Operasi Katup Jantung Mitral: Pengertian, Persiapan, Prosedur dan Biayanya

Merasa mudah lelah dan nafas sesak? Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Mungkin saja Anda mengalami kelainan katup mitral jantung. Selain itu, kelainan pada katup mitral merupakan kelainan jantung yang cukup sering terjadi.

Untuk diketahui, katup mitral menyambungkan antara atrium kiri dan ventrikel kiri jantung. Kelainan ini termasuk juga dengan mitral regurgitasi, yaitu berupa kebocoran pada katup mitral dan mitral stenosisi, yang berupa katup mitral yang menyempit. Kebocoran katup jantung mitral ini terjadi ketika jaringan penunjang katup terputus, atau karena faktor genetik. Sedangkan, katup mitral yang menyempit biasanya terjadi karena rematik jantung.

Baca juga:

Kebocoran pada katup mitral biasanya terjadi karena putusnya jaringan penunjang (chordae) katup atau karena penyakit degeneratif. Sedangkan penyempitan katup mitral paling sering diakibatkan karena proses infeksi rematik yang berlangsung lama. Katup mitral dapat mengalami pengapuran, infeksi, dan kerusakan pada jaringan kolagen yang rusak karena berbagai penyebab.

Pengertian Operasi Katup Jantung Mitral

Operasi katup jantung mitral pertama kali dilakukan pada 1960. Ini merupakan sebuah inovasi besar di dunia jantung, karena penanganan katup jantung mitral sebelumnya hanya coba ditangani dengan obat-obatan. Teknik mitral valve repair kemudian dimulai pada 1970-an.

Teknik pembedahan katup mitral yang kini paling sering digunakan untuk mengoreksi kelainan katup mitral, yaitu MV repair (memperbaiki katup) dan mengganti katup dengan katup buatan, baik secara mekanik maupun bioprosthesis. Masing-masing prosedur punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca juga: Operasi Cangkok JantungDampak Cangkok Jantung.

MVR perlu dilakukan kepada pasien yang katup mitralnya terlalu kaku, sehingga darah tidak bisa mengalir ke ventrikel kiri. Atau katup mitralnya terlalu longgar, sehingga darah yang mengalir keluar kembali ke atrium kiri dan masuk lagi ke jantung. MV repair menjadi pilihan yang paling populer, karena kelainan katup ini hanya perlu diperbaiki saja, tidak perlu diganti total.

Pilihan hanya mengganti katup kini dipilih, karena memiliki banyak keunggulan. Repair katup saat ini dipilih oleh mayoritas orang-orang yang mengalami kelainan katup jantung mitral. Berikut ini beberapa keunggulannya:

• Bentuk bilik kiri jantung yang tidak berubah.
  • Tidak perlu lama meminum obat pengencer darah, sehingga dapat terhindar dari komplikasi.
  • Risiko infeksi di jantung dapat berkurang.
  • Perbaikan katup jantung mitral lebih tahan lama.
  • Keuntungan dari memperbaiki daripada mengganti, selain angka kematian yang rendah, risiko mengalami stroke pun lebih rendah.

Baca juga: Efek Pasang Ring Jantung.

Pasien yang melakukan pasca mitral valve repair tidak memerlukan obat pengencer darah, dan dapat hidup normal seperti biasanya. Ini berbeda dengan katup yang diganti total, yang biasanya harus minum obat antikoagulan selama beberapa waktu. Lama minum obat antikoagulan dapat berbeda-beda, tergantung jenis katup jantung apa yang dipakai untuk mengganti katup mitral yang telah rusak tersebut.

Jika Anda memang diharuskan untuk mengganti katup mitral, maka ada dua yang bisa Anda pilih, yaitu katup jantung mitral mekanik dan biologis. Katup mekanik terbuat dari logam dan karbon pirolitik. Ia bisa bertahan permanen, jadi tidak perlu melakukan pergantian (kecuali rusak lagi). Jika Anda memilih katup mekanik, maka Anda harus minum obat antikoagulan seumur hidup. Ini untuk mencegah munculnya pembekuan darah.

Baca juga: Terapi Laser JantungTerapi Ablasi Jantung.

Jika Anda tidak mau terus menerus minum obat anti pembekuan darah, Anda bisa memilih menggunakan katup bioprostetik. Katup bioprostetik terbuat dari jaringan hewan, biasanya sapi atau babi. Pasien dengan katup bioprostetik tidak perlu minum obat antikoagulan terus menerus, tapi katup ini tidak permanen. Artinya ia perlu diganti lagi setelah 10 atau 15 tahun. Pemilihan jenis katup tergantung usia pasien, kondisi medis pasien, domisili pasien, dan kepatuhan pasien terhadap proses medis. Dokter akan memilihkan yang terbaik untuk Anda.

Persiapan Pasien Sebelum Melakukan Operasi

Operasi katup jantung mitral diperlukan kepada pasien yang mengalami regurgitasi atau penyempitan katup jantung mitral. Sebelumnya, Dokter perlu mengamati kondisi katup jantung Anda. Dan keputusan akan operasi katup jantung atau tidak, bergantung pada gejala dan hasil tes.

Biasanya yang dicari pada proses pemeriksaan fisik adalah bunyi atau irama jantung tambahan, atau biasa disebut dalam dunia kedokteran jantung sebagai murmur jantung. Bila penyakit katupnya sudah berlangsung lama, biasanya tanda-tanda ini mudah ditemukan. Setelahnya, dilakukan eksaminasi penunjang berupa fotograf toraks, EKG ,dan ekokardiografi. Pada foto toraks yang ingin dicari dokter adalah ukuran jantung yang abnormal/lebih besar, sebagai akibat penyempitan katup jantung mitral yang dialami oleh jantung.

Baca juga:

Demi memastikan kelainan katupnya, kemudian dilakukan eksaminasi echicardigraph. Pada pemeriksaan ini, dengan mudah dapat ditemukan apakah telah terjadi kebocoran atau penyempitan katup jantung mitral. Untuk pasien berumur lebih dari 40 tahun, biasanya dilakukan angiografi koroner. Ini untuk memastikan tidak terdapat komplikasi berupa penyakit jantung koroner. Eksaminasi ini penting, apalagi kalau terdapat perbedaan antara gambaran klinis dengan hasil pemeriksaan non-invasif. Angiografi bilik kiri dapat mendeteksi adanya katup jantung yang bocor serta tingkat keparahannya.

Baca juga: Penyebab Jantung Koroner.

Prosedur Operasi

Terdapat empat katup di jantung Anda, yang fungsinya layaknya pintu untuk mengontrol aliran darah keluar dan masuk. Masalah katup jantung mitral dapat terjadi akibat kelainan bawaan lahir, atau infeksi dan degenerasi. Katup yang terpengaruh dapat diperbaiki atau diganti melalui operasi katup jantung mitral.

Reparasi katup jantung mitral mencakup perbaikan katup yang rusak, dan sebisa mungkin tidak menggunakan bahan-bahan buatan. Namun, apabila semua upaya ternyata tidak berhasil untuk memperbaiki katup yang telah mengalami malfungsi, dokter bedah Anda akan menyarankan penggantian katup selama prosedur yang sama.

Baca juga: Cara Cek Kesehatan JantungEnzim Jantung dan Fungsinya.

Selama operasi dilakukan, dokter akan melakukan pengirisan ke bawah, hingga tengah dada dan tulang dada terpisahkan. Dokter bedah lalu akan menilai, apakah prosedur ini dilanjutkan, atau menggunakan alternatif lain berupa operasi lobang kunci yang lebih kecil.

Setelah pasien menyelesaikan perawatan dan pulang ke rumah, pasien masih harus dianjurkan melakukan kontrol rutin ke dokter. Tujuannya untuk memeriksakan kekentalan darah dan menyesuaikan dosis obat yang perlu diminum. Setelah proses ini selesai, biasanya pasien dapat beraktivitas kembali seperti biasa. Produktivitas dan kualitas hidup dapat meningkat.

Manfaat Operasi Katup Jantung Mitral

Jika katup yang rusak berhasil diperbaiki melalui operasi katup jantung, Anda akan mendapatkan manfaat berupa:

• Penurunan risiko infeksi.
  • Mengurangi keperluan pengencer darah.
  • Mengurangi risiko terkena stroke.
  • Menjaga kekuatan otot jantung.
  • Meningkatkan peluang bertahan hidup dalam jangka panjang.

Baca juga: Jus untuk Jantung TersumbatMakanan Pasca Pemasangan Ring Jantung.

Tingkat mortalitas (kematian) pasien yang menjalani operasi mitral di bawah 5%. Risiko akan bertambah bila pasien datang dalam keadaan lanjut. Pasca operasi, pasien akan dirawat di Intensive Care Unit (ICU) selama 1-2 hari. Setelah itu pasien akan dipindahkan di ruang rawat biasa. Rata-rata lama perawatan sekitar 7-10 hari. Perkiraan biaya operasi katup jantung mitral yaitu untuk memperbaiki biayanya Rp 15 juta, sedangkan untuk ganti katupnya berkisar antara Rp 30 juta.

, , , ,