Apakah Jantung Bengkak Bisa Sembuh Total?

Pertanyaan ini mungkin sering muncul di pikiran anda, terutama bagi anda penderita penyakit jantung bengkak dan juga para kerabat dari pederita. Anda mungkin bertanya-tanya apakah pembengkakan pada jantung anda bisa disembuhkan dan jantung anda akan kembali seperti semula dan tidak akan membengkak lagi? Sebelum membahas pertanyaan tersebut ada baiknya untuk membahas apa sebenarnya jantung bengkak itu? Penyakit jantung bengkak merupakan keadaan dimana ukuran jantung lebih besar daripada ukuran jantung pada umumnya.

Penyebabnya pun beragam, namun penyakit jantung bengkak pada umumnya merupakan keadaan yang timbul dari komplikasai penyakit kardiovaskular lain dalam tubuh dan jantung seperti tekanan  darah tinggi dan juga penyakit katup jantung. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh terjadinya pelonggaran otot jantung dan juga terjadinya penebalan pada otot jantung. Mengingat fungsi dari organ vital bernama jantung memang sangatlah penting, organ ini merupakan salah satu organ penopang hidup manusia. Penyakit-penyakit jantung yang muncul pada jantung memang sangat beriko dan mengancam nyawa para penderitanya. Tak heran penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Penanganan dan pengobatan sebaiknya segera dilakukan setelah terdiagnosis penyakit jantung termasuk penyakit jantung bengkak.

Pada sebagian kasus penyakit jantung bengkak, ukuran jantung dapat kembali seperti sedia kala, namun pada beberapa kasus yang lain ukuran jantung hanya bisa diperkecil namun tak sampai seperti semula. Lalu seperti apakah pengobatan penyakit jantung bengkak untuk mendapatkan hasil tersebut? Mengetahui fakta bahwa mungkin saja jantung anda tidak bisa kembali seperti semula, tetap tenang karena saat sembuh and akan tetap bisa hidup normal seperti yang lainnya.pengobatan biasanya akan dilakukan sesuai dengan penyebab tejadinya pembengkakan pada jantung anda. Sebagai contoh, apabila pembengkakan jantung anda disebabkan oleh hipertensi, maka pengobatan akan dimulai dari pengontrolan tekanan darah anda agar tetap stabil.

Beberapa prosedur pengobatan sebagai berikut:

1. Obat-obatan herbal

Berikut adalah bahan-bahan herbal yang dapat anda jadikan sebagai obat jantung bengkak anda:

• Bawang putih

Kandungan anti bakteri, anti jamur, dan juga anti kanker pada bawang putih merupakan alasan mengapa bawang putih dapat anda jadikan obat herbal jantung bengkak. Anda dapat mengolanya dengan mencampurkan kedalam makanan atau sesuai dengan selera anda.

• Mengkudu+madu

Mengkudu mengandung antiokisidan yang sangat tinggi, selain itu mengkudu juga sangat baik untuk megurangi pembengkakan dan peradangan. Oleh karena itu buah mengkudu dapat anda jadikan alternatif untuk pengobatan jantung bengkak anda. Anda dapat mengolahnya dengan cara menjadikan mengkudu sebagai jus, tambahkan madu untuk menambahkan rasa manis dan juga manfaat madu yng lain.

• Terong ungu

Siapa sangka sayuran yang satu ini dapat dijadikan obat jantung bengkak. Terong ungu mengandung kalium dan asam folat yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh anda. Pengolahannya pun mudah, anda dapat menumis terong ungu sperti sayuran yang lainnya. Hindari memasak terlalu lama, hindari juga penambahan penyedap rasa dan juga garam bagi anda penderita hipertensi ataupun anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi.

2. Obat-obatan medis

Obat-obat berikut sering diberikan oleh dokter kepada psien penderita jantung bengkak yang disebakan oleh adanya gangguan pada otot jatung:

• Diuretik, merupakan obat yang berfungsi untuk membantu tubuh mengeluarkan air dan natrium yang tertahan karena pada beberapa kasus tumpukan natrium dan air ini juga bisa menyebabkan jantung membengkak.
  • Antikoagulan, merupakan obat yang berfungsi untuk menurunkan risiko penggumpalan darah di pembuluh darah sehingga mencegah serangan jantung dan juga stroke.
  • Antiaritmia, merupakan obat yang berfungsi untuk menjaga detak jantung untuk tetap normal.
  • Beta bloker, merupakan obat untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung.

3. Tindakan medis atau operasi

Tindakan medis ataupun operasi hanya akan dilakukan apabila pembengkakan pada jantung memang sudah parah dan tidak bisa lagi dikendalikan dengan obat-obatan. Tindakan yang akan dilakukan pun tetap berdasar pada penyebab terjadinya pembengkakan. Berikut adalah beberapa tindakan tersebut:

• Operasi katup jantung

Operasi ini dilakukan apabila penyebab bengkaknya jantung adalah adanya kelainan atau masalah pada katup jantung anda. Dengan prosedur pembedahan ini dokter akan memperbaiki kelainan yang ada pada katup jantung anda.

• Operasi bypass

Operasi ini akan dilakukan apabila pembengkakan jantung anda disebabkan oleh adanya komplikasi dari penyakit jantung koroner.

• Transplantasi jantung

Langkah terakhir yang akan dilakukan pada penderita jantng bengkak yang sudah telalu parah adalah transplantasi jantung atau pencangkokan jantung baru untuk mengganti jantung anda yang bengkak.

4. Menjalani pola hidup sehat

Selain melakukan tindakan medis berupa pengonsumsian obat hingga melakukan prosedur operasi. Perlu anda ketahui bahwa pola hidup yang sehat juga perlu anda lakukan untuk memulihkan kesehatan jantung anda. Pola hidup sehat dapat diterapkan dengan beristirahat yang cukup, makan makanan sehat dan rendah kolesterol, dan juga olahraga secara teratur. Anda juga dianjurkan untuk menghindari makanan yang terlalu asin, kurangilah konsumsi garam harian anda. Selain itu perbanyak makan makanan tinggi serat dan juga buah. Usahakan juga untuk selalu mengecek dan mengontrol kadar gula darah dan juga tekanan darah anda.

, ,
Kategori : Pengobatan