Sponsors Link

5 Manfaat Aspirin untuk Jantung dan Dosis Penggunaannya

Sponsors Link

Tidak dapat dipungkiri memiliki penyakit jantung merupakan sesuatu yang menakutkan. Jantung yang sehat memang menjadi idaman bagi setiap manusia, kesehatan jantung merupakan faktor utama dari kesuksesan seseorang. Namun apa daya jika penyakit jantung merupakan penyakit yang dapat mengambil masa depan cerah manusia.

ads

Kesadaran dalam hal menjaga kesehatan jantung seharusnya menjadi gaya hidup bagi setiap orang, namun faktanya ini hanyalah khayalan semata. Kebanyakan orang tidak menghiraukan sama sekali tentang kesehatan jantung mereka masing-masing. Tentu hal ini sangat disayangkan karena penyakit jantung merupakan penyakit yang membunuh dan menyebabkan 20% kematian yang ada di seluruh dunia. Hal tersebut bersumber dari fakta riset dan penelitian yang sangat akurat, sehingga penyakit ini tergolong penyakit yang memiliki risiko kematian paling tinggi, bahkan lebih tinggi dari kanker. Ini merupakan keprihatinan yang harus direnungi.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan Anda sedikit informasi tentang salah satu jenis obat medis yang mestinya ada di setiap racikan dan campuran obat-obatan yang dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Lalu obat apa yang ada di setiap racikan dan campuran obat-obatan yang dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung?

Baca juga:

Obat tersebut adalah aspirin, salah satu jenis obat yang sudah cukup tua. Pada zaman dahulu, aspirin sering digunakan oleh bangsa-bangsa Mesir untuk meredam rasa sakit. Namun seiring perkembangan zaman, aspirin pun berkembang tidak hanya dapat meredam rasa sakit yang diderita oleh manusia, tetapi juga digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung.

Manfaat Aspirin untuk Jantung

Berikut ini beberapa manfaat aspirin untuk membantu mengobati penyakit jantung:

  • Dapat Membersihkan Saluran Arteri

Saluran arteri yang tersumbat sangatlah berbahaya, karena dapat menyebabkan penyakit jantung koroner yang sangat mematikan. Tentu permasalahan ini dapat diselesaikan oleh aspirin, sifat aspirin yang dapat membersihkan saluran darah akan membersihkan jaringan dan saluran arteri dari kolesterol yang menumpuk, sehingga darah dapat teraliri dengan lancar kembali.

  • Berguna untuk Mengencerkan Darah

Selain untuk membersihkan saluran arteri, aspirin juga berfungsi untuk mengencerkan darah. Hal ini sangat membantu jantung dalam melakukan pemompaan darah, sehingga beban yang dihasilkan oleh jantung dalam memompa darah bisa sedikit lebih ringan dari pada biasanya. Tidak hanya itu, biasanya penderita penyakit jantung juga sering mengalami penggumpalan jantung di bagian-bagian tertentu. Anda tidak perlu khawatir lagi karena aspirin dapat mengatasi hal tersebut dengan cepat.

  • Menormalkan Detak Jantung yang Tidak Normal

Biasanya penderita penyakit jantung aritmia akan mengalami ketidaknormalan dalam proses perdetakan dan irama detak jantung. Hal ini sangat berbahaya karena detak dan irama orang yang menderita penyakit aritmia jantung terkadang akan sangat melemah, namun terkadang akan sangat kuat. Aspirin dapat membantu Anda dalam menormalkan detak jantung yang tidak normal akibat penyakit aritmia jantung yang sangat berbahaya. Baca juga: Detak Jantung Normal, Cara Mengobati Aritmia Jantung.

  • Meredakan Sakit yang Ditimbulkan oleh Serangan Jantung

Aspirin yang pada dasarnya merupakan obat peredam rasa sakit juga bisa meredamkan rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit serangan jantung. Serangan jantung tentu penyakit yang dapat membunuh dan mematikan manusia dengan sekejap. Hal ini tentu sangat berbahaya jika Anda tidak menanganinya dengan segera. Mengonsumsi aspirin pada saat serangan jantung, bisa menjadi pertolongan pertama bagi penderita serangan jantung yang sangat mematikan ini.

Sponsors Link

  • Dapat Menutup Kebocoran Jantung

Kebocoran jantung sering kali terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol. Tentu hal ini sangat berbahaya apabila diabaikan dan tidak ditangani dengan segera. Mengonsumsi aspirin dalam dosis yang tepat dapat membantu Anda dalam usaha untuk menyembuhkan penyakit kebocoran jantung yang Anda alami saat ini. Baca juga: Penyakit Jantung Bocor, Penyebab Jantung Bocor pada Bayi.

Dosis Aspirin untuk Jantung

Aspirin merupakan obat yang tergolong ke dalam kategori biru, dimana kategori ini hanya akan berbahaya selama pengonsumsiannya dalam dosis yang berlebihan. Tentu dosis yang digunakan dalam hal pengonsumsian aspirin berbeda-beda, tergantung umur dan kondisi sang pengguna. Salah dalam takaran dosis pada saat pegonsumsian maka akan berakibat fatal, karena selain memberikan dampak yang baik, aspirin juga memiliki sedikit efek samping yang cukup berbahaya.

Selain itu dosis aspirin yang dijual di apotik dan dibeli secara sembarangan atau tanpa resep dokter, memiliki dosis pengonsumsian yang berbeda dengan aspirin yang dibeli melalui resep dokter. Biasanya aspirin yang dibeli dengan resep dokter merupakan aspirin yang berada dalam bentuk tablet lepas berkala. Dimana tablet ini tidak langsung hancur sekalian, melainkan akan larut sedikit demi sedikit di dalam tubuh manusia, sehingga tercampur dengan sel darah agar dampaknya lebih efektif. Dosis yang aman pengonsumsian aspirin dalam bentuk tablet berkala ini adalah 300 sampai 900 miligram (mg).

Tentu hal ini perlu Anda konsultasikan ke dokter yang Anda percayai terlebih dahulu, karena tidak semua orang memiliki tingkat dosis yang sama. Anda harus memperhatikan hal ini secara seksama, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di masa yang akan mendatang.

Baca juga:

Sponsors Link

Efek Samping dan Kontra Indikasi Aspirin

Walaupun manfaat aspirin untuk jantung cukup banyak, namun Anda tetap harus memeriksakan diri dulu ke dokter atau rumah sakit terdekat di kota Anda untuk dapat mengonsumsi aspirin. Mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan, sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia terutama kesehatan jantung.

Baca juga:

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan efek samping dan kontra indikasi aspirin seperti di bawah ini:

  • Pada kondisi tertentu dapat terjadi pendarahan pada organ-organ dalam tubuh.
  • Aspirin berbahaya untuk anak-anak.
  • Aspirin berbahaya untuk ibu hamil.
  • Berbahaya untuk wanita yang sedang mengalami haid dan nifas.
  • Jangan dikonsumsi pada saat sedang menyusui, karena akan berakibat fatal bagi bayi yang sedang disusui.

Baca juga: Cara Mengobati Jantung Koroner, Cara Menguatkan Jantung.

Memiliki jantung yang sehat merupakan keinginan setiap orang, namun salah dalam perawatan dan pencegahan dapat memberikan hasil yang sebaliknya dari hasil yang Anda harapkan. Ada baiknya Anda mengonsultasikan terlebih dahulu kepada para ahli dalam hal pengonsumsian obat-obatan yang berhubungan langsung dengan jantung Anda. Dan jaga serta rawat jantung Anda selalu, sebagaimana Anda menjaga dan merawat diri Anda sendiri

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Medis