa dimanfaatkan dalam mengurangi risiko berbagai penyakit yang berkaitan dengan jantung, seperti artherosclerotic dan stroke.

Baca juga: Detak Jantung Normal, Makanan untuk Penderita Aritmia Jantung.

7. Jus Buah Tomat

Buah tomat menjadi alternatif terakhir dalam pembuatan jus sehat untuk jantung tersumbat. Buah tomat dikenal memiliki kandungan lycopene yang bertugas mencegah pengerasan arteri. Sebuah penelitian terkait dengan buah tomat dan kekuatan jantung menyebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi jus tomat secara rutin dan memiliki kandungan lycopene tinggi dalam tubuhnya ternyata dikenal memiliki pembuluh arteri yang kuat dan sehat serta minim potensi jantung tersumbat. Hal ini semakin baik tatkala Anda mendukung dengan pola hidup sehat yaitu olah raga teratur.

Cukup banyak alternatif alami di sekitar kita yang berperan menangkal dan mengobati berbagai penyakit. Kita tak harus selalu bergantung pada kinerja obat-obatan kimiawi yang mungkin menawarkan hasil cepat namun berpengaruh pada kinerja organ tubuh lainnya. Alternatif ini bisa Anda konsultasikan dengan dokter untuk terapi jantung tersumbat lebih lanjut. Semoga artikel ini memberikan referensi untuk merancang pola hidup dan pola makan sehat sehingga terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan jantung.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,