Sponsors Link

30 Menu Diet Jantung Sehat dan Makanan yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Menu diet untuk para pasien penyakit jantung sangat penting untuk diketahui untuk menjaga keseimbangan jumlah konsumsi makanan dan minuman para pasien penyakit jantung. Meski pasien penyakit jantung memiliki banyak pantangan makanan dan minuman, namun bukan berarti menu diet sehari-hari harus membosankan. Semakin lama semakin banyak menu diet yang sangat bervariasi dan juga memiliki rasa yang lezat bagi para penderita penyakit jantung. Pada artikel ini, Anda dapat mengetahui macam-macam menu yang mudah Anda dapatkan dan mudah disajikan sehari-hari serta baik untuk dikonsumsi oleh para penderita penyakit jantung.

ads

Baca juga:

Menu makanan dan minuman yang dimaksud, meski sangat rendah lemak & kolesterol serta rendah kandungan gula namun tetap dapat membuat Anda bersemangat untuk mengkonsumsinya karena rasanya yang sangat menggugah selera makan Anda. Tidak perlu khawatir untuk merasa bosan dalam mengkonsumsi menu diet sehat jantung, karena dengan menu makanan untuk diet jantung berikut ini Anda dapat berganti menu makanan setiap harinya. Berikut ini inspirasi menu diet makanan sehari-hari yang baik untuk jantung Anda.

Baca juga:

Menu Sarapan

Sarapan sangat baik dan sangat bermanfaat dalam menambah stamina dan energi Anda sebelum melakukan aktivitas sehari-sehari. Tubuh manusia tanpa mengkonsumsi sarapan, diibaratkan bagaikan sebuah mobil yang kehabisan bensin! Sarapan juga dapat memperbaiki dan memperkuat sistem imun pada tubuh, serta membuat fungsi kognitif pada tubuh seperti membuat memori yang lebih kuat dan lebih dapat berkonsentrasi dengan baik karena makan makanan pada saat sarapan. Berikut ini beberapa ide menu diet sarapan yang sangat baik bagi penyakit jantung:

  1. Telur goreng tebal dengan salmon dan sayuran.
  2. Menu sereal gandum seperti havermut/oatmeal yang dicampur dengan kacang-kacangan dan buah-buahan.
  3. Roti gandum dengan biji chia dan kacang almond.
  4. Keju cair atau yoghurt rendah lemak yang dicampur dengan blueberry.
  5. Apel dan sereal gandum yang dipanggang.
  6. Wafel atau pancake gandum dengan madu dan buah segar seperti strawberry.
  7. Roti gandum panggang dengan kayu manis sebagai pemanis alami.
  8. Bubur nasi merah atau bubur jagung.

Baca juga:

Menu Makan Siang

Makan siang sangat baik untuk menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap lancar dan aktif. Selain itu, makan siang juga dapat menghindari Anda dari kelelahan dan kehilangan konsentrasi. Idealnya, menu diet makan siang bagi penderita penyakit jantung harus tetap memperhatikan aspek-aspek penting seperti rendah lemak dan rendah gula, serta memperbanyak sayuran dan buah-buahan yang sangat penting dalam menjaga diet untuk kesehatan jantung. Berikut ini menu makan siang yang mudah dan sehat untuk jantung:

  1. Salad buah dan sayuran, dan jus wortel.
  2. Sup tomat asli dengan daging cincang dan roti gandum panggang , dan buah pepaya.
  3. Kentang rebus dengan keju cheddar dan brokoli, dan jus sirsak.
  4. Sup labu & wortel, dan ayam dan tomat panggang, dan jus semangka.
  5. Sayuran yang di kukus, dan sop ayam.
  6. Roti isi dengan telur setengah matang dan daging panggang yang rendah sodium.
  7. Vietnamese spring roll atau risol Vietnam isi udang rebus dan alpukat.

Baca juga: Makanan untuk Anak Sakit JantungMakanan untuk Penderita Aritmia Jantung.

Sponsors Link

Menu Makan Malam

Setelah aktivitas sehari-hari yang melelahkan, tentunya Anda membutuhkan makanan yang lezat dan mengenyangkan perut Anda pada saat makan malam. Namun untuk para penderita penyakit jantung tentu harus sangat selektif dalam memilih makanan yang tepat dan sehat untuk menjaga kesehatan jantung. Dan disisi lain, tentunya Anda menginginkan rasa makanan yang enak dan membangkitkan selera makan Anda. Jangan khawatir, karena Anda dapat dengan mudah memasak makanan-makanan simpel dibawah ini, dengan waktu memasak yang relatif singkat anda dapat memakan makanan yang lezat dan menyehatkan jantung Anda!

  1. Ayam tanpa kulit yang digoreng dengan minyak zaitun.
  2. Pizza dengan topping sayur-sayuran atau disebut juga dengan vegetarian pizza.
  3. Salmon panggang dengan kol mini dan kentang panggang.
  4. Sate ayam ala barbeque dengan kombinasi paprika dan nanas.
  5. Bistik ayam bumbu Italia.
  6. Pasta vegetarian.
  7. Ikan kod goreng dengan tumis kacang hijau.

Baca juga: Khasiat Bawang Putih untuk JantungManfaat Mengkudu untuk Jantung, Olahraga Penguat Jantung.

Menu Snack

Memiliki penyakit jantung bukan berarti harus menghentikan kebiasaan mengemil Anda terutama bagi Anda para penggemar snack atau kudapan, pastinya Anda ingin selalu makan makanan snack kapanpun Anda mau. Tidaklah dilarang termasuk bagi pasien jantung untuk menikmati makanan ringan atau snack, asalkan jenis snack tersebut adalah termasuk kategori makanan yang sehat dan porsinya tentu harus tetap dijaga dan diperhatikan. Berikut ini jenis snack yang sangat baik untuk dikombinasi pada menu diet jantung Anda:

  1. Buah-buahan segar terutama seperti apel dan pir.
  2. Jus buah-buahan.
  3. Popcorn gandum.
  4. Rice crackers.
  5. kacang-kacangan seperti kacang almond dan pistachio.
  6. Biji-bijian seperti biji chia dan kuaci.
  7. Yogurt rendah lemak.
  8. Buah kurma dan kismis.
  9. Salad buah dan sayur.

Baca juga:

Sponsors Link

Makanan yang Harus Dihindari

Tips utama untuk para pasien jantung dalam memilih menu dietnya adalah pemilihan makanan yang sealami mungkin yang diambil langsung dari alam sebagai menu prioritas pada menu diet jantung. Selain itu, para pasien jantung sangat disarankan untuk memakan makanan yang kaya akan nutrisi dan dimasak dengan cara yang juga sehat misalnya direbus dan dipanggang pada suhu yang tepat, atau digoreng dengan minyak yang sehat seperti minyak zaitun atau olive oil dan minyak tersebut tidak dipakai secara berkali-kali untuk menghindari kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang akan berdampak buruk bagi jantung.

Baca juga: Gaya Hidup Penderita Jantung KoronerGaya Hidup Jantung Sehat.

Adapun makanan yang harus sangat dihindari dan dapat merusak ritme diet sehat Anda, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Makanan kalengan, karena kandungan zat preservative dan sodium yang tinggi pada makanan kalengan akan dapat membuat kerusakan jantung.
  2. Frozen foods, meski sangat praktis dan cepat dan mudah untuk disajikan namun kandungan sodium dan lemak yang sangat tinggi serta zat pengawet yang sangat berbahaya tentu membuat makanan beku yang banyak dijual di pasaran seperti kentang goreng yang dibekukan, dan chicken nugget, sangat patut untuk dihindari demi menjaga kesehatan jantung Anda.
  3. Segala jenis makanan dan minuman cepat saji yang banyak mengandung lemak jenuh, kolesterol dan gula.
  4. Nasi Putih.
  5. Snack dalam kemasan seperti keripik kentang, dan minuman dalam kemasan terutama minuman bersoda.

Baca juga: Kebiasaan yang Merusak Jantung, Nutrisi untuk Jantung Bocor, Manfaat Vitamin E untuk Jantung.

Kunci sukses atau gagalnya program diet Anda, adalah kedisiplinan Anda dalam memilih makanan dan minuman untuk Anda makan. Motivasikan diri Anda untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat, dan mulailah untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak tinggi dan mengandung banyak gula dan mulailah secara kreatif mengkonsumsi substitusi makanan yang kurang baik untuk kesehatan jantung ke makanan yang lebih sehat bagi jantung Anda. Seperti yang Anda telah baca pada inspirasi menu diet jantung di artikel ini, sangat banyak menu yang lezat dan sehat untuk jantung Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan