Sponsors Link

13 Fungsi Jantung Berdasarkan Bagian-bagiannya

Sponsors Link

Menurut Wikipedia, jantung merupakan sebuah rongga atau organ rongga yang berotot dan memiliki fungsi untuk memompa darah dengan cara berkonstraksi secara berirama (konstan) secara terus menerus. Jantung sendiri merupakan otot tunggal yang memiliki lapisan endothelium. Organ ini memiliki ukuran sebesar 300 gram dan kira-kira sebesar kepalan tangan.

ads

Organ jantung ini merupakan organ yang paling memiliki peran penting dalam tubuh. Darah yang dipompa oleh jantung akan ditransfer ke seluruh tubuh yang diperlukan untuk kelangsungan organ lain. Tanpa adanya jantung, mustahil makhluk hidup dapat hidup dan beraktifitas normal.

Jantung manusia sendiri memiliki banyak fungsi, berikut ini kita akan membahas tentang 8 fungsi jantung manusia :

  1. Jantung memiliki fungsi untuk menerima darah bersih yang telah dioksigenisasikan dari paru-paru.
  2. Jantung berfungsi untuk menerima darah kotor dari seluruh tubuh.
  3. Jantung berfungsi untuk memompa darah bersih yang dioper dari paru-paru ke suluruh tubuh.
  4. Jantung berfungsi untuk memompa darah kotor ke paru-paru untuk proses oksigenisasi.
  5. Jantung berfungsi untuk membuang sisa metabolisme tubuh.
  6. Jantung berfungsi untuk mencegah darah kotor dengan darah bersih.
  7. Jantung berfungsi untuk mengirim nutrisi ke seluruh tubuh.
  8. Jantung berfungsi untuk mengukur jumlah tekanan darah yang dipompa. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menghitung detak jantung

Walaupun terlihat kecil karena diibaratkan sebesar kepalan tangan manusia, namun organ ini memiliki fungsi yang begitu besar. Setelah mengetahui fungsi jantung secara umum maka sebenarnya setiap bagian-bagian jantung juga memiliki fungsi dan manfaat tersendiri bagi tubuh. Berikut ini kita akan membahas fungsi jantung sesuai dengan bagian yang dimilikinya.

  1. Atrium atau serambi

Bagian jantung pertama yang akan dibahas adalah serambi atau atrium, Dimana bagian ini memiliki dua bagian yaitu kanan dan kiri. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

  • Serambi kanan, berfungsi untuk mengoper darah kotor yang masuk ke serambi kanan. Darah kotor yang dimaksudkan disini adalah darah yang tidak mengandung oksigen, setelah masuk ke dalam rongga serambi kanan maka darah tersebut dipompa ke bilik kanan.
  • Serambi kiri, fungsinya adalah menerima darah bersih yang berasal dari paru-paru. Darah bersih yang dimaksud adalah darah yang berisikan oksigen. Dari bagian inilah darah bersih tersebut dapat dialirkan ke seluruh tubuh.
  1. Ventrikel atau bilik

Fungsi dari serambi kanan dan kiri, tidak terlepas dari adanya bilik. Sama dengan serambi, bilik juga memiliki dua bagian yaitu kanan dan kiri yang memiliki fungsi yang berbeda pula.

  • Bilik kanan, berfungsi sebagai bagian yang bertanggungjawab untuk memompa darah kotor yang dioper dari serambi kanan ke paru-paru. Posisi bilik kanan ini berada tepat di bawah serambi kanan dan berdampingan dengan bilik kiri. Bila fungsi ini tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya, maka akan mengalami gagal jantung kanan.
  • Bilik kiri, bagian jantung yang paling tebal ini memiliki fungsi untuk memompa darah bersih yang diterima oleh serambi kiri dari jantung. Letaknya berada di bawah serambi kiri dan berdampingan dengan bilik kanan. Ketika jantung mulai berkontraksi, darah bersih dari jantung akan masuk ke serambi kiri kemudian dialirkan ke bilik kiri sebelum akhirnya dialirkan ke seluruh tubuh. Ketika tubuh mengalami hipertensi atau tekanan darah yang tinggi hal ini akan mempengaruhi otot bilik kiri. Bagian ini akan melebar dan mengeras, jika hal tersebut terjadi maka proses aliran darah ke seluruh tubuh akan terganggu.
  1. Aorta

Aorta meupakan salah satu bagian jantung yang merupakan arteri terbesar dalam tubuh. Arteri sendiri merupakan sebuah pembuluj yang membawa darah dari jantung. Aorta sendiri memiliki tiga lapisan dinding yaitu tunika adventitia, tunika media, dan tunika intima. Aorta sendiri memiliki dua fungsi, yaitu

Sponsors Link

  • Menyuplai darah bersih, darah bersih yang berasal dari paru-paru dioper ke serambi kiri dimana kembali dipompa ke bilik kiri. Dari bilik kiri inilah, darah dipompa kembali ke Aorta untuk disuplai ke seluruh tubuh.
  • Menjaga tekanan darah, fungsi dari tiga lapis dinding Aorta yang telah disebutkan adalah untuk membantu Aorta untuk merenggang dan mencegah tekanan yang diberikan oleh aliran darah yang terlalu besar.
  1. Katup aorta

Fungsi dari salah satu bagian jantung ini adalah untuk memisahkan vartikel kiri dengan bagian Aorta. Darah bersih yang akan dialirkan ke seluruh tubuh akan membuat Aorta terbuka lalu setelah selesai maka jalan Aorta yang tadi terbuka akan ditutup oleh katup ini. Jika katup tidak berfungsi dengan baik maka akan berakibat jantung bocor. Dimana jantung bocor akibat katup yang tidak bekerja dengan semestinya lebih banyak terjadi pada orang dewasa. Hal ini dapat diatasi dengan operasi jantung bocor.

  1. Katup trikuspidalis

Katup bagian ini memiliki fungsi untuk memisahkan vartikel bilik kanan dengan serambi kanan. Setidaknya ada 3 bagian yang dimiliki oleh katup trikuspidalis ini. Katup trikuspid, katup ini akan terbuka saat darah yang berisi sedikit oksigen mengalir ketika darah sudah terkumpul di serambi kanan. Saat ventikel berkontraksi atau yang disebut sebagai systole, maka katup ini akan tertutup. Hal ini terjadi agar darah yang berada di bilik kanan akan kembali ke serambi kanan.

ads
  1. Katup mitral

Katup mitral atau katup bicuspid ini memiliki fungsi untuk memisahkan bagian serambi kiri dengan serambi kiri. Katup ini akan menutup seletah bilik kiri berkontraksi karena mengalirkan darah ke Aorta. Kelainan katup mitral sendiri sering terjadi pada orang-orang, gejala ringannya adalah mudah lelah dan sesak nafas. Hal ini dapat diatas dengan operasi katup jantung mitral.

  1. Katup atrioventrikular

Katup ini memiliki dua bagian yaitu bagian atas dan bagian bawah. Katup ini sendiri memiliki fungsi untuk mengalirkan darah hanya pada serambi dan bilik baik pada bagian kanan maupun kiri. Fungsi dari katup jantung yang mengalami gangguan ternyata juga dapat membuat tubuh terganggu. Akibatnya jika katup jantung tidak berfungsi dengan baik maka seseorang tidak akan mudah melakukan aktifitasnya secara normal. Itulah kenapa diperlukan cara cek kesehatan jantung untuk lebih mengetahui kesehatan jantung.

  1. Arteri pulmonalis

Arteri ini merupakan salah satu dari dua arteri yang telah bercang dari batang paru-paru yang memilki fungsi untuk mengangkut atau mengoper darah kotor yang dipompakan oleh bilik kanan. Arteri ini memiliki dua bagian yaitu kanan dan kiri, dimana arteri kanan lebih panjang daripada bagian kiri. Jika fungsi kanan berfungsi mengoper darah kotor dari bilik kanan maka bagian kiri arteri pulmonalis ini berfungsi mengoper darah bersih ke serambi kiri.

  1. Vena kava superior

Menurut Wikipedia vena cava (pembuluh balik) vena utama yang memiliki fungsi untuk membawa darah kotor berisikan CO2 atau karbondioksida dari seluruh tubuh ke serambi kanan. Vena kava superior atau pembuluh balik besar sendiri merupakan salah satu bagian dari vena kava yang membawa darah kotor tersebut dari bagian atas tubuh seperti kepala dan kedua tangan.

  1. Vena pulmonalis

Vena ini adalah vena yang membawa darah bersih dari paru-paru ke serambi kiri. Fungsi dasar yang utama dari vena ini adalah mengangkut darah bersih atau yang sudah dioksigenisasikan dalam paru-paru. Vena ini merupakan salah satu bagian paling penting untuk mengedarkan darah, vena pulmonalis muncul dari paru-paru dan bercabang ke bagian vena paru baik kiri dan kanan. Sama dengan aterti pulmonalis, vena ini juga memiliki dua bagian kanan dan kiri.

  1. Vena kava inferior

Vena kava inferios atau pembuluh balik kecil merupakan bagian dari pembuluh balik utama dimana fungsinya adalah untuk mengalirkan darah kotor dari seluruh tubuh ke serambi kanan. Jika pembuluh balik besar mengumpulkan darah dari atas tubuh yaitu kepala dan kedua tangan, maka pembuluh balik kecil akan mengumpulkan darah kotor dari bagian bawah yaitu kedua kaki dan pinggang sehingga dapat dialirkan ke serambi kanan.

  1. Dinding jantung

Dinding jantung merupakan lapisan terluar yang melindungi organ tubuh utama ini. Dinding jatung terdiri dari tiga lapisan, yaitu :

  • Epikardium, merupakan lapisan paling luar dari jantung. Lapisan ini adalah lapisan jaringan ikat dan lemak yang berfungsi untuk tambangan perlindungan bagi jantung.
  • Miokardium, merupakan lapisan yang berada di tengah dari ketiga lapisan dinding jantung. Lapisan ini merupakan lapisan paling tebal berisikan sel-sel otot jantung.
  • Endokardium, lapisan ketiga ini terdiri dari sel-sel endotel yang halus dan memiliki permukaan yang elastis atau tidak kaku. Karena selain untuk melapis jantung, lapisan ini juga memiliki fungsi untuk mengumpulkan, memompa, dan mengatur kontraksi darah ke jantung.
  1. Pericardium

Bagian dari jantung terakhir ini merupakan bagian yang membungkus organ jantung. Bisa dikatakan pericardium ini merupakan bagian paling luar setelah dinding jantung. Fungsinya selain membungkus jantung, pericardium juga akan mempertahankan letak jantung dalam tubuh, menjaga fleksibilitas dari pergerakan jantung, memberi pelumasan, dan menahan pembesaran yang terjadi bila jantung dimasuki oleh darah diluar batas normalnya.

Sponsors Link

Itulah 13 fungsi jantung manusia berdasarkan bagian-bagiannya yang dapat anda ketahui, walaupun kecil jantung merupakan pusat kehidupan dimana seluruh organ bergantung dari asupan darah yang diberikan oleh jantung. Untuk itulah sangat penting bagi tubuh untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk kesehatan. Ada beberapa jenis makanan yang tidak baik untuk jantung salah satunya tentu saja adalah fast food atau makanan cepat saji.

Anda juga disarankan untuk melakukan olahraga seperti mengikuti gerakan senam jantung sehat secara rutin atau mencari tahu hubungan aktivitas fisik dengan kesehatan jantung yang baik dilakukan. Selain itu anda juga perlu untuk mengurangi gaya hidup seperti merokok dan minuman beralkohol. Istirahat yang cukup (tidak bergadang) juga merupakan salah satu cara terbaik agar terhindar dari berbagai macam penyakit jantung. Hidup yang sehat tentunya akan berdampak pada kondisi tubuh yang sehat pula. Semoga artikel ini dapat membantu bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut fungsi dari jantung. Tetap semangat!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Medis