Sponsors Link

3 Tanda Gagal Jantung Kronis Beserta Penanganannya

Sponsors Link

Penyakit jantung. Siapa sih yang tidak tahu tentang penyakit jantung? Yup penyakit yang satu ini merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok untuk siapa saja alias bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu dan tanpa diduga-duga bisa datang kapanpun. Penyakit jantung merupakan salah satu faktor penyebab kematian di Indonesia seperti halnya penyakit kolesterol ataupun stroke yang tiap tahun angkanya justru semakin tinggi dan hal ini berarti kita perlu semakin memperhatikan kondisi kesehatan kita karena sering kali kita melupakan pentingnya hal yang satu ini.

ads

Faktor apa saja sih yang menyebabkan timbulnya penyakit jantung? Sebenarnya adanya banyak pemicu timbulnya dari penyakit jantung ini, seperti faktor genetik yang pastinya sudah tidak bisa dihindari lagi ataupun karena pola hidup kita yang kurang sehat seperti masih sering merokok atau bahkan mengonsumsi alkohol – di mana kita tahu efek buruk yang kita dapatkan dari kedua hal ini sangatlah tidak baik dan dapat memicu timbulnya berbagai penyakit yang pastinya bukan hanya penyakit jantung. Bukan hanya itu saja, kurangnya beraktivitas alias berolahraga juga dapat memicu timbulnya penyakit jantung dan hal ini disebabkan adanya penumpukan lemak pada tubuh kita. Ketika kita sudah terserang penyakit jantung, kita bisa melakukan olahraga ringan untuk kesehatan jantung di mana kegiatan olahraga ini tidak terlalu berat untuk kondisi jantung kita dan pastinya aman untuk dilakukan.

Seperti yang kita tahu, jenis penyakit jantung sendiri bermacam-macam seperti penyakit jantung bawaan ataupun penyakit jantung bawaan. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu jenis penyakit jantung lainnya, yaitu gagal jantung, lebih tepatnya gagal jantung kronis. Memangnya apa sih yang dimaksud dengan gagal jantung kronis ini? Apa bedanya jenis penyakit jantung yang satu ini dengan jenis penyakit jantung lainnya? Nah daripada semakin penasaran tentang apa bedanya gagal jantung kronis ini dengan jenis penyakit jantung lainnya, yuk kita simak penjelasannya yang satu ini!

Gagal Jantung Kronis

Banyaknya istilah yang terdapat sekitar penyakit jantung sering kali membuat kita bingung membedakannya, dan apabila kita salah mengenalinya hal ini bisa berdampak fatal karena penanganan yang kita berikan pun bisa terlambat. Seperti yang kita tahu juga, ketika kita terlambat menangani penyakit jantung tentu saja dampaknya sangat fatal karena bisa berdampak pada bagian tubuh lainnya dan tentu saja dapat berujung pada kematian. Tentu saja kita tidak ingin hal ini terjadi bukan? Penyakit jantung kronis sendiri sering kali disamakan dengan gagal jantung akut, di mana sebenarnya kedua kondisi ini sangatlah berbeda.

Gagal jantung kronis sendiri adalah kondisi di mana pembuluh darah pada jantung tersumbat karena adanya penumpukan lemak yang melapisi dinding arteri dan hal ini menyebabkan darah tidak dapat mengalir dengan lancar yang tentu saja hal ini menyebabkan timbulnya gangguan pada tubuh kita. Kita juga bisa menyebutkan jika gagal jantung kronis ini adalah kondisi di mana jantung tidak dapat berfungsi seperti seharusnya alias tidak dapat memompa darah dengan normal dan hal ini sudah berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama dan kerusakan jantung telah mencapai tingkat yang cukup parah. Lalu cara penanganan apakah yang sebaiknya kita berikan ketika kita didiagnosis menderita penyakit jantung kronis ini?  Berikut adalah tanda atau gejala dari gagal jantung kronis yang sebaiknya kita ketahui sehingga kita bisa segera memberikan penanganan yang tepat:

  • Mengalami rasa lelah dan sesak nafas yang berlebih

Seperti yang kita tahu, mengalami sesak nafas ataupun cepat merasa lelah adalah salah satu gejala yang dimiliki oleh orang yang menderita penyakit jantung, tak terkecuali bagi mereka yang mengalami penyakit jantung kronis ini. Penderita penyakit jantung kronis ini sangat cepat merasa kelelahan meskipun tidak setelah melakukan aktivitas berat dan bahkan juga bisa merasa kelelahan meskipun dalam kondisi berbaring.

  • Terjadinya penahanan cairan

Berbeda dengan gejala penyakit jantung lainnya, pada penderita gagal jantung kronis cenderung akan terjadi penahanan cairan dalam tubuh. Memangnya apa sih yang dimaksud dengan penahanan cairan ini? Penahanan cairan sendiri merupakan keadaan di mana seperti terdapat suara air yang tersumbat dalam tubuh dan hal ini bisa diketahui atau terdengar melalui stetoskop. Ketika penderita gagal jantung kronis mengalami hal ini ada baiknya untuk mendapatkan perawatan secara rutin dengan harapan penyakit yang kita derita bisa berkurang alias kita semakin dekat dengan kata sembuh.

  • Pembengkakan pada bagian tubuh tertentu

Tanda yang satu ini biasanya juga terjadi pada mereka yang mengalami penyakit jantung dan tak terkecuali bagi mereka yang mengalami gagal jantung kronis ini. Terjadinya pembengkakan ini disebabkan karena aliran darah yang tersumbat pada bagian tubuh dan hal ini menyebabkan bagian tubuh lainnya juga tidak cukup mendapat asupan darah seperti yang diperlukannya pada kondisi normal. Semakin tersumbatnya aliran darah pada tubuh kita maka akan semakin banyak pula pembengkakan yang terjadi pada tubuh kita.

Nah itu tadi ada beberapa tanda dari gagal jantung kronis yang harus kita ketahui dan segera dilakukan penanganan agar penyakit ini tidak bertambah parah. Memangnya penanganan apa sih yang tepat untuk gagal jantung kronis ini? Terdapat dua penanganan yang biasanya dilakukan untuk gagal jantung kronis, yaitu:

Operasi yang satu ini merupakan salah satu jenis operasi yang bisa dilakukan ketika seseorang mengalami penyakit jantung yang cukup parah, seperti penyakit jantung koroner atau mengalami angina pectoris yang sudah memasuki pada tahap parah pula. Pada operasi ini, yang dokter lakukan adalah memanfaatkan pembuluh darah atau arteri dari bagian lainnya sehingga tidak ada lagi penyumbatan pada tubuh kita dan jantung memiliki pasokan darah yang cukup dan tentu saja kinerja jantung bisa optimal seperti sedia kala.

  • Transplantasi jantung

Transplantasi jantung adalah cara lainnya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi penyakit jantung kronis, di mana transpalantasi jantung sendiri merupakan prosedur kesehatan yang akan dilakukan jika semua pengobatan yang dilakukan sudah tidak memberikan hasil alias jantung tidak dapat bekerja dengan optimal seperti sedia kala. Transplantasi jantung sendiri bukanlah suatu proses yang mudah karena prosedur ini adalah mengganti jantung seseorang dengan jantung yang lebih baik sehingga kehidupan pasien lebih baik alias kinerja jantungnya bisa kembali optimal seperti sedia kala. Untuk menemukan pendonor jantung yang tepat pun bukan perkara mudah karena kondisi jantung pendonor harus benar-benar dalam kondisi yang baik dan masih banyak faktor lainnya yang harus dicocokkan, seperti golongan darah, antibodi, hingga kesamaan ukuran jantung.

Sponsors Link

Nah itu tadi adalah beberapa tanda gagal jantung kronis yang wajib kita ketahui beserta penangannya yang pastinya kita tidak akan bingung lagi tentang apa solusi yang tepat untuk mengatasi penyakit jantung yang satu ini. Kita juga bisa mengatasi penyakit jantung ini dengan memanfaatkan berbagai bahan alami, seperti dengan memanfaatkan alpukat untuk jantung ataupun dengan mengonsumsi susu penguat jantung dengan rutin. So, bukanlah hal yang sulit untuk tetap hidup sehat meskipun didiagnosa mengalami penyakit jantung bukan? Yuk kita mulai pola hidup yang sehat dari sekarang dan pastinya lebih menyayangi diri sendiri!

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Medis