Sponsors Link

Echo Jantung Bayi : Manfaat, Persiapan, Prosedur dan Biayanya

Sponsors Link

Kesehatan jantung merupakan kebutuhan bagi setiap manusia, banyak orang yang menginginkan kesehatan jantung pada dirinya, keluarga dan anaknya. Beberapa orang tua hanya memperhatikan kesehatan fisik luar anaknya saja, tanpa memperhatikan kesehatan organ dalam tubuh anaknya seperti jantung yang sangat berperan aktif dalam memberikan kehidupan yang normal kepada anaknya.

ads

Jantung yang sehat seharusnya hal utama yang harus diperhatikan orang tua terhadap kesehatan sang anak, apalagi anak yang masih dalam kategori bayi. Bayi sangat rentan terhadap berbagai penyakit jantung, khususnya penyakit kelainan jantung bawaan. Banyak orang tidak menyadari hal ini.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan Anda sedikit informasi mengenai pemeriksaan echo jantung kepada sang bayi, manfaat dan kegunaan pemeriksaan echo jantung kepada bayi, persiapan sebelum melakukan pemeriksaan echo jantung, prosedur pemeriksaan echo jantung, dan tentu saja harga atau biaya yang akan dibutuhkan untuk melakukan pemeriksaan echo jantung pada bayi.

Manfaat Echo Jantung Bayi

Pemeriksaan echo jantung atau dalam bahasa medis disebut dengan pemeriksaan echocardiogram, merupakan pemeriksaan jantung secara keseluruhan dengan melihat lansung aktivitas jantung menggunakan alat USG. Pemeriksaan echo ini sangat membantu sang dokter dalam menganalisa berbagai pemasalahan yang terjadi pada jantung bayi, sehingga dokter yang memeriksa bayi tersebut dapat membuat langkah yang tepat terhadap kesehatan jantung bayi Anda.

Baca juga: Detak Jantung NormalCara Cek Kesehatan Jantung.

Berikut ini beberapa manfaat dan kegunaan pemeriksaan echo jantung bayi:

  • Memeriksa secara keseluruhan aktivitas dan kondisi jantung bayi Anda.
  • Menilai dan menganalisa fungsi kerja seluruh organ jantung bayi Anda agar dokter dapat mengambil langkah yang tepat apabila terjadi sesuatu terhadap kesehatan jantung bayi Anda.
  • Untuk memeriksa apakah bayi Anda mengalami penyakit jantung bawaan, karena kebanyakan kasus bayi yang menderita jenis penyakit jantung bawaan baru ketahuan setelah menjalankan beberapa tes dan pemeriksaan, dan salah satunya adalah pemeriksaan echo jantung.
  • Untuk menganalisa dan membandingkan jantung bayi yang lahir dalam keadaan normal dan bayi dalam keadaan prematur, hal ini dilakukan untuk menganalisa keadaan jantung pada bayi.

Baca juga: Murmur Jantung pada Anak, Penyebab Murmur Jantung.

Persiapan Sebelum Menjalani Pemeriksaan Echo Jantung

Persiapan yang harus dilakukan sebelum memeriksakan jantung melalui pemeriksaan echo jantung biasanya adalah berpuasa selama kurang lebih enam jam untuk menghindari muntah pada saat tes dan menjaga diri untuk tidak memacu adrenalin sebelum tes dimulai. Ya tentu saja hal tersebut merupakan persiapan yang harus dilakukan orang dewasa atau anak-anak yang sudah berumur remaja.

Namun bagaimana persiapan yang harus dilakukan sang orang tua kepada sang bayi yang akan menjalani pemeriksaan echo jantung? Tentu hal yang harus dilakukan hampir serupa dengan yang dilakukan oleh orang dewasa, namun perhatikan batas-batas tertentu.

Baca juga: Makanan untuk Anak Sakit Jantung.

Persiapan yang harus dilakukan orang tua kepada bayi yang akan menjalani pemeriksaan echo jantung sebenarnya cukup sederhana yaitu cukup memberikan rasa nyaman. Lebih baik tidurkan sang bayi sebelum melakukan pemeriksaan echo jantung, guna menjaga irama detak jantung sang bayi.

Sponsors Link

Mengenai hal berpuasa selama 6 jam yang harus dilakukan orang dewasa sebelum memeriksakan diri melalui pemeriksaan echo jantung, Anda tidak perlu khawatir. Anda cukup memberikan asupan makanan yang sama seperti yang Anda berikan pada hari-hari biasanya. Namun Anda harus memperhatikan porsi yang Anda berikan, jangan sampai sang bayi terlalu kekenyangan, tentu hal ini untuk menghindari bayi muntah pada saat melakukan pemeriksaan echo jantung.

Tentu langkah yang lebih tepat adalah Anda mengkonsultasikan hal ini kepada dokter yang akan memeriksakan kesehatan jantung sang bayi agar tidak salah kaprah pada saat melakukan persiapan sebelum melakukan pemeriksaan echo jantung tersebut.

Baca juga:

Prosedur Pemeriksaan Echo Jantung pada Bayi

Prosedur yang dilakukan pada saat melakukan pemeriksaan echo jantung terhadap sang bayi sebenarnya sama dengan prosedur yang dilakukan terhadap orang dewasa pada saat melakukan pemeriksaan echo jantung. Biasanya bayi akan dipegang oleh orang tua sebelum melakukan tes. Pakaian yang dikenakan oleh sang bayi akan dilepaskan untuk dipasangi electrode.

Electrode yang dipasang berjumlahkan tiga buah yang fungsinya untuk mengontrol dan menampilkan kondisi jantung secara langsung ke layar monitor, sehingga dokter dapat menganalisa kondisi dan keadaan jantung sang buah hati. Tentu prosedur yang dilakukan ini juga didampingi oleh orang tua bayi, hal ini bertujuan untuk membuat bayi agar tetap tenang.

Namun ada saatnya ketika dokter harus sengaja membuat sang bayi menangis, tentu hal ini dengan sepengetahuan orang tua bayi. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melihat kondisi detak dan irama jantung sang bayi pada saat merasa tidak nyaman atau sedang dalam keadaan menangis.

Sponsors Link

Baca juga: CT Scan JantungMRI Scan JantungFungsi EKG Jantung.

Biaya Echo Jantung pada Bayi

Tentu kesehatan itu tidak dapat dibilang mahal, tapi juga tidak dapat dikatakan murah. Hal ini kembali kepada ekonomi masing-masing orang tua yang ingin memeriksakan bayinya. Menurut beberapa sumber yang dapat dipercaya, kisaran harga untuk memeriksakan echo jantung bayi diantara Rp 600.000 sampai 4 juta rupiah. Tentu kisaran harga tersebut dapat berubah-rubah, namun perlu Anda ketahui kisaran harga tersebut merupakan untuk sekali pemeriksaan. Artinya Anda harus membayar biaya lagi apabila ingin melakukan pemeriksaan echo jantung lagi terhadap bayi Anda.

Baca juga: Kebiasaan yang Merusak Jantung.

Kesehatan sang buah hati seharusnya menjadi prioritas utama bagi orang tua. Kesehatan jantung merupakan hal yang harus diperhatikan bersama, karena penyakit jantung tidak hanya menyerang golongan tertentu, namun juga menyerang banyak kalangan dan lapisan masyarakat tanpa pandang bulu.

Jantung yang sehat merupakan anugerah terbesar bagi orang-orang yang mengerti hal tersebut. Memiliki buah hati yang memiliki jantung yang sehat merupakan kebahagian tersendiri bagi orang tua yang mencintai anaknya. Oleh sebab itu jaga selalu kesehatan jantung bayi Anda agar terhindar dari segala penyakit.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Medis