Sponsors Link

10 Cara Mencegah Jantung Rematik Paling Lengkap

Sponsors Link

Jantung merupakan hal yang sangat berharga bagi tubuh manusia. Mempunyai jantung yang sehat merupakan hal yang sangat berharga bagi setiap orang, agar terbebas dari berbagai penyakit. Jantung yang sehat merupakan tanda bahwa Anda merupakan orang yang menjalani pola hidup yang bersih, higienis dan sehat. Tentu hal ini akan membuat orang lain memandangi Anda dengan penuh rasa kagum.

ads

Namun sayangnya kebanyakan orang hanya mengangankan saja dan tidak melakukan beberapa tindakan untuk menjalani gaya hidup jantung sehat, sehingga tanpa disadari orang yang tadinya berangan-angan untuk menjalani gaya hidup sehat malah menjadi penderita penyakit jantung rematik.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan Anda sedikit tips serta informasi yang cukup berguna tentang bagaimana cara mencegah jantung rematik. Penyakit jantung rematik merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh virus dan bakteri yang menyerang sistem pertahanan tubuh, yang dimulai dari sistem pernafasan. Gejala awal yang ditimbulkan adalah sesak nafas yang apabila diabaikan akan menimbulkan peradangan pada bagian tenggorokan.

Baca juga: Manfaat Vitamin E untuk Jantung.

Lakukan beberapa hal di bawah ini untuk mencegah Anda dari resiko terkena penyakit jantung rematik:

1. Rutin Membersihkan Tempat Tinggal

Tingkat kebersihan yang tidak baik merupakan faktor utama kebanyakan orang mengalami penyakit jantung rematik, apabila Anda ingin terbebas dan terhindar dari penyakit jantung rematik, sebaiknya Anda rajin dan rutin membersihkan tempat tinggal. Selain itu faktor lingkungan yang kumuh juga merupakan faktor penyebab penyakit jantung rematik ini dapat terjangkit dengan mudah. Kondisi lingkungan tempat tinggal yang kumuh merupakan akses yang cukup besar untuk bakteri menimbulkan penyakit jantung rematik pada Anda. Baca juga: Pencegahan Gagal Jantung Kongestif.

2. Membersihkan Kasur Sebelum Tidur

Kuman dan bakteri serta virus yang berada pada tempat tidur merupakan hal yang sangat berbahaya. Pasalnya kuman dan bakteri serta virus yang berada pada tempat tidur akan langsung masuk dan menyerang sistem pernafasan tubuh manusia pada saat sedang tertidur. Bisa jadi virus dan bakteri yang masuk dan menyerang sistem pernafasan tubuh manusia ini merupakan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit jantung rematik yang sangat berbahaya. Baca juga: Jantung Rematik Pada Anak.

3. Sering Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan hal yang sering dilakukan kebanyakan pasien jantung rematik untuk dapat menyembuhkan diri dari penyakit jantung yang satu ini. Namun perlu diketahui, berjalan kaki sebenarnya bukan merupakan proses penyembuhan ataupun pengobatan untuk penyakit jantung rematik. Berjalan kaki adalah proses pencegahan dari penyakit jantung rematik. Tentu hal ini sangat berbeda, namun tidak ada salahnya para penderita penyakit jantung rematik untuk sering berjalan kaki. Pencegahan biasanya dapat digunakan untuk proses pengobatan walaupun tidak memberikan hasil yang terlalu signifikan. Baca juga: Olahraga Penguat Jantung.

4. Sering Mengkonsumsi Air Mineral

Mengkonsumsi air mineral minimal 3 liter per hari dapat mencegah Anda tidak hanya dari penyakit jantung rematik, namun juga dari penyakit-penyakit lainnya juga. Mengkonsumsi air mineral minimal 3 liter sehari dapat membantu Anda dalam proses pembersihan diri dari berbagai virus dan bakteri yang sempat masuk ke tubuh Anda. Lakukan hal ini setiap hari agar Anda terhindar dari penyakit jantung rematik yang dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang tidak diinginkan. Baca juga: Jus untuk Jantung Koroner.

Sponsors Link

5. Makan Buah-buahan

Mengonsumsi buah buahan secara rutin dapat memberikan Anda dampak dan manfaat yang sangat banyak. Buah dapat memberikan Anda manfaat dalam hal menjaga kesehatan jantung, seperti buah mengkudu yang terbukti menurunkan tingkat kolesterol pada tubuh manusia. Mengonsumsi buah secara rutin dapat mencegah Anda dari penyakit jantung rematik yang tidak Anda inginkan. Ada baiknya Anda mengonsumsi dalam bentuk buah langsung atau mengolahnya dalam bentuk jus agar lebih mudah untuk dikonsumsi.

Baca juga:

6. Menggunakan Masker saat di Jalan Raya

Menggunakan masker pada saat sedang berada di jalanan sangat membantu Anda dalam hal mencegah penyakit jantung rematik. Karena dengan menggunakan masker pada saat sedang berada di jalanan akan sangat membantu Anda dalam hal mencegah masuknya bakteri, debu dan asap yang tidak baik ke dalam tubuh Anda. Gunakan masker medis yang dijual di apotik terdekat di kota Anda. Namun ingat masker yang Anda gunakan hanya dapat digunakan sekali saja, karena apabila Anda menggunakannya lebih dari sekali akan memberikan dampak yang sebaliknya. Baca juga: Pantangan Makanan Jantung Rematik.

7. Mengonsumsi Sayur-sayuran

Tidak kalah pentingnya dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan, mengonsumsi sayur-sayuran terutama sayuran hijau juga sangat baik Anda lakukan dalam upaya mencegah diri dari penyakit jantung rematik. Anda dapat mengonsumsi sayur-sayuran seperti sayur bayam dan sayur daun ubi yang terbukti dapat menetralkan berbagai macam bakteri dalam tubuh Anda. Baca juga: Khasiat Bawang Putih untuk JantungMakanan untuk Jantung Rematik.

Sponsors Link

8. Mengonsumsi Susu Murni

Cara mencegah jantung rematik berikutnya adalah dengan mengonsumsi susu murni. Susu murni terbukti dapat membersihkan tubuh terutama paru-paru dari berbagai macam jenis bakteri dan virus yang sempat masuk ke dalam tubuh. Mengonsumsi susu murni minimal 1 kali sehari akan sangat membantu Anda dalam proses menjalani gaya hidup sehat dan guna terbebas dari penyakit jantung rematik yang sangat berbahaya. Baca juga: Jus untuk Jantung Bengkak.

9. Berhenti Minum Alkohol

Mengonsumsi alkohol merupakan hal yang sangat tidak baik dilakukan. Pada dasarnya alkohol digunakan para medis untuk proses operasi dan pembedahan manusia, bukan untuk dikonsumsi secara rutin. Mengonsumsi alkohol dapat membuat bakteri dan virus yang sempat masuk ke dalam tubuh Anda berkembang biak dengan cepat sehingga hal ini akan memberikan resiko untuk terkena penyakit jantung rematik. Baca juga: Kebiasaan yang Merusak Jantung.

10. Berhenti Merokok

Tidak kalah berbahayanya dengan mengonsumsi alkohol, merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan bagi Anda. Oleh sebab itu Anda harus berhenti merokok untuk jantung yang lebih sehat. Faktanya 30% penderita penyakit jantung rematik diakibatkan oleh merokok. Baca juga: Penyebab Enzim Jantung Meningkat.

Bagaimanapun mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Oleh sebab itu lakukan hal-hal di atas agar Anda terbebas dari berbagai penyakit jantung, terutama penyakit jantung rematik. Pola dan gaya hidup sehat merupakan suatu nilai yang baik dan positif bagi diri Anda dan bagi lingkungan di sekitar Anda, oleh sebab itu cintai jantung Anda sebagaimana Anda mencintai diri Anda sendiri.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan