10 Cara Mencegah Jantung Rematik Paling Lengkap

Jantung merupakan hal yang sangat berharga bagi tubuh manusia. Mempunyai jantung yang sehat merupakan hal yang sangat berharga bagi setiap orang, agar terbebas dari berbagai penyakit. Jantung yang sehat merupakan tanda bahwa Anda merupakan orang yang menjalani pola hidup yang bersih, higienis dan sehat. Tentu hal ini akan membuat orang lain memandangi Anda dengan penuh rasa kagum.

Namun sayangnya kebanyakan orang hanya mengangankan saja dan tidak melakukan beberapa tindakan untuk menjalani gaya hidup jantung sehat, sehingga tanpa disadari orang yang tadinya berangan-angan untuk menjalani gaya hidup sehat malah menjadi penderita penyakit jantung rematik.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan Anda sedikit tips serta informasi yang cukup berguna tentang bagaimana cara mencegah jantung rematik. Penyakit jantung rematik merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh virus dan bakteri yang menyerang sistem pertahanan tubuh, yang dimulai dari sistem pernafasan. Gejala awal yang ditimbulkan adalah sesak nafas yang apabila diabaikan akan menimbulkan peradangan pada bagian tenggorokan.

Baca juga: Manfaat Vitamin E untuk Jantung.

Lakukan beberapa hal di bawah ini untuk mencegah Anda dari resiko terkena penyakit jantung rematik:

1. Rutin Membersihkan Tempat Tinggal

Tingkat kebersihan yang tidak baik merupakan faktor utama kebanyakan orang mengalami penyakit jantung rematik, apabila Anda ingin terbebas dan terhindar dari penyakit jantung rematik, sebaiknya Anda rajin dan rutin membersihkan tempat tinggal. Selain itu faktor lingkungan yang kumuh juga merupakan faktor penyebab penyakit jantung rematik ini dapat terjangkit dengan mudah. Kondisi lingkungan tempat tinggal yang kumuh merupakan akses yang cukup besar untuk bakteri menimbulkan penyakit jantung rematik pada Anda. Baca juga: Pencegahan Gagal Jantung Kongestif.

2. Membersihkan Kasur Sebelum Tidur

Kuman dan bakteri serta virus yang berada pada tempat tidur merupakan hal yang sangat berbahaya. Pasalnya kuman dan bakteri serta virus yang berada pada tempat tidur akan langsung masuk dan menyerang sistem pernafasan tubuh manusia pada saat sedang tertidur. Bisa jadi virus dan bakteri yang masuk dan menyerang sistem pernafasan tubuh manusia ini merupakan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit jantung rematik yang sangat berbahaya. Baca juga: Jantung Rematik Pada Anak.

3. Sering Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan hal yang sering dilakukan kebanyakan pasien jantung rematik untuk dapat menyembuhkan diri dari penyakit jantung yang satu ini. Namun perlu diketahui, berjalan kaki sebenarnya bukan merupakan proses penyembuhan ataupun pengobatan untuk penyakit jantung rematik. Berjalan kaki adalah proses pencegahan dari penyakit jantung rematik. Tentu hal ini sangat berbeda, namun tidak ada salahnya para penderita penyakit jantung rematik untuk sering berjalan kaki. Pencegahan biasanya dapat digunakan untuk proses pengobatan walaupun tidak memberikan hasil yang terlalu signifikan. Baca juga: Olahraga Penguat Jantung.

4. Sering Mengkonsumsi Air Mineral

Mengkonsumsi air mineral minimal 3 liter per hari dapat mencegah Anda tidak hanya dari penyakit jantung rematik, namun juga dari penyakit-penyakit lainnya juga. Mengkonsumsi air mineral minimal 3 liter sehari dapat membantu Anda dalam proses pembersihan diri dari berbagai virus dan bakteri yang sempat masuk ke tubuh Anda. Lakukan hal ini setiap hari agar Anda terhindar dari penyakit jantung rematik yang dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang tidak diinginkan. Baca juga: Jus untuk Jantung Koroner.

5. Makan Buah-buahan

Mengonsumsi buah buahan secara rutin dapat memberikan Anda dampak dan manfaat yang sangat banyak. Buah dapat memberikan Anda manfaat dalam hal menjaga kesehatan jantung, seperti buah mengkudu yang terbukti menurunkan tingkat kolesterol pada tubuh manusia. Mengonsumsi buah secara rutin dapat mencegah Anda dari penyakit jantung rematik yang tidak Anda inginkan. Ada baiknya Anda mengonsumsi dalam bentuk buah langsung atau mengolahnya dalam bentuk jus agar lebih mudah untuk dikonsumsi.