Sponsors Link

6 Ciri Sesak Nafas Karena Jantung yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Penyakit jantung adalah penyakit yang cukup membahayakan dan bisa dibilang sebagai penyakit yang banyak membunuh manusia dalam diam. Gejala penyakit jantung ini memang tidak begitu kentara, sehingga butuh pemeriksaan lebih lanjut untuk dapat mengetahui gejala dari penyakit jantung itu. Tak hanya itu, beberapa gejala penyakit jantung bahkan bisa saja sama dengan gejala penyakit lainnya. Misalnya saja seperti sesak nafas, sesak nafas karena penyakit jantung dan sesak nafas karena penyakit maag ini bisa dibilang hampir sama sehingga banyak sekali orang yang tak bisa membedakannya. Karena cukup penting, hari ini kami akan memberikan informasinya kepada Anda mengenai ciri sesak nafas karena jantung. Bagaimana cirinya? Simak ulasannya di bawah ini!

ads
  1. Sering merasakan sesak nafas

Jika Anda merasa bingung membedakan mana sesak nafas karena penyakit jantung dan mana yang sesak nafas sungguhan maka Anda harus membaca ulasan kami kali ini. Karena sesak nafas karena maag atau dispepsia dan sesak nafas karena jantung itu memiliki ciri ciri yang hampir sama dan agak sulit dibedakan. Sehingga banyak sekali orang yang mengalami sesak nafas itu hanya mengabaikan saja karena mereka pikir itu maag dan ternyata itu adalah serangan jantung. Nah salah satu hal yang harus Anda ingat adalah.

Orang yang memiliki penyakit jantung itu juga bisa mengalami gejala sesak nafas ketika penyakit jantung mereka kambuh, terutama orang yang mengalami serangan jantung atau memiliki riwayat terkena serangan jantung. Mereka akan lebih sering merasakan sesak nafas ketimbang orang yang mengalami maag atau dispepsia. Frekuensi mereka mengalami sesak nafas itu akan menjadi lebih sering ketimbang sesak nafas biasa. Anda harus tahu informasi mengenai proses terjadinya edema pada gagal jantung.

  1. Sesak nafas yang muncul diiringi rasa sakit pada dada

Yang kedua, orang yang menderita penyakit atau masalah yang berhubungan dengan jantung biasanya mengalami sesak nafas yang dibarengi dengan rasa sakit atau nyeri pada dada mereka. Rasa sakit atau nyeri pada dada itu merupakan salah satu gejala umum dan pasti dari penderita penyakit jantung dan di dalam dunia medis kondisi tersebut disebut dengan angina.

Jika Anda mengalami sesak nafas kemudian disertai dengan rasa sakit pada dada yang terasa sangat berat seperti ditekan atau seperti ada yang menindih dada Anda maka waspada itu sesak nafas karena serangan jantung. Biasanya rasa sakit dada dari penderita jantung itu akan menyebar ke beberapa area seperti misalnya bahu, punggung, perut bagian atas atau abdomen, tenggorokan, lengan, dan juga bahkan bisa mencapai rahang. Karena hampir mirip seperti rasa sakit dipepsia maka Anda harus pandai membedakannya ya. Anda harus tahu informasi mengenai cara menghilangkan batuk karena sakit jantung.

  1. Munculnya keringat yang berlebihan

Ciri sesak nafas karena jantung yang selanjutnya adalah munculnya keringat yang berlebihan. Orang yang menderita penyakit jantung atau mengalami serangan jantung itu tiap kali mengalami sesak nafas akan merasakan sakit pada dada mereka dan juga muncul keringat yang berlebihan. Jika Anda mengalami gejala ini maka dipastikan Anda mengidap penyakit jantung. Mengapa orang yang mengalami penyakit jantung ketika sesak nafas bisa mengeluarkan banyak keringat berlebih?

Hal ini bisa terjadi karena jantung sedang berusaha keras untuk memompa darah menggunakan tenaga super ekstra. Jantung memompa dengan tenaga ekstra karena pembuluh darah tersumbat. Biasanya sesak nafas yang dialami oleh orang-orang yang menderita penyakit jantung itu disertai dengan munculnya keringat dingin yang berlebih atau kulit menjadi lebih lembab dan basah setelah mengalami sesak nafas. Harus waspada ya! Anda harus tahu informasi mengenai dampak stres terhadap jantung.

  1. Merasakan aritmia atau detak jantung tak normal

Gejala atau ciri keempat yang harus Anda perhatikan adalah merasakan aritmia jantung. Nah orang yang mengalami penyakit yang berhubungan dengan jantung biasanya akan mengalami sesak nafas disertai dengan kondisi aritmia atau jantung yang tidak normal. Jantung bisa saja melambat detaknya atau bahkan jantung bisa juga mengalami detak yang cepat dan tak karuan. Pada orang yang memiliki penyakit jantung, aritmia ini adalah salah satu kondisi yang lumrah dan cukup sering dialami. Dan juga, ciri yang keempat ini bisa menjadi pembeda sesak nafas jantung dengan penyakit yang lainnya ya. Karena aritmia atau detak jantung yang tidak normal ini tidak ditemukan di penderita dispepsia. Sehingga jika Anda merasakan sesak nafas yang dibarengi dengan detak jantung yang tak normal, maka bisa dipastikan Anda mengalami serangan jantung atau penyakit jantung yang lainnya.

Sponsors Link

  1. Mengalami masalah pencernaan juga

Tidak hanya itu saja, ciri sesak nafas pada penderita jantung ini biasanya juga dibarengi dengan munculnya masalah pencernaan sebelumnya. Gejala masalah pencernaan ringan ini seringkali dialami oleh banyak penderita serangan jantung. Gejala ringan itu misalnya saja merasakan sakit melilit di perut seperti maag, mual dan muntah, dan sembelit misalnya. Namun banyak sekali orang yang mengabaikan itu dan mengira jika yang mereka alami itu hanyalah masalah pencernaan biasa. Padahal yang mereka alami merupakan gejala masalah pencernaan ringan sebelum mengalami serangan jantung. Jadi jangan pernah mengabaikan gejala sekecil apapun, Anda harus bisa tanggap dan juga melakukan tindak pencegahan ya.

  1. Bisa berpengaruh ke gagal jantung

Di Indonesia sendiri, ribuan orang meninggal tiap tahunnya akibat serangan jantung. Anda tidak boleh mengabaikan gejala atau ciri-ciri yang Anda alami walau mungkin itu hanya masalah pencernaan sekalipun. Jika Anda merasakan sesak nafas yang dibarengi dengan beberapa ciri atau gejala yang sudah kami sebutkan di atas maka bisa jadi Anda mengalami sesak nafas akibat penyakit jantung dan harus segera mengkonsultasikannya ke dokter. Karena sesak nafas jika tidak segera ditangani maka bisa mengarah ke gagal jantung. Hal ini bisa terjadi karena jantung kita tidak mampu lagi memompa darah ke seluruh tubuh sehingga cairan itu masuk ke dalam paru-paru. Dan bahanya bisa mengancam jiwa kita jika Anda sampai mengalami gagal jantung.

Nah itu dia beberapa ciri sesak nafas karena jantung. Kami berharap Anda bisa memperhatikan beberapa ciri yang sudah kami sebutkan di atas tadi ya. Jika Anda mengalaminya maka jangan mengabaikannya ya! Karena penaykit jantung itu bisa mengancam nyawa kita, semoga artikel yang kami berikan kali ini bermanfaat dan berguna bagi Anda semua.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab