Sponsors Link

7 Khasiat Jengkol Untuk Jantung Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Tumbuhan jengkol dengan nama latin Archidendron pauciflorum ini adalah salah satu spesies yang termasuk ke dalam keluarga polong-polongan. Jengkol ini berbentuk gepeng berbelit membentuk spiral, dan berwarna lembayung tua. Biji buah jengkol berkulit ari tipis dengan warna coklat mengkilap. Selain disebut dengan nama jengkol, spesies ini juga biasa disebut dengan nama dogfruit, ngapi nut, dan juga jering. Jengkol merupakan salah satu makanan yang cukup banyak disukai oleh masyarakat indonesia, namun cukup banyak juga masyarakat yang tidak menyukainya.

ads

Salah satu alasan mengapa banyak orang tidak menyukai jengkol adalah karena baunya. Ya, jengkol mempunyai bau yang tidak sedap. Namun siapa sangka dengan bau yang tidak sedap itu, jengkol tak hanya bisa dijadikan sebagai bahan makanan saja, jengkol juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh anda. Tapi syangnya belum banyak masyarakat yang tau akan manfaat si jengkol terhadap kesehatan. Mengapa bisa dikatakan seperti itu? Karena jengkol mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh, berikut khasiat jengkol untuk jantung:

  • Protein

Kandungan protein yang terdapat dalam jengkol bahkan melebihi kadar protein yang dikandung oleh kacang hijau dan  kedelai. Oleh karena itu, jengkol sangat baik untuk membentuk jaringan baru, karena jengkol memiliki kadar protein yang sangat tinggi

  • Karbohidrat

Jengkol juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup untuk membantu matabolisme tubuh anda.

  • Vitamin (Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B, dan Vitamin C)

Kandungan beragam vitamin yang terkandung di dalam jengkol juga menambah khasiat dari spesies ini sendiri. Beberapa vitamin untuk jantung lemah seperti vitamin A, B1,B2, dan juga C, ada di dalam si jengkol. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata kita, Vitamin B1, B2, dan C sebagai antioksidan juga sangat apik dalam membantu menangkal radikal bebas yang setiap hari mengancam tubuh kita.

  • Fosfor dan Kalsium

Kedua zat ini juga terkandung di dalam jengkol. Perlu anda ketahui bahwa kedua zat ini sangat baik untuk kesehatan tulang anda. Kedua zat ini dapat mencegah tulang anda didatangi penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Jadi konsumsi jengkol yang cukup dapat membantu memperkuat tulang anda dan mencegah anda terkena osteoporosis.

  • Zat besi

Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam jengkol akan sangat bermanfaat bagi anda penderita anemia. Zat besi juga sangat baik untuk pembentukan sel darah merah baru di dalam tubuh anda. Beberapa dari anda pasti tahu bahwa apabila tubuh kita kekurangan zat besi maka tubuh akan kekurangan suplai oksigen yang akan menghambat peredaran zat-zat makanan di dalam tubuh kita. Hal itu akan mengakibatkan tubuh mengalami 5L, lelah, lemah, letih, lesu, dan lunglai.

Sponsors Link

  • Asam Jengkolat

Asam ini bermanfaat bagi anda yang menderita diabetes, dan juga sebagai zat pencegah diabetes. seperti yang anda ketahui bahwa diabetes adalah kelebihan gula di dalam darah, penyakit ini juga secara langsung berhubungan dengan kesehatan jantung anda. Uniknya asam ini hanya bisa ditemukan di dalam jengkol, dan tak dikandung oleh tumbuhan ataupun spesies yang lain. Asam ini berupa kristal-kristal yang tak larut di dalam air. Karena bentuk tersebut asam ini disebut memiliki sifat diuretic. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan bagi penderita gangguan ginjal untuk mengkonsumsi jengkol. Hal ini karena diatakutkan ginjal tidak dapat menyaring asam tersebut dan akan berujung terhadap anyang-anyang (kencing terus menerus).

  • Mineral

kandungan mineral di dalam jengkol sangat ampuh mencegah penyempitan pembuluh darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi jengkol dapat mengurangi resiko penyakit jantung yang sama-sama kita ketahui bahwa penyakit jatung dapat disebabkan oleh peredearan darah yang tidak lancar dan juga penyempitan pembuluh darah.

  • Serat Tinggi

Bagi anda penderita sembelit atau susah BAB yang dikarekan oleh tubuh yang kekurangan serat, mungki  jengkol dapat anda jadikan alternatif makanan untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh anda. Ini dikarenakan jengkol mengandyng serat yang tinggi dan sangat baik untu kebaikan pencernaan anda.

Sponsors Link

  • Antioksidan untuk kesehatan jantung

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa jengkol mengandung antioksidan yang sangat tinggi, antioksidan inilah yang akan membuat jantung anda lebih sehat. Antioksidan berfungsi sebagai zat yang mencegah toksinatau racun masuk kedalam tubuh kita termasuk jantung. Mengingat jantung adalah salah satu organ utama penopang hidup kita, maka sangatkah penting untuk selalu menjaga kesehatan jantung lemah . Berkat perlindungan dari zat antioksidan di dalam jengkol, segala bentuk gangguan seperti penyumbatan, penggumpalan, dan juga penyempitan pembuluh darah yang bisa berakibat fatal bagi jantung akan terminimalisir. Aliran darah pun akan menjadi lebih lancar sehingga jantung dapat melakukan tugasnya secara lebih optimal.

Selain itu jengkol juga dipercaya dapat membantu menyembuhkanpenyakit jantung koroner karena beberapa zat yang dikandung oleh jengkol seperti yang telah disebutkan di atas, terutama asam jengkolat yang tidak dapat ditemukan selain di dalam jengkol.

Itulah beberapa ulasan khasiat jengkol untuk jantung untuk tubuh anda dan juga manfaat jengkol untuk jantung anda. Namun perlu anda ketahui bahwa walaupun jengkol mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tbuh nada, anda tetap harus membatasi konsumsi jengkol pada jkadar yang cukup atau tidak berlebihan. Hal itu karena jengkol juga akan menimbukan efek negatif yang ringan sampai berat seperti kejang otot, pirai, retensi urin, dan gagal ginjal akut.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan