10 Gejala Awal Penyakit Jantung yang Wajib Diwaspadai

Penyakit jantung. Siapa sih yang tidak tahu penyakit ini? Yup, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menjadi faktor penyebab kematian terbesar di Indonesia selain kanker, diabates, ataupun stroke. Bahkan sebuah data yang berasal dari sumber terpercaya, yaitu World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa pada tahun 2012 sebanyak 17,5 juta orang di dunia meninggal karena penyakit kardiovaskular dan hal ini berarti mencapai hingga 31 persen dari total jumlah 56,5 juta kematian yang ada di dunia. Bukan hanya itu saja, sebuah survei yang dilakukan di Indonesia pada tahun 2014 menunjukkan bahwa penyakit jantung koroner merupakan salah satu faktor penyebab kematian yang paling tinggi di Indonesia – lebih tepatnya sebanyak 12,9 persen.

Mengingat betapa seramnya penyakit jantung ini, kita perlu mengetahui sebenarnya apa saja sih gejala dari penyakit jantung. Kenapa hal yang satu ini menjadi hal yang penting ketika menyangkut suatu penyakit? Jawabannya tentu saja sangat mudah, mengetahui gejala dari suatu penyakit sangatlah dibutuhkan untuk segera mendapat penanganan yang tepat dan segera yang tentu saja menghindarkan penyakit tersebut semakin parah – lebih tepatnya terjadinya kematian pada seseorang.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa gejala awal penyakit jantung sehingga kita segera mendapat penanganan – dan diharapkan kondisi kita bisa membaik atau bahkan sembuh total. Nah apa saja ya gejala awal penyakit jantung ini? Daripada semakin penasaran, yuk kita simak yang satu ini!

1. Nyeri dada

Gejala awal penyakit jantung yang satu ini bukanlah suatu rahasia lagi – alias suatu hal yang sangat sering dikonsultasikan dan dicurigai seseorang mengalami penyakit jantung. Nyeri dada sendiri bukan hanya dialami penderita penyakit jantung, namun juga bisa dialami oleh orang yang mengalami kerusakan pada ototnya. Lalu bagaimana kita mengetahui betul jika nyeri dada yang kita alami ini merupakan gejala awal dari penyakit jantung?

Sensasi nyeri dada yang dialami penderita jantung ini biasanya seperti ditimpa benda berat, tertekan, adanya sensasi terbakar, dan sering kali penderita akan mengalami sesak nafas. Ciri lainnya dari nyeri dada yang dirasakan penderita jantung adalah rasa nyeri ini akan menjalar yang berarti bisa saja dari bahu akan menjalar ke bagian punggung ataupun leher. Berapa lama biasanya rasa nyeri ini berlangsung? Durasi dari rasa nyeri ini bervariasi alias tergantung tingkat keparahan dari penyakit jantung tersebut, dan biasanya nyeri dada akan berlangsung selama 20 menit dan bisa saja lebih dari itu.

2. Detak jantung yang tidak beraturan

Gejala awal penyakit jantung yang sering terjadi adalah detak jantung yang tidak beraturan alias impuls listrik pada jantung tidak bekerja dengan optimal. Pada orang normal, biasanya detak jantung akan menjadi tidak beraturan setelah melakukan aktivitas berat ataupun berolahraga, dan hal ini berbeda dengan penderita jantung di mana kondisi ini bisa terjadi kapan saja. Banyak penderita jantung yang menyepelekan gejala yang satu ini karena gejala ini tidak terjadi terus menerus dan sering kali berujung pada komplikasi penyakit lainnya karena tidak segera dilakukan penanganan.

3. Sakit kepala

Seperti yang kita tahu, seseorang yang mengalami sakit kepala merupakan suatu indikasi di mana ada sesuatu yang salah pada tubuh orang tersebut. Pada penderita jantung, sakit kepala merupakan salah satu penanda adanya bibit untuk muncul penyakit yang satu ini – lebih tepatnya ketika kita mengalami sakit kepala saat terpapar sinar matahari secara langsung. Bukan hanya itu saja, orang yang mengalami sakit kepala migrain juga cenderung mengalami penyakit jantung di kemudian harinya.

4. Kelelahan yang berlebih

Gejala awal penyakit jantung yang satu ini pastilah bukan suatu hal yang asing lagi untuk kita, seperti halnya kita mendengar tentang aritmia jantung sebagai gejala awal penyakit jantung. Kelelahan merupakan salah satu hal yang akan berakibat fatal meskipun kita dalam kondisi sehat karena hal ini berarti kita menggunakan tubuh kita melebihi batas dan dapat memicu timbulnya berbagai penyakit, seperti gangguan pencernaan, penurunan daya tubuh, maupun gangguan jantung.

Kondisi tubuh kita yang kelelahan akan menyebabkan kram otot dan kram jantung dan bisa berujung pada seseorang terkena serangan jantung. Seseorang yang kelelahan biasanya ditandai dengan nafasnya yang menjadi lebih cepat dan pendek-pendek di mana hal ini disebabkan karena tubuh memerlukan pasokan oksigen yang lebih banyak dan juga berarti jantung perlu bekerja lebih berat alias “ekstra”.

5. Pembengkakan pada tubuh

Siapa sangka jika pembengkakan pada tubuh bukan hanya diderita penyakit diabates dan kolesterol, namun juga bisa dialami oleh penderita penyakit jantung? Penderita jantung biasanya mengalami pembengkakan pada bagian kaki dan hal ini disebabkan oleh terjadinya pembekuan darah pada pembuluh darah di kaki sehingga aliran darah menuju jantung menjadi terhambat. Terganggunya kinerja tubuh yang satu  ini menyebabkan penumpukan darah pada bagian kaki dan berujung pada pembengkakan.

6. Rasa cemas berlebihan

Rasa cemas pada diri seseorang juga bisa menjadi sebuah gejala awal penyakit jantung. Kok bisa? Rasa cemas sendiri ini biasanya muncul setelah kita mengalami serangan jantung untuk pertama kali dan akan berkelanjutan seterusnya. Masyarakat sering kali sulit membedakan antara rasa cemas berlebihan pada penyakit jantung atau memang mereka mengalami penyakit kecemasan. Memang apa bedanya? Pada penderita jantung, rasa cemas ini cenderung disertai rasa sakit pada bagian dada yang semakin lama akan mengalami peningkatan dan bisa juga mengalami pelebaran hingga pada bagian punggung.

7. Keringat dingin

Pada umumnya, kita akan berkeringat setelah melakukan berbagai aktivitas yang cukup menguras tenaga ataupun ketika kita berada dalam cuaca yang cukup panas. Namun hal ini cukup berbeda pada penderita penyakit jantung, di mana kita akan banyak berkeringat bahkan berkeringat dingin meskipun kita tidak melakukan aktivitas yang berat ataupun ketika tubuh kita dalam kondisi beristirahat. Keringat dingin ini biasanya muncul pada bagian telapak tangan, ketiak, bawah lengan, maupun kaki dan biasanya disertai dengan rasa nyeri, pusing, tegang, mual, bahkan bisa menjadi muntah.

8. Sesak nafas

Gejala awal penyakit jantung berikutnya adalah sesak nafas, di mana hal yang satu ini sering kali dikaitkan dengan kondisi tubuh kita yang kelelahan. Namun, hal ini tidak selalu berlaku pada penderita jantung. Rasa sesak nafas ini akan seperti tubuh kita ditimpa benda berat dan akan menjalar ke berbagai bagian tubuh lainnya – bahkan bisa sampai rahang. Bukan hanya itu saja, sesak nafas ini juga biasa disertai dengan denyut jantung yang tidak normal dan bisa berlangsung selama beberapa menit.

9. Rasa mual

Rasa mual pada seseorang yang sedang sakit merupakan suatu hal yang biasa kita temui – begitu juga pada penderita penyakit jantung. Lalu apa yang membedakan rasa mual ini pada penderita penyakit jantung dengan berbagai penyakit lainnya? Pada penderita penyakit jantung, rasa mual dan muntah ini cenderung tidak akan berhenti sepanjang hari yang disertai dengan rasa lelah yang berlebih. Bukan hanya itu saja, rasa mual ini cenderung disertai rasa sakit pada dada maupun punggung.

10. Menurunnya nafsu makan

Gejala awal penyakit jantung yang terakhir adalah menurunnya nafsu makan. Yup, menurunnya nafsu makan pada seseorang ternyata bukan karena tidak berselera terhadap makanan yang disajikan namun juga bisa menjadi sebuah pertanda ada yang salah dengan kondisi tubuh kita. Sebuah penelitian yang dilakukan Medical University of Vienna di Austria menyatakan bahwa pasien gagal jantung banyak memproduksi hormon BNP dan hal ini akan membuat ginjal membuang air serta natrium lebih banyak yang berujung pada ukuran pembuluh darah yang membesar.

Nah itu tadi adalah beberapa gejala penyakit jantung awal yang harus kita ketahui dan waspadai sehingga penanganan yang diberikan pun tidak terlambat. Lalu apa sih cara yang paling tepat untuk mengatasi penyakit jantung ini? Caranya pun bermacam-macam, mulai dari tindakan medis hingga menggunakan berbagai bahan alternatif – yang berarti kita memanfaatkan berbagai bahan alami yang berada di sekitar kita. Wah sangat menarik bukan? Memangnya bahan alami apa saja yang bisa kita gunakan untuk mengatasi penyakit jantung ini? Nah daripada semakin penasaran, yuk kita simak yang satu ini!

• Mengkudu

Buah yang satu ini bukan lagi nama yang asing untuk kalangan penderita jantung. Yup, meskipun rasa dan aromanya tidak enak namun buah mengkudu sangatlah manjur untuk mengatasi penyakit jantung. Buah mengkudu ini mampu membantu tubuh dalam proses penyerapan lemak yang menimalisir risiko jantung bekerja terlalu keras. Lalu bagaimana cara mengolah buah mengkudu ini? Caranya pun sangat mudah yaitu kita hanya perlu mengolahnya menjadi jus dan bisa kita konsumsi setiap hari. Kita bisa menambahkan sedikit madu pada jus buah mengkudu ini untuk menghilangkan rasa aneh dan busuk dari buah ini.

• Kulit manggis

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah manggis? Yup, buah yang satu ini terkenal akan kelezatannya dan pastinya tidak lupa berbagai khasiatnya untuk kesehatan tubuh kita – dan salah satunya adalah untuk mengatasi penyakit jantung. Kulit manggis kaya akan kandungan Xamthone yang berfungsi untuk membersihkan plak yang terdapat pada pembuluh darah yang pastinya berfungsi untuk meminimalisir terjadinya penyumbatan. Bukan hanya itu saja, kulit manggis juga mengandung mangostin yang mampu menurunkan kadar LDL dalam tubuh sehingga tidak menimbulkan ateroklerosis.

• Daun sirsak

Bahan alami lainnya yang bisa kita gunakan untuk mengatasi penyakit jantung adalah daun sirsak. Lho kok bisa? Yup, daun sirsak memiliki banyak senyawa yang berguna untuk mengatasi penyakit jantung, seperti zat vasolidatorm annocatalin, annomuricin, dan lain-lain. Lalu bagaimana cara mengolah daun sirsak sebagai pengobatan penyakit jantung? Caranya pun sangat mudah, yaitu kita hanya membutuhkan 6-7 lembar daun sirsak dan direbus dengan air sekitar 300 ml dan setelahnya kita bisa mengonsumsi air daun sirsak ini sebanyak satu gelas tiap kali minum dan bisa kita lakukan sebanyak 2-3 kali tiap harinya.

Nah itu tadi adalah beberapa gejala awal penyakit jantung dan beberapa bahan alami yang  bisa kita gunakan untuk mengatasi penyakit jantung. Satu hal yang perlu kita ingat adalah untuk melakukan pola hidup yang sehat untuk meminimalisir timbulnya berbagai penyakit – khususnya penyakit jantung. Nah apa kalian masih menunda-nunda untuk memulai pola hidup yang sehat? Pastinya tidak bukan! Yuk kita mulai pola hidup yang sehat mulai dari sekarang.

, ,
Kategori : Pencegahan