Sponsors Link

4 Nutrisi untuk Penyakit Jantung Bawaan dan Pantangannya

Sponsors Link

Nutrisi dan gizi yang baik untuk penderita penyakit jantung bawaan sangat penting untuk diketahui, karena nutrisi dan gizi yang baik bagi orang yang tidak punya penyakit ini belum tentu baik atau bisa jadi berbeda bagi orang yang menderita kelainan jantung bawaan. Tahukah Anda bahwa kalori yang dikonsumsi penderita penyakit jantung bawaan sangat cepat habis karena terserap oleh kerja jantung dalam memompa darah, yang dalam hal ini karena jantung pada penderita penyakit ini bekerja lebih keras dalam memompa jantung dibandingkan orang lain yang tidak menderita penyakit ini.

ads

Baca juga:

Akibat kerja keras jantung yang menyerap kalori dan membutuhkan banyak energi tersebutlah, mengapa penderita penyakit jantung bawaan selalu merasa dan terlihat sangat lemah dan lemas, karena hampir seluruh energi yang ada bekerja kebanyakan hanya untuk organ tubuh jantung saja. Berikut ini beberapa nutrisi untuk penyakit jantung bawaan untuk memenuhi kebutuhan gizinya:

1. Makanan Berkalori Tinggi

Penderita penyakit jantung bawaan harus banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan kalori dan kandungan lainnya yang dapat membantu para penderita penyakit ini untuk memiliki kesehatan yang lebih baik dan stabil. Makanan berkalori untuk penderita penyakit jantung bawaan sebaiknya tetap dijaga agar sumber makanan berkalori tersebut tetap dari sumber-sumber makanan natural atau alami yang antara lain seperti dibawah ini:

  • Daging sapi
  • Daging ikan
  • Kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang mede
  • Coklat
  • Keju dari susu kambing

Makanan berkalori tinggi sangat baik untuk memperbaiki dan menambah imun tubuh serta efektif untuk membentuk energi dan menambah berat badan, dengan catatan bahwa Anda harus mengolahnya dengan baik dan tetap membatasi kuantitas konsumsi makanan berkalori agar tidak berlebihan. Baca juga: Nutrisi untuk Jantung Bocor.

2. Makanan yang Rendah Lemak

Penderita penyakit jantung bawaan biasanya juga memiliki gangguan pertumbuhan yaitu pertumbuhan yang lebih lambat dari orang lain yang dalam keadaan sehat atau normal, sehingga para penderita penyakit jantung bawaan biasanya memiliki berat badan yang sangat rendah dibandingkan berat badan kategori normal. Berbicara mengenai berat badan, Anda mungkin langsung berpikir tentang mengkonsumsi banyak lemak adalah hal yang baik bagi penderita penyakit jantung bawaan.

Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun tidak juga sangat benar, karena di satu sisi makanan berlemak adalah salah satu sumber kalori yang baik untuk penderita penyakit ini. Namun di sisi lain apabila terlalu banyak mengkonsumsi lemak tentunya akan juga merusak kesehatan jantung. Hal yang tepat apabila makan makanan berlemak namun dengan jumlah lemak yang seminimal mungkin, contohnya adalah susu rendah lemak dan yogurt rendah lemak. Namun demikian, sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak jenuh atau yang biasa disebut dengan saturated fats karena akan berakibat buruk pada jantung.

Baca juga: NCP Penyakit JantungMakanan Penguat Jantung Janin.

3. Makanan Mengandung Protein Nabati

Nutrisi untuk penyakit jantung bawaan selain makanan yang mengandung kalori, adalah makanan yang mengandung protein, terutama protein dari tumbuhan yang antara lainnya ada di dalam makanan-makanan dibawah ini:

  • Kacang kedelai alami atau organik
  • Tahu dan tempe
  • Kentang dan ubi rebus
  • Sayur Bayam
  • Jagung organik
  • Buah alpukat
  • Brokoli

Makanan berprotein seperti yang disebutkan diatas dapat berfungsi sebagai pengganti atau alternatif protein yang ada pada berbagai macam daging dan produk susu olahan seperti susu full cream, mentega, dan keju yang berasal dari susu sapi.

Sponsors Link

Baca juga: Makanan untuk Jantung RematikPantangan Makanan Jantung Rematik.

4. Makanan yang Mengandung Omega-3

Makanan lainnya yang mengandung nutrisi dan gizi yang baik untuk penderita penyakit jantung bawaan adalah makanan yang mengandung omega-3, yang terbukti dapat memelihara kesehatan jantung dengan sangat baik. Karena dapat berfungsi menurunkan kadar kolesterol di dalam darah sekaligus dapat menurunkan tingkat tekanan darah dan menstabilkan kadar gula dalam darah.

Manfaat omega-3 untuk jantung juga dapat mengontrol dan mengurangi jumlah plak yang ada pada dinding arteri sehingga membuat peredaran darah lebih lancar. Makanan yang mengandung Omega-3 antara lain adalah:

  • Ikan salmon
  • Ikan Sarden
  • Ikan Kembung
  • Ikan Kod
  • Ikan Tuna
  • Kacang Kenari
  • Ikan Teri
  • Kuning Telur

Contoh Menu Makanan

Berikut ini adalah ide sarapan yang baik untuk dimakan bagi penderita penyakit jantung bawaan:

  • Menu makan sarapan sereal yang terbuat dari gandum utuh, susu sapi rendah lemak, dan kurang lebih 10 mililiter minyak ikan kod.
  •  Sereal yang terbuat dari gandum utuh dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membuat gula darah lebih stabil, sehingga dapat mengurangi resiko serangan jantung.

Ide menu makan siang yang baik bagi penderita penyakit jantung bawaan: 1 ekor ikan salmon, kentang rebus, dan sayur bayam. Ditambah snack kacang almond atau kismis. Baca juga: Menu Diet Jantung.

Menu makan malam bagi penderita penyakit jantung bawaan antara lain seperti: Ayam yang digoreng dengan sedikit minyak sayur atau margarin yang rendah lemak, atau ayam panggang dengan brokoli yang telah dikukus, dan buah-buahan segar (tidak perlu di jus).

Baca juga: Buah untuk Jantung BerdebarBuah untuk Jantung Koroner.

Sponsors Link

Makanan yang Harus Dihindari

Nutrisi untuk penyakit jantung bawaan pada dasarnya adalah makanan-makanan alami yang mengandung kalori. Namun sebisa mungkin diolah atau dibuat sendiri di rumah agar terjaga dari pengawet makanan dan garam yang berlebihan yang biasanya terkandung di dalam makanan olahan yang banyak dijual di pasaran.

Selain itu makanan yang Anda beli diluar biasanya juga mengandung banyak lemak jenuh karena pemrosesan dalam memasak dimana makanan digoreng dengan minyak yang dipakai berkali-kali, makanan seperti ini sangat berbahaya bagi penderita penyakit jantung bawaan. Terutama garam apabila dikonsumsi lebih dari 2000 miligram setiap harinya, dapat menjadi sangat berbahaya bagi penderita penyakit jantung bawaan karena dapat meningkatkan resiko serangan jantung mendadak.

Baca juga: Gaya Hidup Jantung SehatKebiasaan yang Merusak Jantung.

Konsumsi garam berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah sehingga resiko serangan jantung menjadi tinggi terutama bagi para penderita penyakit jantung bawaan yang kondisi jantung nya dalam keadaan yang sangat sensitif. Perlu diketahui bahwa apabila tubuh kekurangan garam juga tidak baik bagi tubuh karena dapat menyebabkan kekurangan energi, lemahnya otot-otot, dan tubuh cepat lelah, oleh karena itu perhatikan konsumsi garam agar tetap seimbang.

Selain garam, Anda harus menghindari untuk mengkonsumsi hal-hal berikut ini:

  • Makanan yang mengandung gula
  • Makanan instan dan makanan cepat saji, karena mengandung banyak kolesterol contohnya seperti hamburger, french fries atau kentang goreng, dan ayam goreng cepat saji
  • Seafood
  • Isi perut hewan atau yang disebut juga dengan jeroan
  • Alkohol dan rokok

Baca juga: Olahraga Penguat JantungManfaat Yoga untuk Jantung.

Penderita penyakit jantung bawaan juga disarankan untuk berolahraga untuk menambah kesehatan tubuh, olahraga seperti berjalan kaki setiap hari selama 20 menit, yoga ringan, dan olahraga angkat beban (ringan) sangat cocok bagi penderita penyakit jantung bawaan.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Gizi