Sponsors Link

17 Sayuran Untuk Penderita Jantung yang Mudah Diolah

Sponsors Link

Penyakit jantung secara singkat diketahui sebagai salah satu pembunuh nomor 1 di dunia. Penyakit jantung terjadi saat pembuluh darah utama yang berfungsi untuk menyuplai atau memberikan darah ke jantung rusak atau tidak berfungsi secara tepat. Hal ini dapat terjadi karena banyaknya tumpukan kolesterol yang menyumbat dan membuat peradangan terjadi. Penumpukan kolesterol yang terjadi ini akan membuat pembuluh darah jantung tersumbat dan menghalangi proses penyumplaian darah bersih (beroksigen) ke seluruh tubuh.

ads

Terdapat beberapa jenis-jenis penyakit jantung yang harus di waspadai oleh semua orang, seperti :

  • Penyakit arteri koroner
  • Trachycardia
  • Penyakit otot jantung
  • Penyakit katup jantung
  • Bradikardi
  • Gagal jantung
  • Penyakit jantung bawaan
  • Gangguan serebrovaskular
  • Angina
  • Penyakit jantung rematik
  • Dan, aterosklerosis

Menjaga pola makan dan rajin berolahraga tentunya menjadi salah satu cara yang paling tepat untuk mencegah munculnya penyakit jantung. Pola makan yang sehat salah satunya adalah dengan memprioritaskan sayur dan buah dalam menu makanan sehari-hari. Terdapat 18 (delapan belas) jenis sayur dan buah yang dapat dikonsumsi sebagai pencegah penyakit jantung dan obat bagi penderitanya. Sayuran tersebut ialah :

  1. Jagung

Menurut tempo.co, sejumlah ilmuwan yang berasal dari Kanada dan Australia telah berhasil menumbuhkan genetik yang langka pada tanaman jagung. Penemuan ini dapat membantu untuk segi pengobatan yang lebih murah untuk pasien. Salah satu makanan pokok kedua setelah nasi di Indonesia ini memiliki manfaat yang penting bagi kesehatan. Jagung sendiri memiliki banyak serat untuk membantu meningkatkan pencernaan dalam tubuh. Serat ini juga mampu untuk mengontrol rasa lapar dan menurunkan berat badan. Sangat cocok bagi anda yang ingin menjaga berat badan atau sedang diet untuk menurunkan obesitas. Selain kaya akan serat, jagung juga memiliki kandungan vitamin C, niasin, dan asam folat. Nutrisi ini sangat membantu untuk mencegah penyakit jantung. Selain itu dengan mengkonsumsi jagung dapat juga menurunkan kolesterol dalam tubuh, sehingga membantu memulihkan kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah jantung.

  1. Kangkung

Tanaman dengan nama ilmiah Ipomoea Aquatica Forsk ini merupakan salah satu sayuran hijau yang dapat mencegah penyakit jantung. Di Indonesia sendiri, kangkung dapat ditemui di banyak tempat sehingga sangat mudah untuk menemukannya. Menurut seorang peneliti bernama Mark Houston, MD, MS, yang merupakan seorang professor klinik kedokteran di salah satu sekolah medis dan seorang direktur rumah sakit mengemukakan bahwa vitain C dan B6 dalam kangkung sangat baik untuk nutrisi jantung. Menurut studi yang mereka jalani, dengan mengkonsumsi sekitar 4069 mg potasium setiap hari memiliki resiko 49% lebih rendah dari kematian akibat penyakit jantung dengan mereka yang kurang mengkonsumsi kalium dibawah 1000 mg setiap hari. Penelitian dari National Health and Nutrition Examination Survey juga mengemukakan bahwa kurang dari 2% orang dewasa Amerika Serikat telah memenuhi rekomendasi sekitar 4059 mg kangkung. Untuk itu, mengkonsumsi kangkung sangat baik untuk mencegah resiko penyakit jantung.

  1. Bayam

Salah satu tanaman hijau yang dapat membantu mencegah penyakit jantung ialah bayam. Bayam sendiri mengandung antioksidan lutein, kombinasi vitamin A sebagai betakaroten, dan vitamin C. kandungan inilah yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu saat ini sudah ada perkembangan oleh para ilmuwan tentang khasiat bayam yang dapat menumbuhkan jantung manusia. Peneliti dari Worcester Polytechnic Institute memberi laporan bahwa daun bayam dapat dipakai sebagai kerangka. Menurut peneliti, jaringan vaskuler bayam sangat mirip seperti yang dimiliki jantung manusia. Jaringan vaskuler ini berfungsi untuk mengalirkan cairan dan nutrisi kebagian tumbuhan layaknya fungsi dari pembuluh darah jantung. Walaupun masih harus melalui banyak tahap namun, penelitian ini menjanjikan sehingga dapat membantu penderita untuk menerima donor jantung.

  1. Paprika

Paprika merupakan tanaman yang mirip dengan cabai, namun paprika tidak memiliki rasa pedas seperti cabai. Paprika sendiri masuk ke dalam jenis terong-terongan yang berasal dari Amerika Serikat yang akhirnya berkembang ke seluruh daerah tropis dan sub-tropis. Jenis paprika yang kaya akan serat adalah paprika hijau dan berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tidak hanya menurunkan kadar kolesterol, paprika hijau  juga dapat mengontrol kolesterl untuk tetap normal dan menimbulkan penyakit jantung. Flavonoid dalam kandungan paprika memiliki fungsi untuk mencegah penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi paprika secara rutin juga dapat menurunkan hipertensi dan menjaga tekanan darah untuk tetap normal.

  1. Kecambah

Makanan untuk penderita jantung koroner lainnya adalah kecambah atau tauge. Di Indonesia sendiri, tauge menjadi salah satu jenis tanaman yang mudah di temukan dan sering dijadikan pendamping sayuran yang diolah. Kecambah atau tauge merupakan tumbuhan hasil dari jenis biji-bijian yang baru berkembang. Kecambah merupakan salah satu tanaman yang memiliki kadar lemak yang rendah sehingga sering digunakan sebagai menu diet jantung sehat oleh sebagian masyarakat. Salah satu manfaat kecambah untuk menjaga kesehatan jantung ialah kecambah dapat menekan kadar lemak yang ada di dalam tubuh. Salah satu faktor penyakit jantung karena kadar lemak dalam darah yang terus meningkat. Dengan mengkonsumsi kecambah kadar lemak tersebut dapat dikontrol dengan baik. Kadar serat dalam kecambah juga baik untuk jantung.

  1. Brokoli

Penelitian dari Imperial College London mengemukakan bahwa memakan brokoli sedikitnya secangkir setiap hari dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung. Brokoli memiliki kandungan yang disebut sulforaphane yang telah terbukti dapat menghidupkan protein dalam tubuh dan mencegah terbentuknya plak dalam pembuluh darah. Brokoli juga kaya akan serat sehingga dapat menurunkan kolesterol jahat.

  1. Cabai hijau

Makanan yang menguatkan jantung lainnya adalah cabai hijau. Cabai hijau memliki capsaicin yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan metabolic dan menyehatkan jantung. Selain itu cabai hijau mengandung enam kali vitamin C yang lebih banyak daripada jeruk, vitamin A, B, E, dan kalium serta zat besi. Satu buah cabai hijau sendiri mengandung 18 kalori yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Cabai hijau juga bebas dari kolesterol serta lemak jenuh yang aman untuk dikonsusmsi dalam berbagai takaran. Banyaknya kandungan dalam cabai hijau membuat tanaman ini sangat cocok sebagai sayuran untuk penderita jantung yang dapat dikonsumsi.

  1. Labu siam

Labu siam diketahui memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan dan mengobati berbagai penyakit jika dikonsumsi secara rutin. Labu siam sendiri mengandung vitamin B3, B5, selenium, kalium, nutrium, saponin, tannin, dan alkaloid. Kandungan ini memiliki fungsinya masing-masing salah satunya kalium dan nutrium yang dapat menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, kandungan homosistein dalam tubuh dapat meningkatkan gejala penyakit jantung dan stroke namun dengan labu siam yang mengandung folat dapat mencegah penumpukan asam amino dan mencegah terjadinya serangan jantung.

  1. Bawang bombai

Bawang bombai juga dipercaya sebagai salah satu tanaman yang dapat mencegah penyakit jantung. Bawang bombai terbukti dapat mencegah penggumpalan trombosit sehingga mencegah pembekuan dalam pembuluh darah jantung. Menurut tribunnews.co tanaman dengan nama latin Allium Cepa Linnaeus ini memiliki kandungan protein, lemak nabati, karbohidrat, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, dan kalium. Vitamin dalam kandungan bawang bombai sendiri ada vitamin A, B1, B2, dan C. sebuah penelitian mengemukakan bahwa dengan setengah potong dari bawang bombai mampu menurunkan kadar kolesterol yang menjadi faktor munculnya penyakit jantung.

  1. Bawang putih

Khasiat bawang putih untuk jantung adalah menurunkan tekanan darah, tingkat kolesterol dalam tubuh, menguatkan kekebalan tubuh, dan memperbaiki siklus darah. Dalam bawang putih mengandung minyak atsiri yang memiliki sifat antioksidan dan dapat menangkal radikal bebas. Bawang putih juga dipercaya dapat mengurangi pengentalan darah dalam tubuh sehingga meningkatkan kesehatan jantung. Pemanfaatan bawang putih sebagai obat jantung ialah dengan campuran lemon.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung protein, karbohidrat, serat, gula, dan lemak yang terdiri dari asam lemak jenuh total, asam lemak tak jenuh tunggal, serta asam lemak tak jenuh ganda. Selain itu alpukat juga mengandung kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc. Vitamin yang terkandung dalam buah ini ada vitamin C, B6, A, E, dan K. Manfaat alpukat untuk jantung salah satunya adalah untuk mencegah penyakit jantung yang pernah dilakukan peneliti bernama Grundy pada tahun 1987 tentang terapi diet yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penderita yang mengkonsumsi asam lemak tak jenuh lebih minim terkena serangan jantung. Kandungan asam lemak tak jenuh dalam alpukat dipercaya dapat membantu mengurangi resiko tersebut.

  1. Nanas

Nanas merupakan tanaman yang berasal dari Brazil dan menyebar ke seluruh dunia. Buah yang memiliki fisik seperti sisik pada kulitnya ini dipercaya mengandung banyak manfaat. Nanas memiliki kandungan vitamin A dan C yang tinggi antioksidan. Khasiat nanas untuk jantung koroner telah dipercaya oleh banyak peneliti. Kandungan vitamin A dan C dalam buah nanas membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Nanas juga dipercaya sebagai obat untuk mengencerkan darah bagi penderita jantung.

Itulah 12 (dua belas) sayuran yang dapat dikonsumsi sebagai pencegah penyakit jantung dan obat bagi penderita jantung. Selain 12 (dua belas) tanaman di atas, terdapat beberapa jenis tanaman lain yang bisa dipakai sebagai obat, yaitu :

  1. Semangka
  2. Kubis
  3. Asparagus
  4. Wortel
  5. Swiss chard

Di atas adalah 17 (tujuh belas) tanaman yang bisa digunakan sebagai obat penderita jantung. Tanaman hijau seperti bayam dan kangkung yang mudah ditemukan di Indonesia ternyata memiiki banyak manfaat untuk tubuh. Tentunya mengkonsumsi makanan sehat juga perlu disertai dengan olahraga yang tepat. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan sebelum terserang penyakit jantung sejak dini dibandingkan harus mengobati penyakit. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan diri.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Makanan