Sponsors Link

6 Gerakan Senam Jantung Sehat Beserta Videonya

Sponsors Link

Berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit sehari minimal 5 kali dalam seminggu sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda dapat melakukan berbagai jenis olahraga mulai dari bersepeda, berenang, hingga senam. Salah satu senam yang sangat dianjurkan untuk Anda lakukan adalah senam jantung sehat. Manfaat senam bagi jantung adalah agar kesehatan jantung tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit membahayakan.

ads

Selain menjaga nutrisi untuk jantung, menjaga kesehatan jantung juga bisa melalui senam jantung sehat ini. Sebab, jantung adalah organ vital yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup organ-organ yang ada di dalam tubuh agar berjalan sesuai dengan fungsinya. Anda bisa melakukan senam jantung sehat ini di rumah atau pun di kantor bersama dengan teman-teman Anda. Lalu, apa saja gerakan senam jantung sehat? Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda!

1. Pemanasan

Sebelum melakukan olahraga, sebaiknya Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Tujuan dari melakukan pemanasan ini adalah agar otot tidak kaget sehingga membuat cedera. Selain itu otot juga akan lebih siap dan lebih lentur saat digunakan untuk melakukan gerakan senam yang lainnya. Pemanasan biasanya dilakukan dengan ritme yang lambat. Karena memang senam tidak bisa langsung masuk ke gerakan dengan ketukan yang tinggi. Hal itu justru akan membuat kinerja jantung lebih berat dan malah akan berbahaya untuk kesehatan jantung Anda.

Beberapa gerakan pemanasan yang dapat Anda lakukan adalah memiringkan kepala ke sisi kanan dan kiri, menundukkannya, lalu mendongakkannya. Selain itu, lanjutkan dengan mengangkat kedua bahu, melakukan stretching pada pergelangan tangan dan jari-jari. Rentangkan tangan, putar badan, dan juga membungkukkan badan bisa juga Anda lakukan dalam gerakan pemanasan ini. Dan gerakan-gerakan pemanasan lainnya yang bisa Anda lihat di berbagai referensi.

2. Gerakan naik dan turun tangga

Gerakan pertama yang bisa Anda lakukan adalah gerakan naik dan turun tangga. Apalagi jika Anda saat ini sedang bekerja di perkantoran yang bertingkat, tentu terdapat anak tangga yang banyak yang bisa Anda gunakan sebagai media senam jantung sehat ini. Atau mungkin di rumah Anda kebetulan juga terdapat anak tangga karena rumah Anda berlantai 2. Gunakan fasilitas ini sebagai senam untuk menyehatkan jantung.

Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menaiki anak tangga sebanyak 5 buah, lalu kembali turun lagi. Lakukan setidaknya 15 menit. Gerakan ini sangat baik bagi Anda yang masih memiliki sendi lutut yang kuat. Selain melatih kesehatan jantung, gerakan ini juga sangat baik untuk melatih kesehatan sendi. Sebab, saat Anda naik dan turun tangga, beban Anda akan bertumpu pada kedua lutut yang Anda gunakan.

3. Menyilangkan kaki dan angkat tangan

Gerakan lain yang dapat Anda lakukan dalam senam ini adalah dengan menyilangkan kaki ke belakang disertai dengan mengangkat kedua tangan ke arah samping. Lakukan gerakan ini secara bergantian dengan durasi 2-5 menit. Meskipun simpel, tapi gerakan ini dapat membuat jantung Anda lebih sehat jika dilakukan secara teratur. Gerakan ini juga merupakan gerakan stretching yang dapat melemasan otot-otot kaki di sekitar perut, pinggul, lengan, dan juga paha. Gerakan ini tidak membutuhkan media apa pun. Anda hanya perlu berdiri di tempat yang datar.

  1. Jalan di tempat

Mungkin saat berolahraga, Anda sudah sering melakukan gerakan ini. Ya, gerakan ini ternyata berfungsi untuk menyehatkan jantung. Gerakan yang berirama akan membuat jantung bekerja lebih teratur. Tentu ini juga sangat baik sebagai olahraga untuk aritmia jantung. Jalan di tempat juga gerakan yang sangat mudah untuk dilakukan. Anda bisa melakukannya selama beberapa menit untuk meningkatkan fungsi jantung.

Sponsors Link

  1. Lari di tempat

Gerakan senam lain yang dapat Anda praktekkan adalah lari di tempat. Namun dalam senam untuk menjaga kesehatan jantung, sebaiknya Anda berlari dengan ritme yang tidak terlalu cepat. Sebab, target dari gerakan ini adalah sama dengan dengan jalan di tempat yaitu sebagai cara menenangkan jantung berdebar. Sehingga fungsi jantung akan lebih optimal. Jangan terlalu memaksakan diri jika selama melakukan gerakan ini Anda merasa lelah. Berhentilah sejenak dan lanjutkan dengan gerakan senam yang lain.

6. Mengangkat separuh lengan ke kanan dan kiri

Variasi gerakan lainnya adalah mengangkat separuh lengan ke kanan dan ke kiri. Gerakan ini bisa dipadukan dengan jalan di tempat. Tujuan dari gerakan ini adalah melemaskan otot dada yang kaku. Sebab, biasanya permalasahan pada jantung di awali dengan otot dada yang kurang elastis. Lakukan gerakan ini dalam beberapa menit

Gerakan senam jantung sehat sangat bervariasi dan merupakan salah satu gaya hidup jantung sehat. Seiring bertambahnya zaman, variasi gerakan akan selalu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat mencari alternative gerakan senam jantung sehat di majalah, buku, atau melalui link video di bawah ini:

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga