Bagaimana Pengaruh Sakit Maag Ke Jantung ?

Tidak sedikit penyakit yang akan memicu terjadi penyakit lainnya jika kondisinya sudah semakin memburuk. Misalnya saja, diabetes yang akan memicu terjadinya katarak, kolesterol tinggi yang bisa memicu stroke, lalu bagaimana degan pengaruh sakit maag ke jantung? Banyak orang yang beranggapa bahwa kedua penyakit tersebut berhubungan, sehingga tidak sedikit orang yang malah takut saat terkena maag karena takut terserang serangan jantung yang sangat mendadak.

• Sakit lambung bisa memicu sakit jantung

Banyak sekali kabar yang beredar mengatakan bahwa penyakit lambung seperti maah merupakan awal mula atau tanda dari timbulnya penyakit jantung, sayangnya ini hanyalah sebuah mitos. Menurut seorang Dokter Spesialis dan Pembuluh darah Dicky A. Hanafi dari Bundar Heart Center, ia mengatakan bahwa posisi jantung dan juga lambung memang sangata dekat, sehingga tidak heran jika orang malah jadi salah kaprah pada hubungan antara keduanya. Tidak sedikit orang mengira bahwa saat terjadi maag berarti ia sedang mengalamii gejala penyakit jantung, begitupun sebaliknya.

Dokter Dick juga menyatakan bahwa gejala keduanya memang sedikit sulit untuk dibedakan. Jika ada serangan jantung pada bagian bawah maka lambung pun akan ikut bereaksi dan terasa sakit, misalnya Anda mengalami begah atau kembung secara mendadak karena memang letaknya sangat dekat dengan jantung.

Agar Anda tidak salah saat akan membedakan kedua penyakit tersebut dana mengakibatkan kondisi yang cukup fatal maka Anda harus mengetahui apa saja faktor resiko utama dari keduanya.

Misalnya saja jika ternyata ada seorang pasien yang sudah berusaia di atas 40 tahun, mempunyai riwayat penyakit diabetes, atau tekanan darah yang tinggi serta kondisi maag mereka biasanya akan merasakan sakit pada bagian jantung. Ini merupakan gejala yang wajar timbul dari penyakit-penyakit tersebut dan merupakan faktor resiko mengapa jantung atau lambung terbawa menjadi sakit.

Sementara itu jika ternyata Anda memiliki faktor resiko beberapa penyakit maka kemungkinan akan mengalami nyeri lambung akan semakin besar. Namun tentunya kondisi ini tidak bisa Anda pastikan dengan tepat dan akurat, hanya saja untuk persentase terserang gangguan pada lambung akan semakin besar. Agar bisa memastikannya sebaiknya Anda segera melaukan beberapa serangkaian tes.

• Asam lambung yang meningkat dan memicu terjadinya serangan jantung

Dokter Dick juga mengatakan bahwa kondisi asam lambung yang tiba-tiba saja meningkat akan semakin memicu terjadinya serangan jantung hanyalah sebuah mitos yang disebar luaskan oleh masyarakat karena tidak ada pengakuan oleh medis dengan lebih pasti. Gas yang naik pada bagian lambung sama sekali tidak ada hubungan dengan gejala penyakit jantung atau bisa mengakibatkan Anda mengalami serangan jantung secara mendadak.

Sehingga dengan demikian sudah dapat dipastikan keduanya tidak berhubungan namun bisa saling mempengaruhi saat timbul beberapa gejala. Anda yang mengalami maag kemudian gasnya naik kebagian dada dan jantung Anda terasa sakit adalah hal yang wajar dari gejala penyakit tersebut, begitu juga sebaliknya.

Saat Anda mengalami sakit jantung kemudian lambung Anda terasa terganggu atau terasa nyeri dan kembung itu juga merupakan hal yang wajar sebagai gejala dari penyakit tersebut.

Jadi, bagaimana pengaruh sakit maag ke jantung? Adalah hal wajar terjadi dan tidak akan memicu peningkatan resiko penyakit antara keduanya, hanya akan memberikan gejala sesuai penyakitnya. Namun, untuk bisa lebih memastikan sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter agar mengetahui mengapa kondisi jantung Anda sakit. Apakah dipengaruhi penyakit maag atau lainnya?

, ,