Sponsors Link

22 Makanan Pasca Pemasangan Ring Jantung yang Disarankan dan Dihindari

Sponsors Link

Jika Anda telah menjalani prosedur pemasangan ring jantung, berarti Anda harus pintar memadukan menu yang bisa mendukung kesehatan jantung. Artikel ini dapat mendampingi Anda untuk memilih makanan pasca pemasangan ring jantung.

ads

Secara medis, ring jantung atau stent jantung adalah pipa logam atau plastik yang ditempatkan di dalam arteri koroner yang mengalami penyempitan akut agar suplai darah beroksigen ke jantung lancar, sebagaimana dikutip dari wikipedia.org.

Baca Juga: Penyebab Jantung Kekurangan OksigenEfek Pasang Ring Jantung, Penyebab Jantung Koroner.

Makanan yang Diperbolehkan

Dilansir dari edition.cnn.com, pasien ring jantung dapat mengurangi masalah pasca pembedahan dan masalah arteri koroner lain dengan mempertahankan indeks massa tubuh (IMT) yang ideal melalui pemilihan diet rendah lemak namun tinggi sayuran. Kendalikan kadar kolesterol dan trigliserida, mengkonsumsi obat anti platelet yang sesuai dengan resep dokter, serta lakukan senam jantung.

Baca juga: Manfaat Yoga untuk Jantung.

Lebih lengkap mengenai pemilihan makanan pasca pemasangan ring jantung yang baik adalah sebagai berikut:

1. Salmon dan Ikan Berlemak

Ikan laut berlemak seperti salmon, sarden, dan makarel adalah bintang dari makanan penyehat jantung, pasalnya ikan-ikan ini memiliki kandungan omega-3 yang berlimpah. Penelitian membuktikan bahwa omega-3 mampu menurunkan resiko aritmia, atherosclerosis, dan trigliserida. American Heart Association merekomendasikan konsumsi ikan laut berlemak setidaknya dua kali seminggu.

Baca Juga: Manfaat Omega-3 untuk Jantung.

2. Oatmeal

Oatmeal tinggi akan serat larut yang mampu menurunkan kadar kolesterol. “Serat larut ini bekerja seperti spon dalam sistem pencernaan yang menjebak kolesterol sehingga tubuh tidak akan menyerapnya,” kata Lauren Graf, seorang ahli gizi di Montefiore Medical Center, New York. Graf menyarankan untuk menghindari oatmeal instan karena umumnya sudah mengandung gula.

3. Buah Beri

Semua jenis buah beri, seperti blueberi dan stroberi, terbukti menurunkan resiko serangan jantung sebesar 32%, berdasarkan penelitian atas wanita berumur 25 hingga 42 tahun yang memakan lebih dari tiga porsi blueberi dan stroberi seminggu. Peneliti mengaitkan penurunan resiko ini pada senyawa antosianin dan flavonoid (keduanya adalah anti oksidan) yang mampu menurunkan tekanan darah dan memperbesar pembuluh darah. Antosianin juga yang memberi warna merah dan biru pada tanaman.

Baca juga: Makanan untuk Penderita Aritmia Jantung.

4. Dark Chocolate

Dark chocolate terbukti secara ilmiah bermanfaat untuk jantung. Penelitian pada tahun 2012 menunjukkan bahwa konsumsi coklat setiap hari bagi penderita masalah jantung bisa mengurangi serangan jantung. Kelebihan ini hanya berlaku untuk dark chocolate dengan kandungan cocoa minimal 60-70%. Dark chocolate ini mengandung polifenol yang mampu menurunkan tekanan darah, penggumpalan darah, dan peradangan. Hal yang sama tidak berlaku untuk milk chocolate atau coklat batangan.

5. Buah-Buahan Citrus

Buah-buahan citrus, seperti jeruk, lemon, atau jeruk nipis mengandung flavonoid dan juga tinggi vitamin C. Akan tetapi berhati-hatilah dengan jus jeruk yang sudah ditambah pemanis, serta produk pabrikannya karena mungkin mengganggu kerja obat penurun kolesterol seperti statin.

Baca juga: Jus untuk Jantung Tersumbat.

ads

6. Kedelai

Kedelai dan produk olahannya, termasuk tahu dan susu kedelai adalah sumber protein pengganti yang baik karena tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol jahat. Sebaliknya, kedelai mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung, juga mengandung serat, vitamin, dan mineral. Kedelai pun bisa mengurangi tekanan darah dan LDL (kolesterol jahat).

7. Kentang

Sebenarnya tidak ada alasan untuk menghindari kentang, hanya saja, kentang yang menyehatkan adalah kentang yang diolah dengan sehat pula, tanpa digoreng atau tambahan bumbu berlebih. Kentang merupakan makanan pasca pemasangan ring jantung yang sangat baik karena kaya akan potasium dan serat sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

8. Tomat

Menu-menu  asli Indonesia identik dengan tomat, maka Anda akan makin menyukai tomat karena tomat juga tinggi potasium dan anti oksidan likopen. Likopen adalah karotenoid yang bisa membantu menurunkan kadar LDL, melebarkan pembuluh darah, dan mengurangi resiko serangan jantung. Tomat juga rendah kalori dan gula.

Baca juga: Terapi Ablasi Jantung, Jantung Rematik Pada Anak.

9. Kacang-Kacangan

Almond, walnut, pistachio, kacang tanah, dan macadamia adalah kacang-kacangan berserat tinggi yang sangat baik untuk jantung. Kacang-kacangan ini juga mengandung vitamin E yang dapat menurunkan LDL. Sebagai tambahan, walnut pun mengandung omega-3. Namun pengolahannya harus benar, tidak digoreng dan jangan terlalu banyak garam.

10. Polong-Polongan

Buncis, kacang polong, dan miju-miju ialah pilihan makanan pasca pemasangan ring jantung yang berprotein tanpa tambahan lemak jenuh. Keluarga polong-polongan ini membantu mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes.

11. Minyak Zaitun Extra Virgin

Diet mediterania yang kerap menambahkan minyak zaitun pada menunya sangat baik untuk kesehatan jantung karena merupakan sumber lemak tak jenuh yang terbukti klinis mampu menurunkan kadar LDL serta gula darah.

Baca Juga: Manfaat CoQ10 untuk Jantung.

12. Red Wine

Red wine adalah minuman dengan alkohol ringan. Selama Anda meminumnya hanya satu atau dua gelas sehari, red wine dapat memberikan manfaat untuk jantung karena kandungan polifenolnya. Namun jika Anda bukan peminum alkohol, maka kesehatan jantung bukan alasan untuk memulainya, masih banyak pilihan makanan lain yang dapat Anda konsumsi pasca pemasangan ring jantung.

13. Green Tea

Minuman tradisional Asia ini telah menjadi populer juga di benua Amerika dan Eropa karena manfaat kesehatannya. Meminum empat cangkir sehari dapat menekan resiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini disebabkan oleh kandungan anti oksidan katekin.

14. Sayuran Hijau

Sayuran sudah pasti sahabat jantung. Namun yang terbaik adalah sayuran hijau karena tinggi karotenoid dan mampu menyingkirkan senyawa buruk dari tubuh, selain itu sayuran hijau juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

Baca juga: Manfaat Mengkudu untuk Jantung.

15. Kopi

Mengejutkan? Namum demikian, jangan mengira kopi yang dimaksud adalah kopi instan atau kopi yang telah dicampur ini itu. Kopi yang baik untuk jantung adalah kopi tanpa atau sedikit gula dan tambahan lain, lebih baik jika kopi arabika, dengan asupan maksimal dua cangkir sehari, lebih dari itu malah akan membahayakan jantung.

16. Flax Seed

Flax seed atau biji rami kaya dengan omega-3 dan serat. Jangan bingung tentang cara mengkonsumsinya, Anda bisa menambahkannya sebagai taburan oatmeal atau buah beri kering, dan bisa pula dijadikan sebagai bahan tambahan untuk smootie.

17. Alpukat

Alpukat telah mendapatkan reputasi sebagai buah sehat sejak lama, terutama sebagai makanan pasca pemasangan ring jantung. Seperti minyak zaitun, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh, tinggi anti oksidan dan potasium.

18. Delima

Buah delima mengandung berbagai anti oksidan, seperti polifenol dan antosianin yang dapat membantu merelaksasi pembuluh darah yang kaku. Penelitian kepada pasien penyakit jantung membuktikan bahwa segelas jus delima sehari selama tiga bulan mampu memperlancar aliran darah ke jantung mereka.

Sponsors Link

Baca Juga: Khasiat Bawang Putih untuk Jantung.

Makanan yang Dihindari

Bagi Anda yang baru saja menjalani prosedur pemasangan ring jantung, maka yang harus diperhatikan bukan hanya makanan yang diperbolehkan, tetapi juga makanan yang dihindari. Anda dan dokter Anda tentunya tidak ingin pemasangan ring jantung menjadi sia-sia hanya karena salah asupan. Berikut makanan pasca pemasangan ring jantung yang sebaiknya Anda hilangkan dari menu sehari-hari:

Baca Juga: Penyebab Jantung Berdebar saat Tidur, Detak Jantung Normal.

  • Sodium

Dikutip dari livestrong.com, sebagian besar makanan kemasan mengandung banyak sodium (garam, micin, msg, bumbu instan, dll). Dengan membatasi konsumsi makanan kemasan otomatis Anda mengurangi asupan sodium. Sodium terbukti bertanggung jawab pada peningkatan tekanan darah sehingga membuat jantung Anda bekerja ekstra.

  • Refined Grain

Refined grain adalah biji-bijian yang diproses sedemikian rupa hingga kehilangan kulit dan lembaganya, dan hanya tersisa bagian endosperm yang mengandung karbohidrat dan sedikit protein. Demi kebaikan jantung Anda, sebaiknya ganti refined grain dengan whole grain, seperti beras merah, produk gandum utuh, atau oatmeal.

  • Makanan Berlemak

Setelah menjalani prosedur pemasangan ring jantung, sebaiknya Anda memperhatikan jumlah lemak yang dikonsumsi. Hindari lemak trans dan lemak jenuh karena menyebabkan penyempitan arteri, kolesterol jahat, dan tekanan darah tinggi.

  • Alkohol

Terlalu banyak alkohol dapat merusak jantung dan hati, meningkatkan kadar trigliserida, kolesterol jahat, dan tekanan darah. Semua hal yang dapat mengacaukan pemasangan ring jantung Anda.

Perawatan Pasca Pemasangan Ring

Setelah menjalani prosedur pemasangan ring jantung, pasien dapat menjalani aktifitasnya seperti biasa, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Premier Bintaro, Beny Hartono mengatakan bahwa setelah pemasangan ring jantung sebaiknya meminum obat dengan teratur, olahraga, pola makan seimbang, dan hindari asupan yang tinggi lemak dan kolesterol. Selain itu pasien pun harus menjalani cek kesehatan secara rutin.

Baca Juga: Olahraga untuk Aritmia Jantung, Fungsi EKG Jantung.

Banyak sumber menyatakan bahwa diet terbaik untuk kesehatan jantung ataupun perawatan pasca pemasangan ring jantung adalah diet mediterania. Diet ini memasukkan ikan laut berlemak, sayuran, buah, dan minyak zaitun dalam menunya, dan semua itu adalah asupan yang sangat baik untuk jantung.

Akan lebih baik lagi, jika Anda menjalaninya sebelum jantung Anda mengalami gangguan, karena mencegah jauh lebih murah dan mudah daripada mengobati.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan