Sponsors Link

12 Vitamin untuk Penderita Jantung Bocor yang Disarankan

Sponsors Link

Jantung bocor adalah salah satu jenis-jenis penyakit jantung yang memerlukan penanganan dan perawatan secara khusus. Terlebih dalam hal asupan vitaminnya. Sebab, penderita jantung bocor tetap harus mendapatkan asupan vitamin yang banyak agar penyakit tidak bertambah parah.

ads

Untuk itu, bagi penderita jantung bocor perlu mengetahui informasi makanan apa saja yang mengandung vitamin dan layak untuk dikonsumsi. Berikut beberapa makanan dan suplemen yang mengandung vitamin untuk penderita jantung bocor.

1. DHA

vitamin untuk penderita jantung bocor yang pertama adalah DHA. DHA dapat ditemukan di berbagai jenis ikan laut. DHA sendiri memiliki manfaat dapat menyembuhkan penyakit jantung secara alami.

2. Mineral

Penderita jantung sangat dianjurkan untuk menambah asupan mineral dalam makanan mereka. Karena mineral dapat membantu memberikan nutrisi untuk sel-sel yang ada pada tubuh dan juga membawa oksigen ke seluruh tubuh.

3. Serat

Serat tidak hanya baik untuk melancarkan sistem pencernaan saja. Namun faktanya serat juga merupakan salah satu komponen yang baik untuk penderita jantung bocor dan nutrisi untuk jantung bocor yang menyehatkan. Sebab, serat juga memiliki efek penyembuhan secara alami bagi mereka yang menderita penyakit jantung bocor.

4. Zat besi

Zat besi tidak hanya berfungsi untuk penderita anemia saja. Namun zat besi juga membantu untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Apabila aliran darah lancar, maka kerusakan yang ada di dalam tubuh dapat diperbaiki dengan cepat. Tidak terkecuali jantung yang bocor. Kebocoran dapat diperbaiki secara alami dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Zat ini memiliki fungsi yang sama dengan zinc. Beberapa makanan yang mengandung zat besi di antaranya adalah wortel dan lobak. Daging merah juga mengandung zat besi. Akan tetapi sebaiknya bagi penderita jantung agar membatasi mengkonsumsi daging. Karena ditakutkan adanya kandungan lemak yang dapat membahayakan kesehatan jantung.

5. Zinc

Zinc juga vitamin yang diperlukan oleh penderita jantung bocor. Zinc bagi penderita jantung bocor berguna sebagai obat penyembuhan alami. Jika mengkonsumsi zinc secara terus menerus, bukan tidak mungkin penyakit jantung bawaan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa melalui operasi.

6. Kalium

Penderita jantung bocor harus menjaga tubuhnya agar tetap terhidrasi. Kandungan air pada tubuh harus cukup tidak boleh sampai kurang. Namun jika berlebihan, kandungan air akan dibuang oleh tubuh dengan bantuan zat kalium. Maka dari itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium tinggi agar kadar air di dalam tubuh tetap stabil.

Sponsors Link

7. Selenium

Dalam beberapa kasus, penderita jantung bocor disebabkan karena adanya kerusakan pada sel jantung. Kerusakan ini tidak dapat diperbaiki dengan cepat oleh tubuh sehingga mengakibatkan jantung bocor. Peristiwa ini biasanya disebabkan karena penderita kekurangan selenium. Selenium berfungsi membantu untuk memperbaiki kerusakan sel. Sedangkan jika kekurangan selenium, maka perbaikan tidak dapat dilakukan. Oleh sebab itu, bagi penderita jantung bocor, mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan seleniumnya sangat dianjurkan.

8. Vitamin B

Vitamin lain yang dibutuhkan oleh penderita jantung bocor adalah vitamin B. Vitamin B sendiri adalah zat yang dapat membantu mengurangi homosistein pada darah. Karena jika homosistein dalam darah cukup tinggi dapat menyebabkan penyumbatan dan ini sangat berbahaya bagi penderita jantung bocor.

9. Vitamin E

Beberapa makanan yang mengandung vitamin E adalah minyak zaitun, kacang-kacangan, dan bayam. Faktanya, vitamin E tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan kulit saja. Akan tetapi vitamin E juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung bocor. Manfaat Vitamin E untuk jantung juga membantu menurunkan kolesterol jahat. Sehingga tidak ada penyumbatan di dalam pembuluh darah yang bisa berbahaya bagi penderita jantung bocor.

Sponsors Link

10. Vitamin D

Vitamin D juga vitamin yang dibutuhkan untuk penderita jantung bocor. Vitamin ini berperan dalam mengatur irama jantung dan juga menjaga kesehatan jantung.

11. Magnesium

Magnesium adalah salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh penderita jantung bocor. Magnesium sendiri memiliki manfaat yang sama seperti vitamin D yaitu membantu agar jantung tetap sehat dan juga berperan dalam menjaga kestabilan denyut jantung. Bagi penderita jantung bocor, kestabilan denyut jantung adalah salah satu hal yang perlu mendapat perhatian khusus. Sebab, jika denyut jantung tidak stabil, dapat memperparah kondisi pasien itu sendiri.

12. Omega-3

Omega 3 sudah lama dikenal sebagai vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Bagi penderita jantung bocor, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Manfaat Omega-3 untuk jantung mampu memperlancar peredaran darah dan menjaga kinerja jantung tetap stabil.

Beberapa makanan yang mengandung omega 3 dapat ditemukan pada ikan perairan laut dalam seperti mackarel, tuna, salmon, dan sarden. Semua jenis ikan ini bisa ditemukan di minimarket terdekat. Walaupun harganya cukup mahal, akan tetapi manfaat yang bisa didapatkan sangat besar, yaitu jantung yang sehat.

Itulah beberapa vitamin untuk penderita jantung bocor yang baik untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat dan jaga selalu jantung Anda.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Gizi