Sponsors Link

Penyebab Iker Casillas Serangan Jantung Dan Proses Pengobatannya

Sponsors Link

Para pecinta sepak bola di seluruh dunia dikejutkan dengan berita serangan jantung kiper Iker Casillas. Menurut agen yang menangani pemain ini, Carlos Cutropia, Casillas terkena serangan jantung saat berlatih bersama klubnya FC Porto. Kejadian ini mengejutkan semua pihak karena serangan jantung pada atlit memang sangat jarang terjadi, terlebih dengan olahraga seperti sepak bola.

ads

Namun sekarang kondisi Casillas dinyatakan baik-baik saja dan jantungnya sudah berada dalam kondisi yang stabil. Dengan berita ini banyak orang yang tidak tahu mengapa serangan jantung terjadi dengan sangat cepat. Bahkan seperti pada Casillas, serangan jantung terjadi ketika tubuh sedang aktif. Agar Anda tidak penasaran maka kami akan menjelaskan mengenai penyebab Iker Cacsillas serangan jantung dan proses pengobatannya.

Mengapa Serangan Jantung Sangat Mendadak?

Masalah serangan jantung sering dikaitkan dengan adanya kondisi gagal jantung yang bisa menyebabkan kematian mendadak. Namun ternyata dua hal ini sangat berbeda termasuk dengan adanya serangan jantung dan serangan jantung mendadak.

Serangan jantung adalah kondisi ketika aliran darah yang menuju ke jantung akan tersumbat sehingga jantung tidak berfungsi normal. Sementara itu serangan jantung mendadak adalah kondisi ketika jantung tidak bisa berfungsi sehingga jantung benar-benar berhenti berdetak secara tidak terduga dan sangat cepat. Serangan jantung akan menyebabkan sirkulasi darah ke jantung berhenti secara mendadak. Sementara serangan jantung mendadak akan menghentikan aliran listrik ke jantung.

Penyebab dan Gejala Serangan Jantung

Masalah serangan jantung akan terjadi ketika bagian arteri sudah tersumbat oleh aliran darah sehingga darah yang mengandung oksigen tidak akan mencapai jantung. Ketika arteri dibuka kembali dengan cepat maka jantung akan bekerja normal. Ketika sumbatan pada arteri tidak disembuhkan maka jantung tidak berfungsi dan arteri mulai tidak normal. Akhirnya semakin lama perawatan yang dilakukan maka kemungkinan gagal semakin tinggi. Kondisi ini sering dipicu oleh dengan gejala seperti:

  1. Nyeri dada. Nyeri dada bisa terjadi karena aliran darah yang tidak normal pada jantung. Kondisi ini akan membuat jantung tidak bisa memompa darah dan tubuh mulai kekurangan oksigen. Namun pada tahap awal biasanya jantung masih berdetak meskipun sulit sehingga menyebabkan penderita merasakan aritmia jantung.
  2. Mulai sakit kepala dan migrain. Kemudian penderita akan merasakan sakit kepala atau migrain. Sakit kepala bisa terjadi dengan lambat sampai sangat menyakitkan. Hal ini bisa terjadi karena kurang oksigen atau darah dari jantung.
  3. Detak jantung tidak teratur. Saat jantung dipaksa untuk bekerja keras maka detak jantung menjadi tidak teratur. Kondisi ini bisa terjadi karena otot jantung yang semakin tebal sehingga akan terasa nyeri dada sampai ke belakang .
  4. Lelah. Karena serangan jantung maka biasanya tubuh juga akan merasa sangat lemah dan tidak nyaman. Kondisi ini bisa memicu masalah yang sangat serius dimana tubuh mulai kekurangan oksigen sampai penderita kehilangan kesadaran.

Penyebab dan Gejala Serangan Jantung Mendadak

Serangan jantung mendadak terjadi dengan sangat cepat bahkan ketika  baru saja pulih dari serangan jantung. Kondisi ini disebabkan karena secara tiba-tiba aliran listrik pada jantung tidak terjadi dengan normal. Akibatnya jantung tidak bisa memompa darah secara normal ke otak, paru-paru dan semua organ tubuh. Dampaknya dalam waktu beberapa detik saja penderita akan tidak sadar dan bisa kehilangan denyut nadi. Ini adalah salah satu masalah jantung yang serius karena bisa menyebabkan kematian. Meskipun ini terjadi mendadak namun masih menunjukkan beberapa gejala yang hampir sama seperti pada serangan jantung.  

Penyebab Serangan Jantung Mendadak

  1. HCM (Hypertrophic cardiomyopathy). Ini adalah sebuah kondisi ketika otot jantung mengalami penebalan yang akan membuat jantung tidak bisa memompa darah secara normal. Kondisi ini bisa terjadi pada usia dibawah 30 tahun. Kemungkinan masalah inilah yang menyerang Iker Casillas karena serangan jantung mendadak ini paling sering terjadi pada atlet.
  2. Masalah pembuluh darah koroner. Adanya kelainan pembuluh darah koroner bisa memicu penyakit jantung koroner namun kondisi ini sering menjadi penyakit jantung bawaan. Akibatnya aliran darah dari jantung ke semua organ dan sebaliknya akan mengalami gangguan.
  3. Peradangan pada jantung. Terjadinya peradangan atau miokarditis akut juga akan memicu masalah serangan jantung mendadak. Kondisi ini selalu diawali dengan detak jantung yang tidak teratur.

Hubungan Serangan Jantung dan Serangan Jantung Mendadak.

Serangan jantung mendadak biasanya terjadi setelah adanya serangan jantung. Bahkan kondisi ini sangat sering terjadi pada penderita serangan jantung yang masih menjalani masa pemulihan. Jadi jika dihubungkan bahwa serangan jantung akan memicu serangan jantung mendadak. Hal inilah yang bisa membuat jantung berhenti mendadak dan sering dianggap sebagai serangan jantung biasa. Tapi pada dasarnya semua kondisi ini akan diawali dengan gejala seperti gangguan irama jantung, tubuh lelah dan kurang oksigen.

Pengobatan

Apapun masalah yang terjadi pada jantung maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pertolongan darurat. Anda tidak bisa menunda perawatan karena kondisinya bisa memburuk hanya dalam hitungan detik saja. Karena itu ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu:

  1. Duduk dengan nyaman. Penderita harus duduk dengan bersandar sesuai dengan rasa kenyamanan. Hindari posisi berbaring karena posisi ini akan membuat pernafasan jadi lebih berat.
  2. Jangan minum air. Penderita sebaiknya juga tidak minum air karena air bisa berbahaya untuk jantung. Terlebih ketika penderita juga merasakan sesak sehingga bisa membuat jalan nafas menjadi lebih sulit lagi.
  3. Pertolongan medis. Pertolongan medis sangat diperlukan agar kondisi jantung bisa normal lagi. Dalam kasus Iker Casillas dokter melakukan operasi kateterisasi jantung. Sebuah alat yang sangat kecil akan dimasukkan lewat pembuluh darah sampai ke jantung. Zat pewarna kontras dan sinar rontgen diperlukan sehingga gambar jantung bisa jadi lebih jelas. Dokter akan menghilangkan sumbatan pada pembuluh darah jantung sehingga jantung bisa berfungsi normal lagi.

Itulah kabar mengenai penyebab Iker Cacsillas serangan jantung dan proses pengobatannya. Bahkan atlet yang sehat saja ternyata bisa terkena serangan jantung ya, jadi kita harus mulai menjaga kesehatan jantung dengan gaya hidup yang baik.

Sponsors Link
, ,



Oleh :
Kategori : Medis