Sponsors Link

5 Cara Pencegahan Gagal Jantung Kongestif Paling Tepat

Sponsors Link

Kesehatan jantung seharusnya menjadi kebutuhan utama bagi setiap manusia. Mempunyai jantung yang sehat merupakan karunia terbesar yang diberikan kepada Tuhan bagi setiap manusia. Jantung yang sehat merupakan identitas utama dari tingkat sosial manusia, karena faktanya semakin baik dan bagus tingkat kesehatan jantungnya maka akan semakin baik pula tingkat sosialnya.

ads

Kebanyakan orang berpikiran materi dan harta merupakan faktor utama dalam hal tingkatan sosial, ini tentu pemikiran dan perspektif yang salah, karena kesehatan tidak dapat dibeli dengan materi dan harta. Kenyataannya di lapangan banyak menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang memiliki harta dan materi yang berlimpah, seringkali terkena penyakit gagal jantung. Tentu hal ini sangat disayangkan, sebab materi dan harta yang dimilikinya tidak ditempatkan kepada sesuatu yang benar.

Baca juga: Gaya Hidup Jantung SehatKebiasaan yang Merusak Jantung.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa orang yang hidupnya normal dan biasa-biasa saja tidak akan terkena penyakit jantung, khususnya penyakit gagal jantung kongestif. Semua itu tergantung dari pola dan gaya hidup serta asupan makanan yang dikonsumsinya sehari-hari. Karena tidak dapat dipungkiri lagi, pola dan gaya hidup serta asupan makanan yang sehat dan bergizi akan membuat jantung Anda sehat dan akan menjadi kebanggaan bagi Anda di masa yang akan datang.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan Anda sedikit informasi tentang bagaimana cara agar terbebas dari gagal jantung kongestif yang sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kematian secara tiba-tiba. Penyakit gagal jantung kongestif adalah dimana kondisi jantung yang gagal memompa dan mengaliri darah ke bagian-bagian tubuh lainya seperti otak dan paru-paru. Tentu hal ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan resiko kematian.

Baca juga: Penyakit Jantung KongestifGagal Jantung dalam Kehamilan.

Penyakit gagal jantung kongestif bisa terjadi di segala usia, baik itu anak-anak, remaja, dewasa, orang tua bahkan bayi sekalipun memiliki resiko terkena gagal jantung kongestif. Tentu Anda harus melakukan pencegahan agar terhindar dari gagal jantung kongestif yang sangat mematikan ini. Berikut ini beberapa cara pencegahan gagal jantung kongestif:

  • Hindari Terlalu Sering Mengkonsumsi Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi dan kambing seringkali menjadi faktor utama terjadinya penyakit gagal jantung kongestif. Tentu hal ini terjadi apabila Anda mengkonsumsinya dalam takaran dan porsi yang berlebihan. Pada dasarnya daging merah seperti daging sapi dan kambing bagus untuk kesehatan tubuh, karena dapat membangkitkan stamina dan meningkatkan kadar darah bagi penderita anemia.

Baca juga: Penyakit Jantung Anemia, Penyakit Jantung TiroidPenyakit Jantung Koroner.

Namun hal ini akan berdampak sebaliknya apabila Anda mengkonsumsi secara berlebihan. Kadar darah yang tinggi yang diakibatkan mengkonsumsi daging merah secara berlebihan dapat menimbulkan resiko terkena penyakit gagal jantung kongestif, yang pada akhirnya berujung kepada kematian.

  • Berhenti Mengkonsumsi Alkohol

Tidak dapat dipungkiri, mengkonsumsi alkohol dapat membuat sistem dan organ tubuh tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Hal ini juga berlaku pada jantung, mengkonsumsi alkohol dapat membuat Anda mengalami penyakit gagal jantung kongestif. Perlu Anda ketahui bahwa penyakit gagal jantung kongestif bersifat switching, dimana dia hanya mengalami kegagalan apabila mengalami kondisi yang tidak baik atau mendapat asupan makanan tertentu. Jika hal tersebut tidak terjadi, maka sudah dapat dipastikan jantung Anda akan baik-baik saja, selama tidak terjadi kompilasi di dalamnya.

Baca juga: Jus Untuk Jantung BocorJus untuk Jantung KoronerJus untuk Jantung Bengkak.

Sponsors Link

  • Batasi Asupan Gula dan Garam

Kebanyakan orang yang menderita penyakit diabetes mengalami kegagalan jantung kongestif, pasalnya kadar gula dalam darah yang dimiliki oleh penderita penyakit diabetes akan memberikan dampak yang buruk untuk jantung. Pada dasarnya jantung hanya akan memompa darah, bila darah Anda benar-benar dalam kondisi steril dan aman untuk diedarkan. Namun apabila darah Anda memiliki kadar gula yang tinggi, sudah dapat dipastikan jantung akan mengalami kegagalan kongestif dalam urusan peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal ini juga berlaku sama dengan darah tinggi yang dihasilkan oleh asupan makanan yang terasa asin, terutama yang bersumber dari garam.

Baca juga: Makanan Penguat Jantung JaninMakanan untuk Anak Sakit JantungNCP Penyakit Jantung.

  • Olahraga Secara Teratur

Tidak dapat dipungkiri bahwa melakukan kegiatan olahraga sangat baik bagi kesehatan jantung manusia. Kegiatan olahraga yang dilakukan secara tepat akan memberikan Anda manfaat yang sangat baik bagi kesehatan jantung Anda. Lakukan olahraga kardio yang berhubungan langsung dengan fungsi jantung, seperti berenang, bersepeda dan aktivitas lainnya yang memang berhubungan langsung dengan fungsi jantung.

Namun Anda harus memperhatikan faktor keselamatan dalam melakukannya. Selain itu lakukan kegiatan olahraga hanya sebatas kemampuan diri Anda saja dan jangan dipaksakan, karena memaksakan diri dalam melakukan olahraga dengan maksud ingin membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit jantung akan memberikan dampak dan hasil yang sebaliknya tanpa Anda sadari.

Baca juga: Olahraga Penguat JantungManfaat Senam Bagi JantungManfaat Yoga untuk Jantung.

Sponsors Link

  • Konsumsi Makanan yang Bergizi

Mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh Anda namun juga baik bagi kesehatan jantung Anda. Mengkonsumsi makanan yang baik akan membuat jantung Anda terhindar dari berbagai penyakit. Seperti yang sudah saya jelaskan pada poin sebelumnya, bahwa makanan merupakan faktor utama dalam hal usaha pencegahan gagal jantung kongestif yang sangat berbahaya.

Mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi, khususnya makanan 4 sehat 5 sempurna, akan memberikan Anda dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang bermanfaat bagi jantung, tidak hanya dapat mencegah Anda dari kegagalan jantung kongestif, namun juga mencegah Anda dari berbagai penyakit jantung lainnya.

Baca juga: Nutrisi untuk Jantung BocorMakanan untuk Penderita Aritmia Jantung.

Faktanya kebanyakan penyakit jantung memiliki keterikatan dan berhubungan satu dengan lainnya. Sudah dapat dipastikan jika Anda mengalami salah satu jenis penyakit jantung, maka jenis lain juga akan menghampiri jantung Anda dalam waktu dekat ataupun lambat. Begitu pula dalam proses penyembuhannya, apabila Anda berusaha mencegah salah satu penyakit jantung, maka penyakit jantung lainnya juga akan ikut tercegah.

Baca juga: Pencegahan Jantung KoronerCara Mengatasi Jantung Berdebar-Debar.

Bagaimanapun mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati. Kesehatan jantung seharusnya menjadi lifestyle atau gaya hidup bagi masyarakat yang mengerti akan pentingnya kesehatan jantung. Mencintai jantung seperti mencintai diri sendiri merupakan tanda rasa syukur Anda kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Oleh sebab itu rawat dan jaga jantung Anda untuk hidup yang lebih indah dan terjamin di masa yang akan datang nantinya.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan