4 Penyebab Jantung Berdebar Setelah Berhenti Merokok

Saat ini rokok menjadi salah satu pembunuh yang cukup mematikan di dunia, terutama di Indonesia. Kandungan nikotin dan juga tar yang ada di dalam rokok bisa menyebabkan penumpukan racun di dalam paru-paru dan bisa menyebabkan beberapa penyakit yang parah seperti misalnya saja kanker paru-paru dan gejala sesak napas. Langkah yang sangat baik jika saat ini Anda sedang berusaha untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda, acungan jempol bagi Anda yang sudah bisa terbebas dari rokok. Namun bagaimana jika kita merasakan jantung berdebar setelah berhenti merokok? Apakah gejala itu berbahaya bagi kita? Untuk mengetahui informasi lengkapnya maka simaklah ulasan di bawah ini :

Penyebab jantung berdebar setelah memutuskan berhenti merokok

Merokok bisa menimbulkan beberapa masalah, namun setelah berhenti merokok mungkin juga Anda akan mengalami beberapa masalah yang berpengaruh kepada kesehatan Anda. Mungkin saja Anda akan mengalami jantung yang berdebar bahkan setelah berhenti merokok, yang membuat Anda menjadi sedikit khawatir karena takut mengalami gejala penyakit jantung koroner atau karena takut menglamai gejala penyakit lainnya setelah berhenti merokok. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai penyebab dari jantung yang berdebar-debar yang Anda rasakan setelah berhenti dari merokok. Berikut infonya :

1. Gejala putus nikotin

Biasanya ketika orang berhenti merokok maka mereka akan mengalami beberapa gejala pada tubuhnya. Hal ini bisa saja terjadi karena tubuh sedang melakukan penyesuaian, biasanya salah satu gejala yang biasanya Anda alami adalah jantung yang berdebar setelah berhenti merokok. Banyak orang yang mengeluh mengalami gejala jantung yang berdebar-debar setelah mencoba berhenti merokok dan dokter mendiagnosa itu adalah putus nikotin. Gejala yang disebut sebagai putus nikotin ini muncul karena tubuh kehilangan zat nikotin yang biasanya didapatkan dari konsumsi rokok.

Jika Anda memutusukan untuk berhenti merokok maka pada awalnya biasanya Anda akan mengalami beberapa gejala seperti misalnya keinginan merokok yang terus menerus, cemas, keringat yang berlebihan, jantung yang berdebar-debar, batuk dan nyeri ketika menelan, sakit kepala, dan berat badan yang bertambah. Gejala seperti itu bisa disebut sebagai gejala putus nikoitin yang biasa sering dialami oleh orang yang berusaha berhenti merokok. Jika Anda mengalami gejala yang sudah kami sebutkan di atas tadi maka kemungkinan itu merupakan gejala putus nikotin dan tak berbahaya ya. Jika mengalami penyebab jantung kedutan mungkin Anda bisa jadi juga mengalami gejala putus nikotin.

1. Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein

Bisa jadi Anda berhenti merokok mungkin masih memiliki kecenderunan untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein. Karena biasanya orang yang berhenti merokok terkadang juga masih mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti misalnya saja kopi, teh, minuman bersoda, dan juga minuman yang mengandung coklat. Mungkin Anda belum banyak tahu, tapi kafein juga bisa menyebabkan jantung menjadi berdebar-debar setelah mengkonsumsinya pada beberapa orang.Kafein juga bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi denyut jantung.

1. Mengalami gangguan pada jantung

Penyebab dari jantung  berdebar setelah berhenti merokok adalah mungkin karena Anda memang mengalami gangguan pada jantung. Mungkin Anda belum banyak tahu, namun dengan merokok maka juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai masalah pada jantung. Jika Anda mengalami jantung berdebar-debar setelah memutuskan untuk berhenti merokok maka bisa jadi Anda mengalami gangguan pada jantung seperti misalnya saja aritmia jantung, atau gejala penyakit jantung yang lainnya. Jadi segera periksakan ke dokter sehingga bisa segera mengatasinya.

1. Kondisi medis tertentu

Jika Anda mengalami jantung berdebar setelah memutuskan untuk berhenti dari rokok, penyebabnya tidak selalu dikarenakan gejala putus nikotin tapi bisa juga disebabkan karena kondisi medis tertentu. Jika Anda mengalami jantung yang berdebar namun tidak mengalami gejala putus nikotin maka bisa jadi karena kondisi medis tertentu yang Anda alami. Bisa jadi debaran jantung yang Anda rasakan itu disebabkan karena Anda mengalami gangguan jantung seperti yang sudah saya bahas di atas, atau mungkin mengalami hipertiroid, dan tekanan darah tinggi.

Cara atasi jantung berdebar setelah mencoba berhenti merokok

Setelah mengetahui apa saja penyebab yang mungkin terjadi jika Anda mengalami gejala jantung berdebar setelah berhenti merokok maka kami pada kesempatan ini juga akan memberikan informasi mengenai cara mengatasinya sehingga Anda bisa kembali normal. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menagani gejala jantung yang berdebar setelah berhenti merokok :

1. Konsultasikan kepada dokter

Karena belum jelas apakah kondisi yang Anda alami ini dikarenakan putus nikotin atau mungkin karena penyakit yang lainnya  maka kami menyarankan supaya Anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Dengan memeriksakan diri ke dokter maka Anda bisa tahu mengenai kondisi Anda sesungguhnya. Anda bisa tahu dengan jelas apa penyebab jantung berdebar yang Anda alami itu. Jadi jangan takut untuk berkonsultasi ke dokter, datanglah ke dokter untuk mengetahui kondisi yang jelas.

1. Pemberian patch nikotin dan permen karet nikotin

Anda harus pergi ke dokter sehingga bisa tahu apa gejala yang Anda alami setelah mencoba berhenti merokok itu memang karena gejala putus nikotin atau dikarenakan penyakit yang lainnya. Jika memang jantung Anda berdebar merupakan putus nikotin maka biasanya dokter akan memberikan beberapa obat yang bisa menghentikan gejalanya. Biasanya selain obat, dokter juga akan memberikan patch nikoitin dan juga permen karet nikotin kepada pasien, tujuannya adalah untuk mengurangi beberapa gejala putus nikotin sehingga Anda tidak mengalami jantung berdebar lagi ya.

1. Menghindari kafein

Jika saat ini Anda memang sedang berada di dalam usaha untuk berhenti merokok namun tetap saja rasanya jantung berdebar-debar maka kami sarankan untuk menghindari konsumsi kafein Anda. Jika Anda belum bisa lepas dari kafein maka kami menyarankan supaya Anda mencoba menguranginya hari demi hari. Menghindari kafein seperti teh, kopi, minuman bersoda, dan cokelat. Dengan menjauhi minuman berkafein maka kemungkinan gejala jantung berdebar itu bisa menghilang dengan sendirinya. Oleh karena itu lakukanlah secara rutin ya.

1. Benar-benar berhenti merokok

Mungkin ada yang berpikir jika jantung berdebar yang dialami itu adalah tubuh yang menolak dan ingin supaya Anda merokok lagi. Alhasil karena merasa gejala yang tak nyaman maka Anda akhirnya kembali merokok. Jika memang ingin berhenti total merokok, jika Anda tetap merasakan gejala itu maka berhentilah merokok ya. cara menghilangkan batuk karena sakit jantung ini juga harus Anda pahami caranya.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai jantung berdebar setelah berhenti merokok. Semoga apa yang kami sampaikan hari ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya!

, , , , , ,