Sponsors Link

15 Makanan yang Menguatkan Jantung dan Menyehatkan

Sponsors Link

Hendaknya semua orang mengonsumsi berbagai makanan yang menguatkan jantung. Mengapa? Jantung adalah organ vital. Jantung yang sehat dan bisa berfungsi optimal adalah salah satu cara kita bisa bertahan hidup. Supply oksigen bersih ke seluruh tubuh dan pengangkutan oksigen ‘kotor’ ke paru-paru melalui darah yang dipompa jantung adalah cara tubuh kita bisa berproses. Dikarenakan sifatnya yang penting itu, maka tak heran jika kita diwajibkan merawat organ jantung kita.

ads

Baca juga:

Perawatan organ jantung bisa dilakukan dengan pola hidup dan pola makan yang sehat. Menyeimbangkan rutinitas dengan aktivitas fisik atau olah raga rutin bukan menjadi perkara mudah. Makan makanan sehat? Tidak semua orang punya kesadaran untuk itu. Ada banyak faktor yang memengaruhi, tetapi gaya hidup modern yang dianggap memiliki peran dalam terbiasanya pola hidup tidak sehat.

Maka perubahan harus segera dimulai. Memulai perubahan juga bukan perkara mudah, akan tetapi itu tidak berarti tidak mungkin. Ada banyak jalan yang bisa ditempuh untuk memulai perubahan, misalnya dari kebiasaan makan. Untuk itu, kami sangat menyarankan Anda mengonsumsi berbagai makanan yang dapat menguatkan jantung. Daftar makanan tersebut akan dijabarkan sebagai berikut.

1. Ikan Salmon

Siapa yang tidak tahu manfaat dari daging ikan lezat satu ini? Daging ikan salmon menempati urutan pertama dalam daftar makanan yang menguatkan jantung. Asam omega 3 dalam daging ikan salmon diketahui sebagai nutrisi utama yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, khususnya adalah kolesterol LDL. Bukan hanya menurunkan kolesterol jahat, konsumsi daging ikan salmon secara rutin juga diketahui mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Fungsi lainnya adalah menguatkan otot jantung serta membantu perbaikan sel yang rusak pada jantung.

Baca juga: Manfaat Omega-3 untuk Jantung.

2. Ikan Tuna

Masih seputar daging ikan, menu kedua yang tak kalah baiknya untuk jantung adalah daging ikan tuna. Untuk organ jantung sendiri, konsumsi daging ikan tuna memiliki manfaat dengan membantu menormalkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar trigliserida, sampai menurunkan risiko serangan stroke. Selain menjaga kesehatan jantung, daging ikan tuna juga dikenal sebagai salah satu asupan untuk meningkatkan sistem imunitas serta sebagai sumber vitamin B dan pencegah kanker.

Baca juga:

3. Kacang Almond

Beralih ke kacang-kacangan. Makanan yang menguatkan jantung juga bisa dalam bentuk kacang-kacangan, salah satunya kacang almond. Kacang ini punya beragam nutrisi yang dibutuhkan terutama untuk jantung. Misalkan antioksidan yang berperan dalam menangkal radikal bebas dan menangkal stres oksidatif yang mampu merusak molekul sel. Selain itu, kacang almond juga dikenal mampu berperan dalam menurunkan tekanan darah menjadi normal serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Kacang Kenari

Jenis kacang kedua yang dikenal mampu menjaga kesehatan jantung adalah kacang kenari. Konsumsi rutin kacang kenari ternyata dapat bermanfaat dengan menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 16%, menurunkan tekanan darah diastolik, bahkan menurunkan kemungkinan inflamasi atau peradangan. Alternatif kacang lain yang memiliki manfaat yang sama hebatnya seperti kacang kenari untuk jantung adalah kacang Walnut.

Sponsors Link

5. Sayur Bayam

Dari rancah sayur-sayuran, jenis sayuran pertama yang dikenal baik untuk jantung adalah sayur bayam. Sayur bayam dikenal memiliki kekuatan untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi karena kandungan kalium yang tinggi dan rendahnya sodium. Kandungan folat dalam sayur bayam juga berperan dalam merelaksasi pembuluh darah yang kemudian dapat melancarkan aliran darah. Selain itu, sayur bayam juga dikenal mampu mencegah terjadinya serangan jantung.

6. Paprika Merah

Sayuran lain yang ternyata juga memiliki peran baik bagi jantung adalah paprika, khususnya paprika merah. Kandungan nutrisi yang ada dalam paprika merah dan cukup ampuh dalam merawat jantung adalah vitamin B6 serta folat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, paprika merah ternyata juga diketahui memiliki kandungan likopen yang tinggi, nutrisi yang dibutuhkan jantung. Antioksidan dalam paprika merah dalam bentuk vitamin A dan C juga dibutuhkan untuk jantung sebagai penangkal radikal bebas.

Baca juga:

7. Asparagus

Sayuran ini tergolong masih sangat jarang dikonsumsi orang Indonesia. Padahal asparagus memiliki kandungan nutrisi yang cukup melimpah dan salah satunya berfungsi untuk merawat jantung kita. Folat yang ada dalam asparagus sama baiknya untuk memperkuat jantung kita dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Selain itu, asparagus juga mampu berperan sebagai anti peradangan dan anti oksidan.

8. Bawang Putih

Bumbu masak yang tidak boleh lupa tiap kali kita masak ini ternyata memiliki manfaat yang tak kalah pentingnya dalam menjaga kesehatan jantung. Sudah banyak penelitian yang membuktikan keampuhan bawang putih, seperti menurunkan tekanan darah, menurunkan tingkat kolesterol LDL dan serum trigliserida, sampai mencegah arteriosclerosis yang kemudian mengurangi risiko kemunculan serangan jantung maupun serangan stroke.

Baca juga:

9. Tomat

Sayuran tomat ternyata bukan hanya enak dijadikan jus, tetapi juga memiliki manfaat yang tidak sepele bagi jantung kita. Nutrisi lycopene yang dibutuhkan jantung ternyata ada dalam tomat. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Toronto, tomat terbukti memiliki keunggulan bahwa kandungan lycopene-nya lebih mudah diserap ketika sudah diolah (misalnya menjadi jus). Tomat juga dikenal tinggi kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan jantung.

ads

10. Tahu

Rekomendasi makanan yang menguatkan jantung selanjutnya adalah tahu. Olahan kedelai satu ini diketahui memiliki kandungan isoflavon, nutrisi yang berperan dalam memerangi kolesterol jahat dalam tubuh. Tahu juga dikenal memiliki nutrisi zat besi yang mendukung pembentukan sel darah merah. Bukan hanya baik untuk jantung, tahu juga mampu mengurangi risiko munculnya kanker karena kandungan nutrisi seleniumnya hingga mengurangi risiko diabetes dengan kemampuannya mengendalikan kadar gula dalam darah.

Baca juga:

11. Jeruk

Bukan hanya berperan melawan sariawan dan mencegah bibir pecah-pecah, buah jeruk ternyata juga memiliki manfaat dalam merawat jantung kita. Pertama adalah karena kandungan vitamin C-nya yang berfungsi sebagai anti oksidan. Selain itu, buah jeruk juga dikenal memiliki kandungan nutrisi kalium, nutrisi yang dibutuhkan jantung dalam menormalkan irama jantung, menurunkan kadar kolesterol dalam darah kita, sampai menormalkan tekanan darah tinggi.

12. Pepaya

Selama ini, buah pepaya lebih dikenal sebagai buah yang baik untuk melancarkan pencernaan. Padahal, selain itu pepaya juga bermanfaat dalam menjaga kinerja jantung tetap optimal. Selain karena kandungan vitamin, seperti jeruk, pepaya juga mengandung kalium yang fungsinya juga untuk menjaga irama jantung tetap normal. Selain itu, pepaya juga dikenal sebagai salah satu buah yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang, menurunkan potensi penyakit kanker, anti inflamasi, mempercepat proses penyembuhan luka, sampai sebagai menu diet bagi penderita diabetes.

Baca juga: Jus untuk Jantung Koroner.

13. Anggur Merah

Buah anggur merah direkomendasikan sebagai salah satu makanan yang menguatkan jantung karena ternyata buah ini memiliki kemampuan dalam menormalkan tekanan darah. Selain itu, konsumsi anggur merah secara rutin memiliki manfaat dalam memperbaiki kerja jantung kita. Senyawa polifenol seperti resveratrol yang ada dalam anggur merah dikenal butuhkan jantung kita terutama sebagai antioksidan.

14. Minyak Zaitun

Meskipun dikenal sebagai minyak, namun menu satu ini tergolong baik bagi jantung kita. Bahkan, minyak zaitun kerap kali direkomendasikan untuk digunakan sebagai pengganti minyak goreng berbahan utama sawit. Minyak zaitun memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Khusus untuk organ jantung, minyak zaitun berperan dalam menormalkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, sampai pada fungsi lainnya seperti pencegah kanker dan stroke.

Baca juga:

15. Oatmeal

Rekomendasi terakhir sebagai makanan yang dapat menguatkan jantung adalah oatmeal. Oatmeal banyak dijual dalam berbagai merek dan bukan sebuah makanan yang sulit didapatkan. Hampir sama seperti makanan-makanan sebelumnya, oatmeal memiliki manfaat baik bagi jantung seperti mengurangi risiko hipertensi, mencegah pengerasan arteri, sampai sebagai makanan yang berperan dalam mencegah pengembangan diabetes dan kanker payudara.

Demikianlah informasi terkait penjabaran berbagai makanan yang menguatkan jantung. Semoga informasi singkat ini bisa membantu Anda dalam merawat jantung sehat melalui pola makan yang seimbang. Untuk lebih mengoptimalkan diet ini, jangan lupa seimbangkan dengan aktivitas fisik harian atau olah raga rutin.

Sponsors Link
, , , , , , ,