Penyebab Nyeri Dada Kiri Akibat Stress Dan Cara Mengatasinya

Dewasa ini stress sudah seperti menjadi suatu bagian dari kehidupan manusia. Setiap orang sulit untuk sekedar menghindar atau bahkan menolaknya. Seiring dengan jalannya hidup yang pasti dihampiri masalah-masalah. Mulai dari masalah ekonomi, termasuk masalah kenaikan bahan-bahn pokok, biaya anak sekolah, dan tagihan bulanan yang harus segera dibayar. Kemudian masalah lain mulai dari masalah rumah tangga, pengangguran, hingga masalah pekerjaan dikantor. Semua jenis masalah tersebut sangat mungkin menjadi penyebab seseorang mengalami stress. Tak hanya itu, penggunaan media elektronik dan handphone yang harusnya merupakan media hiburan dan komunikasi pun dapat menjadi sumber stress apabila anda tidak bisa menyikapi dan menggunakannya dengan baik.

Nyeri dada kiri memang selalu dihubungkan dengan keadaan organ yang memang berada pada dada bagian kiri, yaitu jantung. Nyeri dada kiri yang muncul pada saat stress memang bisa saja memiliki hubungan dengan jantung anda. Namun semua itu tergantung pada tingkat stress yang anda alami. Pada dasarnya tubuh manusia memiliki mekanisme yang sewaktu-waktu menimbulkan gejala-gejala seperti jantung berdebar-debar hingga terasa nyeri saat anda mengalami sesuatu yang menyebabkan tubuh anda mengaktifkan mekanisme tersebut.

Sebagai contoh, mungkin pada saat anda berjalan anda bertemu dengan seekor ular kobra anda merasa jantung anda berdetak cepat, nafas sesak, hingga keringat bercucuran, dan siap untuk lari menghindari ular tersebut, itu merupakan salah satu mekanisme tubuh pada saat tubuh anda merasa terancam karena adanya ular kobra di hadapan anda. Gejala-gejala tersebut juga termasuk stress, stress sementara lebih tepatnya.

Pada saat anda marah pun sama, anda akan mengalami gejala-gejala tersebut karena otak stress  anda memerintahkan tubuh anda untuk marah sehingga jantung pun ikut merasakan imbasnya. Sebenarnya gejala-gejala terebut adalah normal anda alami pada saat-saat seperti pada contoh. Namun apabila anda mengalami stress yang bukan sekedar seperti saat bertemu ular atau saat marah, anda perlu waspada karena itu bisa sangat membahayakan jantung anda.

Lalu jenis tress seperti apakah yang dapat menyebabkan nyeri dan juga mengancam anda? Jawabannya adalah stress kronis. Berdasarkan penelitian dari American Heart Association yang menyebutkan bahwa stress kronis atau stress berkelanjutan yang anda alami dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan perubahan hormonal pada tubuh anda. Perubahan hormon tersebut dimaksudkan pada peningkatan hormon seperti hormon stress, epinefrin, non epinefrin, dan kortisol dalam darah anda. Peningkatan hormon-hormon tersebut akan menyebabkan meingkatnya tekanan darah, selain itu jantung anda berdetak lebih cepat, hingga terasa nyeri pada dada bagian kiri anda disertai sesak napas, mual, dan juga pusing. Hal inimerupakan akibat dari terangsanya syaraf simpatik untuk aktif akibat peningkatan hormon-hormon yang sudah disebutkan sebelumnya.

Stress kronis akan berakibat sesuai dengan cara anda menyikapi stress tersebut. Faktanya stress kronis juga sampai berakibat pada gangguan pembuluh darah karena adanya peningkatan hormon yang akan memperburuk fungsi dari pembuluh darah. Gangguan tersebut bisa berupa peradangan, penggumpalan darah, dan juga penegerasan pembuluh darah atau aterosklerosis.

Rasa nyeri yang timbul pada dada bagian kiri dada karena stress juga dapat menjadi indikasi dari penyakit lain seperti penyakit asam lambung. Penyakit asam lambung juga akan menyebabkan seseorang mengalami rasa terbakar dan nyeri dada. Selain itu stress juga merupakan salah satu gangguan psikologis yang akan menyebabkan sesak napas, rasa tidak nyaman saat bernapas, dan juga gemetar.

Gangguan pernapasan akan menyebabkan jantung kekurangan kadar oksigen, hal ini dapat menyebabkan kontraksi otot dan juga kejang yang dapat pula menyebabkan dada kiri anda terasa sakit. Pemeriksaan oleh dokter diperlukan untuk mengetahui secara pasti apa dan penyakit mana yang sedang anda derita.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi stress yang dapat menimbulkan rasa nyeri yang berujung pada sejumlah penyakit berbahaya tersebut? Berikut adalah tips mengurangi stress yang bisa anda lakukan:

• Cobalah untuk melakukan kegiatan relaksasi seperti yoga, pijat relaksasi, dan meditasi. Kegiatan-kegiatan ini dipercaya dapat membantu mengurangi stress yang anda alami.
  • Lakukan olahraga secara teratur 20-30 menit setiap harinya. Olahraga juga dipercaya menguragi stress dan membuat badan menjadi lebih segar dan sehat.
  • Istirahat yang cukup juga perlu anda terapkan pada kehidupan anda sehari-hari. Seseorang sebenarnya membutuhkan 6-7 jam waktu untuk tidur. Pada saat tidur otak anda akan beristirahat dan juga mengurasi stress yang anda alami.

• Membuat perencanaan atas masalah-masalah pekerjaan yang menyebakan anda menjadi stress. Faktanya rencana memang penting untuk mengorganisir apa saja yang perlu dilakukan sehingga selesai pada waktunya dan menimilasir terjadinya stress karena masalah pekerjaan.
  • Luangkanlah waktu anda untuk sekedar mendapatkan liburan bersama keluarga atau teman-teman anda. Otak dan juga tubuh anda membutuhkan penyegaran setelah sekian lama diporsir untuk menjalani kehidupan. Maka dari itu liburan juga dapat mengurangi stress yang anda alami.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi stress yang anda alami. Stress memang membawa dampak buruk bagi kesehatan anda. Saat anda mengalami sakit yang berkelanjuan segeralah mengunjungi dokter untuk segera mendapatkan diagnosis dan perawatan.Rawatlah apa yang anda miliki, karena sebenarnya kesehatan adalah sesuatu yang sangat tak ternilai harganya.

, , ,