Sponsors Link

6 Manfaat Kunyit untuk Jantung dan Cara Mengolahnya

Sponsors Link

Kunyit atau kunir merupakan tanaman palawija yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Kunyit akan lebih tumbuh subur di negara yang beriklim tropis, seperti Indonesia. Tidak heran jika banyak makanan khas Indonesia menggunakan kunyit sebagai bumbu memasak. Kunyit selain sebagai penyedap rasa pada makanan, juga mempunyai kandungan untuk pengobatan jantung.

ads

Zat yang terkandung pada tanaman kunyit sangat berkhasiat sebagai bahan pengobatan medis. Karena banyaknya manfaat dibidang pengobatan, tak heran banyak masyarakat yang membudidayakan tanaman kunyit. Tanaman yang bisa memberi warna kuning pada makanan ini tidak menimbulkan efek samping karena merupakan bahan alami.

Baca juga:

Kandungan Kunyit

Kunyit mengandung kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat-zat manfaat lainnya. Kandungan Zat:

  • Kurkumin: R1 = R2 = OCH3 10%
  • Demetoksikurkumin: R1 = OCH3, R2 = H 1% – 5% Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H
  • Minyak asiri/Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil )
  • Lemak 1-3%
  • Karbohidrat 3%
  • Protein 30%
  • Pati 8%
  • Vitamin C 45-55%
  • Garam-garam Mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium) sisanya

Baca juga: Penyakit Jantung KoronerObat Tradisional Jantung Koroner.

Kandungan tersebut biasa ditemukan pada kunyit kuning (umum). Berbeda dengan kunyit putih yang jarang dikenal orang ini. Kandungan dari kunyit putih antara lain:

  • Kurkuminoid (meliputi kurkumin, monedes metoksikurnin, desmetoksikurmin)
  • Minyak atsiri (keton, sesquterpen, turmeron, tumeon, zingiberen, sabinen, borneol, sineal monoterpen, alkohol)
  • Lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin
  • Selain itu juga kunyit putih mengandung mirsen kamper, metal farbinol, gom, garam-garam mineral (zat besi, posfor, kalsium, kalium)
  • Kunyit putih juga memiliki kandungan antilipid peroksida yang tersimpan di dalam lendirnya.

Baca juga: Cara Mengobati Jantung Koroner Secara Alami.

Manfaat Kunyit untuk Jantung

Tanaman ini sudah diterapkan di berbagai negara yang masih sangat percaya penggunaan obat tradisional. Sebut saja India dan Cina yang dikenal dengan penggunaan rempah-rempah untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Misalkan ada yang terluka, maka digunakan kunyit bubuk untuk menutup luka tersebut.

Baca juga: Cara Mengobati Aritmia Jantung.

Ekstra kunyit dipercaya mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan, khususnya jantung. Dengan berbagai penemuan tentang khasiat kunyit, memberikan harapan besar kepada pasien dengan kasus penyakit jantung tanpa pengobatan yang mahal dan risiko yang berlebihan. Berikut ini beberapa manfaat kunyit untuk jantung:

Sponsors Link

  1. Mampu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah Aterosklerosis atau penyumbatan arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.
  2. Menghambat oksidasi LDL atau kolesterol jahat yang menjadi penyebab utama penyumbatan pada saluran arteri atau pembuluh darah di jantung.
  3. Penumpukan kolesterol tersebut menimbulkan plak yang kemudian mengarah pada dinding saluran pembuluh darah jantung. Zat yang terkandung pada kunyit dapat mencegah penumpukan plak dan dapat mencegah penyebab penyakit lain yang menyerang jantung.
  4. Dapat membantu mencegah serangan jantung pada mereka yang telah menjalani operasi cangkok jantung. Selama operasi cangkok, otot jantung dapat rusak akibat kurangnya pasokan aliran darah sehingga dapat menyebabkan peningkatan risiko pasien mendapatkan serangan jantung.
  5. Temuan yang dipublikasikan dalam American Journal of Cardiology, mengindikasikan bahwa kurkumin, pigmen kuning pada kunyit, dapat meringankan risiko lebih parah ketika ditambahkan dengan terapi pengobatan tradisional.
  6. Pada beberapa penelitian mengenai manfaat jantung, dilakukan dengan riset beberapa hewan sebagai bahan uji coba. Seperti tikus dengan kasus pembesaran jantung (hypertrophy). Kunyit mampu mengurangi dan mencegah serta mengembalikan fungsi jantung seperti semula.

Tidak seperti pengobatan tradisional lainnya, ekstrak kunyit bekerja langsung pada lapisan sel dengan melindungi perkembangan kromosom berlebihan dan mencegah produksi protein yang berlebihan. Namun penggunaan kunyit juga mesti sesuai kebutuhan. Tidak lantas mengonsumsinya secara berlebihan. Takaran pas tersebut yang akan memberikan manfaat kepada penderita penyakit jantung secara maksimal.

Baca juga: Manfaat CoQ10 untuk Jantung.

Cara Mengolah Kunyit untuk Pengobatan Jantung

Konsumsi kunyit secara bertahap dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Orang terdahulu, nenek moyang sudah mengajarkan pemanfaaatan rempah-rempah di lingkungannya, termasuk kunyit. Mereka meracik ramuan dengan berbagai tumbuhan alam untuk metode pengobatan tanpa pengetahuan medis.

Baca juga:

Sponsors Link

Ilmu pengetahuan terhadap tumbuhan dari nenek moyang memang perlu diapresiasi hingga pada akhirnya banyak ilmuwan dunia meneliti manfaat berbagai rempah-rempah di Indonesia. Kunyit adalah salah satu tanaman yang sangat mengejutkan karena mempunyai kandungan zat yang sangat ampuh mengobati berbagai penyakit, bahkan jantung dan kanker sekaligus.

Lalu bagaimana cara mengolah kunyit untuk siap dikonsumsi sebagai obat herbal alami?

  • Cara Pertama

Cara meramu tanaman tersebut cukup mudah yaitu parut kunyit lalu beri sedikit air peras dan saring lalu biarkan mengendap, anda bisa meminum ramuan tersebut dengan dicampur sedikit madu dan gula jawa agar rasanya tidak terlalu pahit. Dapat juga merebus rimpang kunyit putih untuk diminum sarinya. Atau dapat juga diseduh dengan air panas. Jika ingin mengonsumsi dalam bentuk kapsul ekstraknya dapat didapatkan di toko-toko herbal.

  • Cara Kedua

Untuk lebih manjur bisa diolah dengan menambahkan beberapa bahan. Misalnya parut kunyit, lalu peras dan ambil airnya saja (ampasnya dibuang), masukkan air perasan kunyit ke dalam gelas. Tambahkan dua atau tiga butir kuning telur ayam kampung. Tambahkan juga 2 sendok makan madu. Lalu kocoklah ramuan herbal tersebut.
Ramuan herbal ini baik diminum setiap pagi sebanyak 1 gelas.

Baca juga: Menu Diet Jantung SehatNutrisi untuk Jantung Bocor.

Jika memang sudah terdeteksi penyakit jantung yang parah bisa menambah konsumsi kunyit hingga 3 kali dalam sehari. Jantung adalah organ vital manusia, jadi lindungi jantung kita dari berbagai penyakit. Dan cegah sedini mungkin dari segala bentuk serangan jantung.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan