Sponsors Link

13 Olahraga Untuk Kesehatan Jantung yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Berbagai macam jenis-jenis penyakit jantung saat ini membuat banyak masyarakat waspada akan penyakit tersebut. Penyakit jantung memang telah menjadi salah satu pembunuh nomor satu di Indonesia bahkan di dunia. Untuk itu banyak dari masyarakat kini sadar akan gaya hidup sehat dan pentingnya berolahraga untuk kesehatan jantung.

ads

Artikel kali ini akan membahas tentang apa saja olahraga untuk kesehatan jantung yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit tersebut menggerogoti tubuh anda. Olahraga tersebut dituturkan sebagai berikut :

  1. Senam

Senam menurut Wikipedia.com merupakan sebuah cabang olahraga yang melibatkan gerakan dan membutuhkan tenaga, kecepatan dan keseragaman gerak fisik yang teratur satu sama lainnya. Ada banyak contoh gerakan senam jantung sehat yang dapat dilakukan seperti senam lantai, palang tak seimbang, dan balok keseimbangan. Senam sangat penting untuk kelenturan tubuh, meningkatkan stamina, menurunkan berat badan, dan membantu menjaga kesehatan jantung. Namun, tentunya olahraga senam ini harus dilakukan secara benar dan teratur untuk mendapatkan kesehatan jasmani yang diinginkan.

  1. Berenang

Berenang merupakan salah satu cabang olahraga yang menggerakkan tubuh ketika di air. Dengan berenang berarti anda membantu menyehatkan jantung karena dengan berenang anda akan meningkatkan denyut jantung, air yang membasahi tubuh dapat memberikan resistensi multi-arah yang meningkatkan otot. Selain itu manfaat berenang lainnya adalah baik untuk kekuatan tulang dan kinerja organ lainnya, dimana semua anggota tubuh bergerak karena berenang sehingga jantung dapat memompa darah lebih kuat dan mengalirkan darah semakin lancar tanpa hambatan. Namun, berenang juga memiliki resiko, itulah kenapa seseorang harus melakukan pemanasan yang baik agar tidak kram saat di dalam air. Kondisi air yang kotor juga dapat menyebabkan mata terkena iritasi, maka dari itu anda harus menyiapkan perlengkapan renang untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi.

  1. Bersepeda

Bersepeda mungkin adalah sebuah kegiatan rekreasi atau menyenangkan yang dapat dilakukan setiap saat. Kegiatan ini pertama kali diperkenalkan pada abad ke-19 masehi. Bagi anda yang ingin melakukan kegiatan bersepeda ini untuk menyehatkan jantung maka anda dapat melakukannya minimal satu kali dalam seminggu di sekitar rumah anda sekitar 2 sampai 3 jam. Selain untuk menyehatkan jantung anda juga dapat mengencangkan otot. Manfaat lainnya adalah dapat merileksasikan sistem gerak pada syaraf anda, dengan begini aliran darah akan lebih lancar dan membuat pikiran anda lebih tenang dibandingkan sebelumnya. Irama jantung juga akan lebih stabil.

  1. Jalan cepat

Jalan cepat merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang berjalan gerak maju tanpa adanya hubungan yang terputus dengan tanah. Melakukan jalan cepat sangat berbeda dengan jalan biasa ataupun lari. Setiap melangkah, jalan cepat kaki harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Pada saat melangkah pun salah satu kaki harus masih menyentuh tanah dan posisinya tidak menekuk ataupun bengkok dimana tumit kaki harus mendarat lebih dulu ke tanah. Jalan cepat dapat membantu untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan juga pastinya jantung. Selain itu manfaat jalan cepat lainnya adalah untuk merangsang jaringan syaraf semakin kuat dan sinkron satu sama lain. Dengan berjalan cepat, dapat juga membantu mengurangi lemak yang berada di sekitar sendi.

Sponsors Link

  1. Lari

Lari merupakan salah satu olahraga tertua di dunia dan menjadi olahraga ringan untuk kesehatan jantung. Sejak kecil kita sudah terbiasa untuk sering melakukan olahraga lari. Olahraga ini juga menjadi lebih menantang ketimbang jalan cepat dan mudah dilakukan. Lari juga sepertinya telah menjadi olahraga yang dilakukan untuk membakar lemak tubuh bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Manfaat lari dapat anda lakukan untuk melatih jantung agar dapat memiliki kapasitas yang baik dan dipercaya dapat menurunkan atau meminimalisir serangan jantung di masa yang akan datang dan tentunya dapat mengalirkan darah scara lancar ke seluruh jaringan tubuh tanpa menemui hambatan.

  1. Latihan interval

Olahraga penguat jantung yang selanjutnya adalah latihan interval. Olahraga ini menjadi salah satu olahraga yang dapat mencegah penyakit jantung. Tak hanya jantung namun juga bagi penyakit diabetes, membantu menurunkan berat badan, serta meningkatkan kebugaran tubuh. Caranya adalah anda dapat menggabungkan latihan yang berintensitas tinggi dengan periode pemulihan aktif yang panjang. Contoh yang dapat anda terapkan adalah saat anda berjalan kaki dengan kecepatan yang normal (bukan jalan cepat) selama kurang lebih 3 menit lalu kemudian melangkah lebih cepat selama 1 menit. Hal ini dapat anda lakukan terus menerus, fungsinya adalah untuk menaikkan dan menurunkan detak jantung dan dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah, membakar lemak, dan membuat tubuh anda akan lebih efisien saat membuang lemak dan gula dari darah.

ads
  1. Menggerakkan seluruh tubuh

Tubuh yang bergerak merupakan sebuah keharusan, semakin banyak otot yang bergerak atau terlibat dalam suatu kegiatan maka jantung akan semakin keras untuk bekerja mengalirkan darah untuk mengimbangi. Hal ini tentu saja sangat bagus bagi tubuh yang menjadi kebal dan kuat secara otomatis. Ada banyak olahraga yang membuat semua anggota tubuh bergerak salah satunya adalah berenang yang telah disebutkan di atas, kegiatan mendayung, cross-country skiing, dan kegiatan interval yang membuat kekuatan tubuh akan semakin ideal.

  1. Latihan beban

Latihan beban ini merupakan salah satu bagian dari latihan interval. Olahraga ini akan meningkatkan jantung anda selama repetisi dan menurun saat pergantian set. Hal ini sebenarnya akan membuat tuntutan yang selama ini dirasakan oleh jantung akan diringankan oleh otot yang kuat dan telah dilatih beban berat. Gunakanlah beban berat yang dapat melibatkan banyak otot kemudian bangun keseimbangan tubuh.

  1. Latihan inti

Latihan inti atau pilastes ini merupakan metode olahraga yang dikembangkan oleh seseorang dari Jerman bernama Joseph Hubert Pilates di awal abada ke-20. Metode ini berfokus pada kelenturan dan fleksibilitas tubuh seseorang, juga dapat memperbaiki postur tubuh seseorang yang kurang sempurna. Selain itu kegiatan ini juga dapat membantu menyehatkan jantung. Bagi pemula memang pilates sangat sulit dilakukan walaupun terkesan ringan dan mudah. Walaupun tidak menyebabkan keringat dan memacu jantung namun rileksasi yang dilakukan saat melakukan pilates ini dapat membantu kesehatan organ tersebut.

  1. Yoga

Manfaat yoga untuk jantung adalah untuk menurunkan tekanan darah dan membuat pembuluh darah lebih elastic dibandingkan sebelumnya. Hal ini dapat membuat jantung menjadi lebih sehat. Walaupun secara optimal yoga memberikan ketenangan, namun hal ini akan berdampak baik pada jantung dimana aliran atau edaran darah semakin stabil membuat ritme jantung.

  1. Olahraga kombinasi

Melakukan kegiatan itu-itu saja secara terus menerus akan membuat anda bosan, begitupun saat berolahraga. Ada baiknya anda melakukan kombinasi berolahraga agar dapat merasakan kreatifitas berolahraga. Mulailah mengatur jadwal kegiatan olahraga yang mudah terlebih dahulu kemudian kombinasikan dua olahraga secara bersamaan secara teratur dan berbeda setiap harinya. Hal ini membantu menghilangkan rasa bosan dan menjaga kesehatan jantung lebih lama.

  1. Aerobic

Salah satu olahraga untuk aritmia jantung yang dapat diikuti adalah aerobic. Olahraga ini termasuk ke dalam cabang senam. Gerakannya memang cukup sulit dan butuh banyak tenaga serta fokus saat senam berlangsung namun olahraga ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Dengan aerobic yang memiliki banyak gerakan maka anda akan keluar banyak keringat dan membuat tubuh menjadi semakin sehat dan segar. Olahraga ini dinilai aman baik bagi orang sehat (tidak memiliki penyakit jantung) maupun penderita penyait jantung karena tidak memberi tekanan pada otot.

  1. Menari
Sponsors Link

Mungkin menari bukan merupakan olahraga, namun dengan menari anda dapat melakukan gerakan pada seluruh tubuh anda. Menari merupakan salah satu olahraga ringan yang dapat anda lakukan sendiri di rumah dan juga sebagai penghilang rasa bosan bagi anda yang melakukan olahraga sama secara terus menerus setiap hari. Selain mendapatkan kesehatan jantung anda juga dapat menghilangkan stress atau kebosanan, bukan? Lakukan saja gerakan menari dengan santai dan sesuaikan dengan kondisi tubuh. Pilih juga musik atau lagu yang anda sukai, gerakan yang sederhana sekalipun dapat membuat jantung anda berfungsi sebagaimana mestinya.

Itulah 13 jenis olahraga untuk kesehatan jantung yang dapat dilakukan oleh anda untuk mempertahankan kesehatan jantung. Olahraga tidak hanya harus pergi ke gym maupun membayar mahal. Hanya cukup melakukan beberapa olahraga di atas maka anda akan mendapatkan kesehatan badan yang cukup.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar olahraga yang anda lakukan memiliki manfaat, tidak hanya sekedar olahraga yang membuat tubuh lelah. Hal-hal seperti di bawah ini perlu anda perhatikan yaitu :

  1. Frekuensi latihan yang dilakukan. Olahraga yang baik seharusnya dilakukan sebanyak 3 sampai 5 kali dalam seminggu untuk menghasilkan hasil yang optimal.
  2. Intensitas atau tingkat kekuatan masing-masing orang akan berbeda tergantung jenis kelamin, umur, dan hal lainnya. Lakukanlah olahraga sesuai dengan intensitas tubuh yang menurut anda dapat anda lakukan dengan baik.Penambahan intensitas ini dapat anda lakukan bertahap semakin naik untuk menjaga kesiapan tubuh dan melakukan penyesuaian agar tubuh tidak kaget saat anda melakukan olahraga yang berat.
  3. Pilihlah tipe latihan atau olahraga yang bagus untuk jantung dan pilihlah yang sesuai dengan kondisi anda, ingat kondisi tubuh seseorang harus lebih diutamakan pada saat berolahraga.
  4. Waktu saat melakukan olahraga adalah sekitar 30 sampai 60 menit dimana 10 menit awal dan 10 menit akhir dilakukan untuk pemanasan dan pendinginan untuk mengkondisikan tubuh agar olahraga yang dilakukan dapat bermanfaat bagi tubuh.

Selain olahraga anda juga perlu untuk mengatur pola makan sehat. Tubuh yang sehat dan kuat tidak hanya tergantung dari olahraga dan seberapa banyak anda berolahraga setiap harinya namun juga perlu diatur pola makan yang sehat agar dapat memenuhi standar kesehatan dan tubuh yang ideal. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk menjaga kondisi jantung agar dapat selalu sehat dan kuat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga