Sponsors Link

8 Pantangan Makanan Penyakit Jantung Koroner Wajib Dihindari

Sponsors Link

Bagi seseorang yang menderita penyakit jantung, tidak disarankan untuk mengkonsumsi beberapa makanan tertentu. Memang, penderita penyakit jantung harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari sumber makanan yang sehat yang dapat diperoleh dari sayuran dan juga buah-buahan. Akan tetapi, tidak sembarang makanan tersebut bisa dikonsumsi oleh penderita jantung. Jika dilanggar, maka akan mengakibatkan bertambah parahnya penyakit jantung itu sendiri.

ads

Jenis-jenis penyakit jantung ada banyak sekali. Salah satunya adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya kerusakan pada jantung. Pemicunya bisa bermacam-macam, mulai dari radikal bebas hingga kebiasaan yang buruk seperti merokok. Penderita jantung koroner juga termasuk orang yang harus membatasi makanannya. Berikut pantangan makanan penyakit jantung koroner!

1. Makanan yang tinggi kolesterol

Sudah jelas, salah satu penyebab datangnya penyakit jantung adalah karena kadar kolesterol yang tinggi. Oleh karena itu, sudah barang pasti ini adalah makanan yang tidak baik untuk jantung terutama bagi penderita jantung koroner. Makanan seperti ini bisa ditemukan pada daging kambing, daging bebek, jeroan, kuning telur, dan beberapa makanan lainnya. Makanan yang tinggi kadar kolesterolnya tidak hanya berbahaya bagi penderita jantung. Namun juga bisa menyebabkan datangnya gejala jantung dan stroke, sebab kolesterol yang menumpuk pada darah akan menyumbat aliran darah. Selain makanan di atas, penderita jantung koroner juga tidak disarankan untuk makan makanan olahan. Sebab di dalamnya banyak sekali bahan tambahan dengan takaran yang tinggi.

2. Makanan fast food

Zaman sekarang yang serba canggih dan juga tuntutan pekerjaan yang begitu padat, menjadikan kebanyakan orang lebih memilih untuk membeli makanan cepat saji. Alasannya tentu satu, simpel dan juga tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengolahnya. Padahal, di dalam makanan cepat saji banyak terkandung bahan pengawet, lemak trans, dan juga kadar gula yang cukup tinggi. Tentunya hal ini akan berdampak negatif bagi kesehatan jika dikonsumsi jangka panjang. Terutama bagi mereka yang menderita jantung koroner tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan ini.

3. Mie instant

Siapa yang tidak suka mie instant. Apalagi sekarang sudah banyak varian mie instant dengan berbagai rasa yang menggugah selera. Mie instant mengandung karbohidrat. Karbohidrat sendiri memang nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan energy. Namun, bagi penderita jantung koroner tak dianjurkan untuk mengkonsumsi mie instant. Sebab, mie termasuk ke dalam karbohidrat olahan.

Dalam makanan ini banyak sekali bahan campuran yang akan membahayan jantung seperti fruktosa, lemak trans, gula, dan lain sebagainya. Padahal, sebenarnya tubuh tidak bisa mencerna fruktosa. Apabila terjadi penumpukan di dalam tubuh, maka akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

4. Buah durian

Buah durian memang menyuguhkan citarasa yang luar biasa bagi penggemarnya. Akan tetapi buah ini bisa berefek buruk bagi penderita jantung seperti jantung koroner. Sebab, buah ini mengandung trigliserida yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Seperti yang kita ketahui bersama, kolesterol yang tinggi adalah penyumbang datangnya penyakit jantung. Sebab akan terjadi penyumbatan di pembuluh darah yang menghambat aliran darah.

Sponsors Link

5. Tape

Tape juga merupakan makanan yang mengandung trigliserida yang tinggi sama seperti buah durian. Makanan ini tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung koroner. Trigliserida merupakan lemak jahat yang dapat mengakibatkan tersumbatnya arteri pada jantung. Oleh karena itu, tape adalah pantangan bagi mereka yang mempunyai penyakit jantung, tak terkecuali penyakit jantung koroner.

6. Roti putih

Roti biasanya digunakan sebagai pengganti nasi untuk mendapatkan sumber karbohidrat sebagai penghasil tenaga. Roti sama halnya dengan mie instant, yaitu termasuk ke dalam makanan yang berkarbohidrat olahan. Makanan ini tentu tidak baik dikonsumsi oleh penderita jantung. Sebaiknya bagi penderita jantung mengkonsumsi makanan berkarbohidrat yang tanpa olahan campuran seperti mie dan juga roti.

Sponsors Link

7. Gorengan

Gorengan memang salah satu makanan yang sangat lezat. Terbukti penggemar gorengan tiada habisnya dari zaman ke zaman bahkan terjadi peningkatan. Gorengan seringkali dijadikan sebagai makanan camilan saat berkumpul bersama teman atau keluarga. Bahkan beberapa di antara kita pasti pernah mengkonsumsi gorengan untuk dijadikan sebagai lauk saat makan. Namun, makanan ini tidak disarankan bagi penderita jantung. Sebab, di dalam gorengan terdapat kandungan kolesterol yang tinggi sehingga membahayakan kesehatan jantung.

8. Hamburger

Makanan ini juga tidak disarankan untuk penderita jantung. Karena hamburger termasuk ke dalam makanan cepat saji yang mengandung banyak sekali bahan tambahan seperti pengawet, lemak trans, dan juga gula.

Itulah pantangan makanan penyakit jantung koroner yang harus diperhatikan dan dipraktekkan. Masih banyak lagi makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Untuk lebih jelasnya bisa menambah informasi dari dokter, internet, atau melalui buku. Anda juga bisa menerapkan menu diet jantung agar kesehatan jantung Anda tetap terjaga.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan