Serangan Jantung Ringan Saat Tidur: Penyebab, Gejala, Cara Penanganan

Penyakit jantung. Siapa sih yang tidak kenal dengan penyakit yang satu ini? Yup, penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang dikenal mematikan dan mayoritas penderita penyakit jantung adalah seorang perokok aktif. Memang apa hubungannya antara perokok dengan penyakit jantung? Sebuah penelitian yang dilakukan World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa setiap 6,5 detik tiap satu orang di dunia meninggal dan mereka merupakan perokok aktif. Perokok aktif, khususnya sejak dari seseorang masih dalam masa remaja akan berakibat fatal terhadap kesehatan jantung dan stroke – dan dikabarkan akan lebih cepat meninggal daripada mereka yang bukan perokok.

Apa sih yang sebenarnya menyebabkan rokok sangat berbahaya untuk kesehatan kita – lebih tepatnya untuk kesehatan jantung?  Asap rokok yang dihirup oleh kita akan menyebabkan terjadinya pembekuan darah dan berujung pada penggumpalan darah di dalam pembuluh darah pada jantung sehingga jantung pun akan kekurangan pasokan oksigen. Apakah penyakit jantung hanya disebabkan oleh asap rokok? Tentu saja tidak! Kebiasaan merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang memicu timbulnya penyakit jantung, selain ada juga faktor genetik dan pola makan yang kurang sehat yang juga salah satu faktor terbesar pemicu timbulnya penyakit jantung ini. Berbagai komplikasi penyakit lainnya juga bisa menjadi salah satu faktor timbulnya penyakit jantung, seperti: tekanan darah tinggi, kolesterol, obesitas, diabates, bahkan depresi.  Satu lagi hal yang mengejutkan tentang penyakit jantung adalah ternyata penderitanya lebih banyak wanita – dan wanita lebih sering mengabaikan berbagai gejala penyakit jantung yang muncul.

Seperti yang kita tahu, penyakit jantung terdiri dari berbagai macam jenis dan gejala dari masing-masing jenis penyakit jantung berbeda antara satu dengan lainnya. Beberapa penyakit jantung yang sering dialami atau tidak asing lagi di telinga masyarakat antara lain adalah gagal jantung, penyakit jantung koroner, ataupun jantung bocor. Nah kali ini kita akan membahas salah satu jenis penyakit jantung – yaitu serangan jantung ringan. Memang apa sih yang dimaksud dengan serangan jantung ringan? Nah daripada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasan yang satu ini!

Serangan Jantung Ringan

Serangan jantung adalah kondisi di mana terhambatnya aliran darah ke bagian otot jantung sehingga jantung tidak mendapat cukup asupan oksigen. Apa akibatnya jika jantung tidak mendapat cukup asupan oksigen? Sayangnya jika hal ini tidak ditangani dengan segera, dampaknya akan sangat fatal yaitu otot jantung yang mulai mati dan berarti berujung pada kematian. Kondisi yang satu ini biasa disebabkan oleh penyakit lain seperti terjadinya penumpukan lemak, kadar kolesterol yang tinggi, atau berbagai hal lainnya. Meskipun serangan jantung bisa disebabkan oleh banyak hal, namun kadar kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kondisi ini karena timbunan kolesterol yang berupa plak akan menempel pada dinding pembuluh darah dan plak yang retak ini mengakibatkan terbentuknya penggumpalan darah. Penggumpalan darah ini lah yang menyebabkan pasokan darah menjadi terhambat dan memunculkan serangan jantung.

Penyebab Serangan Jantung Ringan

Seperti yang kita bicarakan barusan, penyebab dari serangan jantung ini bermacam-macam dan ada baiknya kita juga mengetahui suatu penyebab dari penyakit sehingga kita bisa meminimalisir penanganan yang terlambat atau bahkan terjadinya komplikasi dari suatu penyakit. Memangnya apa saja sih penyebab dari serangan jantung ringan ini? Nah daripada tambah penasaran, yuk kita simak yang satu ini!

• Kebiasaan merokok. Seperti yang telah kita bahas di awal artikel; berbagai kandungan yang terdapat pada rokok sangatlah membahayakan kesehatan kita terutama untuk kesehatan jantung. Apabila kita tidak bisa menghentikan kebiasaan yang satu ini maka racun akan menumpuk pada jantung kita dan akan berujung fatal, lebih tepatnya menimbulkan serangan jantung atau bahkan berujung pada kematian;
  • Diabates. Seperti yang kita tahu pada hubungan diabates dengan penyakit jantung, diabetes merupakan salah satu penyakit yang juga dapat menyebabkan kematian dan juga bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung pada seseorang. Kok bisa? Yup, berbagai kelainan reaksi kimia seperti kelebihan karbohidrat, lemak, ataupun protein yang dialami penderita diabetes dan tanpa penanganan yang tepat akan berujung pada komplikasi penyakit lainnya – dan salah satunya adalah serangan jantung;
  • Kolesterol. Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, kolesterol merupakan salah satu penyakit di mana tubuh banyak memiliki kadar lemak yang tinggi dan biasa ditemukan pada membran sel. Apabila kolesterol tidak ditangani dengan cepat maka dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah di jantung dan tubuh akan kekurangan pasokan darah dan nantinya hal ini juga mempengaruhi kinerja jantung.

Gejala Serangan Jantung Ringan

Gejala dari suatu penyakit merupakan suatu hal yang harus diketahui dengan tepat sehingga kita tahu penanganan apa yang kita butuhkan dan penanganan yang kita berikan pun bisa cepat. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa gejala serangan jantung ringan yang pastinya mudah untuk diamati sehingga penanganan yang diberikan pun tidak akan terlambat. Memangnya apa saja sih gejala dari serangan jantung ringan ini? Kali ini kita bukan hanya membahas gejala serangan jantung saat tidur, namun lebih tepatnya ketika kita dalam kondisi tidur. Kok bisa saat tubuh kita beristirahat justru mengalami serangan jantung? Nah daripada penasaran, kita simak yang satu ini yuk!

• Berbagai bagian tubuh yang terasa nyeri. Gejala yang satu ini merupakan salah satu gejala yang sering muncul pada beberapa penyakit yang membahayakan, tak terkecuali pada serangan jantung ringan. Bagian tubuh yang biasanya terasa nyeri adalah pada bagian tangan, punggung, perut, ataupun leher;
  • Detak jantung yang tidak normal. Kondisi ini bisa juga kita kenal dengan aritmia jantung, di mana irama detak jantung kita bisa terlalu cepat ataupun terlalu lambat. Detak jantung yang tidak normal ini bisa berlangsung hingga 5 menit dan kita harus waspada dan perlu ke dokter sehingga kita segera mendapat penanganan;
  • Rasa sakit pada dada. Gejala serangan jantung ringan ini merupakan salah satu gejala yang paling sering ditemui dan paling mudah untuk diobservasi. Namun justru gejala inilah yang sering kali diabaikan karena rasa sakitnya yang tidak terlalu nyeri;
  • Kelelahan. Kelelahan secara berlebihan merupakan salah satu gejala pada penderita jantung, tak luput pula dari serangan jantung. Tubuh kita tetap mengalami rasa lelah yang berlebih meskipun kita tidak beraktivitas fisik yang berat seharian ;
  • Keringat berlebihan. Gejala yang satu ini merupakan gejala yang mudah untuk diamati pula mengingat ketika tidur, tubuh kita dalam kondisi beristirahat. Keringat berlebihan ini bisa terjadi meskipun cuaca tidak panas.

Cara Mengatasi Serangan Jantung Ringan Saat Tidur

Setelah mengetahui apa saja penyebab dan gejala dari serangan jantung ringan, kini saatnya kita mengetahui bagaimana cara menangani serangan jantung ini – lebih tepatnya saat tidur. Lho bagaimana caranya? Bukankah kita sedang dalam kondisi terlelap? Nah daripada tambah penasaran, yuk kita simak penjelasannya!

• Mengonsumsi beberapa obat-obatan. Tentu saja yang dimaksud di sini bukanlah mengonsumsi beberapa obat dalam waktu bersamaan, namun “siap” beberapa obat sehingga sewaktu-waktu serangan jantung ini terjadi kita tidak akan panik ataupun penanganan yang diberikan tidak terlambat. Beberapa obat yang bisa kita konsumsi antara lain aspirin, obat pengencer darah, trombolitik, ataupun obat penghilang rasa sakit;
  • Menghubungi nomor darurat medis setempat. Hal ini sangatlah penting sehingga penanganan bisa cepat diberikan dan serangan jantung tidak berdampak fatal. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan karena penanganan yang terlambat meskipun hanya 5 menit pun bisa berakibat fatal;
  • Berada pada posisi yang nyaman. Hal ini sangat diperlukan ketika serangan jantung terjadi sehingga tubuh kita akan rileks dan serangan jantung akan hilang perlahan. Lalu bagaimana cara melakukannya? Caranya sangat mudah, yaitu dengan menyandarkan tubuh ataupun dengan posisi berbaring namun jangan sampai penderita hilang kesadaran karena hal ini akan menyebabkan jalan nafasnya terganggu.

Nah itu tadi adalah beberapa hal yang harus kita tahu mengenai serangan jantung ringan saat tidur. Pastinya sekarang sudah tidak bingung lagi kan apa saja hal yang memicu timbulnya penyakit yang satu ini , gejalanya, hingga cara penanganannya yang tepat? Satu hal yang perlu kita ingat adalah untuk melakukan pola hidup yang sehat, seperti berolahraga secara teratur ataupun dengan melakukan pola makan yang sehat. So, apa masih ditunda lagi nih untuk memulai pola hidup yang sehat? Yuk kita mulai dari sekarang!

, , , , ,