Sponsors Link

8 Pantangan Penyakit Jantung Lemah Yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Jenis-jenis penyakit jantung beragam macamnya, banyak sekali orang yang mengalami penyakit atau masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung. Kali ini kami akan membahas informasi mengenai salah satu penyakit jantung yang seringkali diderita oleh masyarakat adalah jantung lemah. Penderita jantung lemah memang harus berhati-hati dan tidak boleh menyepelekannya. Ada beberapa hal yang harus sangat diperhatikan oleh penderita jantung lemah, maka dari itu kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai pantangan penyakit jantung lemah sehingga sebagai penderita Anda bisa menghindarinya. Apa saja pantangannya?

ads
  1. Beraktifitas terlalu berat

Seperti yang kita ketahui jika kondisi jantung lemah ini artinya jantung mudah lelah karna detak jantung yang lemah. Jika Anda adalah seorang penderita jantung lemah maka kami menyarankan supaya Anda jangan beraktifitas terlalu berat. Karena pada dasarnya orang yang menderita jantung lemah ini akan mudah lelah dan jantungnya berdebar jika melakukan aktifitas yang terlalu berat. Bahkan jika jantung lemah itu sudah menjadi semakin parah, ketika Anda tidak melakukan apapun jantung bisa berdebar dengan cepat sendirinya. Jadi hindari olahraga yang terlalu menguras tenaga / olahraga esktrim dan hindari aktifitas yang terlalu berat.

  1. Merokok

Seorang penderita jantung lemah maupun penyakit lainnya yang berhubungan  dengan jantung memiliki banyak sekali pantangan atau hal yang harus diperhatikan. Salah satu pantangan yang harus diperhatikan bagi Anda penderita jantung lemah adalah merokok. Jika Anda sudah didiagnosis oleh dokter terkena jantung lemah maka sebiaknya hindari merokok. Karena jika Anda masih memaksa untuk merokok maka jantung lemah Anda akan menjadi semakin parah.

Bahaya rokok bagi jantung, terutama yang sudah mengalami penyakit jantung bisa menyebabkan Anda mengalami kerusakan pada pembuluh darah, mengurangi kadar oksigen, dan juga membuat kerja jantung Anda menjadi semakin berat. Selain itu rokok dapat menyebabkan kerusakan pada organ paru-paru. Jadi sebaiknya mulai sekarang STOP merokok ya!

  1. Stress

Orang yang memiliki riwayat pentakit jantung lemah sebaiknya menjauhi rasa stress. Kami tahu mungkin saja terkadang Anda akan mengalami stress karena memikirkan penyakit Anda. Namun jika Anda sendiri stress, maka itu bisa menyebabkan debaran jantung yang lebih keras dan cepat, menyebabkan napas menjadi berat, dan sesak napas. Yang mana nantinya jantung lemah Anda akan menjadi semakin parah. Sebelum penyakit Anda semakin parah, maka kami menyarankan supaya Anda mengelola stress Anda dengan baik sehingga tidak sampai memperparah kondisi Anda.

  1. Makan-makanan dengan kadar garam yang tinggi

Makanan yang tidak baik untuk jantung lemah adalah makan-makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi. Bagi Anda yang suka makanan asin-asinan namun sudah terdiagnosis mengalami jantung lemah maka sebaiknya menghindari makanan asin mulai sekarang. Mungkin banyak dari Anda yang belum paham betul, tetapi garam itu bersifat menyerap kelebihan air di dalam tubuh kita. Hal tersebut yang menyebabkan jantung harus bekerja lebih ekstra daripada biasanya. Mengalami jantung lemah saja sudah berat, ditambah jantung harus bekerja lebih keras karena makan-makanan yang mengandung garam?

Oleh karena itu kami menyarankan supaya Anda menjauhi beberapa makanan yang mtasanya asin seperti misalnya keju, acar, minuman berenergi yang biasa kita beli di supermarket, daging olahan, dan masih banyak lagi. Mulai kurangilah juga pemberian garam ke dalam makanan Anda sehari-hari. Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan perasan jeruk lemon atau nipis yang membuat makanan jadi lebih asam.

Sponsors Link

  1. Makan makanan cepat saji

Pantangan yang selanjtunya dan harus Anda perhatikan sungguh-sungguh adalah dengan menghindari atau pantang makanan cepat saji. Makanan cepat saji atau yan sering kita sebut sebagai junk food itu memang enak dan praktis. Namun junk food itu menggunakan banyak sekali garam sebagai perasa makanannya. Dalam artian junk food itu mengandung garam yang cukup tinggi.

Jika Anda tidak ingin jantung lemah Anda semakin parah maka mulai sekarang hindarilah junk food, selain bisa memperparah kondisi Anda. Junk food ini juga bisa menyebabkan beberapa resiko penyakit yang berhubungan dengan jantung lainnya seperti misalnya obesitas, stroke, dan serangan jantung. Duh berbahaya sekali bukan?

  1. Badan yang terlalu gemuk

Hal yang harusnya mejadi pantangan yang selanjutya adalah badan yang terlalu gemuk atau obesitas. Jika Anda mengalami jantung lemah dan memiliki badan yang tambun, maka kami menyarankan Anda untuk menurunkan berat badan Anda. Karena badan yang terlalu gemuk bisa membuat jantung Anda bekerja lebih berat dan ekstra ketimbang orang dengan badan yang normal. Selain itu badan yang terlalu gemuk juga tidaklah ideal karena bisa menyebabkan Anda mengalami serangan jantung dan bahkan stroke. Jika Anda berbadan gemuk, maka mulai sekarang kurangilah berat badan Anda secara perlahan dengan menu diet jantung yang sehat, sebelumnya Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya.

Sponsors Link

  1. Makanan yang mengandung alkohol

Seorang penderita jantung lemah juga harus menghindari beberapa makanan yang mengandung alkohol secara alami karena itu tidak baik bagi jantung lemah mereka. Beberapa makanan yang mengandung alkohol dan harus kalian jauhi adalah tape dan juga durian. Kedua makanan itu sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak dan kalau bisa dijauhi ya.

  1. Minum-minuman keras

Jika tadi makanan, Anda juga harus pantang terhadap minuman keras atau minuman yang mengandung alkohol. Bagi Anda yang mengalami jantung lemah, minum-minuman keras yang mengandung alkohol malah bisa membuat jantung Anda semakin parah dan lemah. Sebaiknya konsumsi buah-buahan saja dan juga sayuran. Buah yang bisa Anda konsumsi adalah buah seperti misalnya buah nanas, semangka, jeruk. Untuk sayur Anda bisa mengkonsumsi kangkung, bayam, dan juga paprika.

Nah itulah beberapa pantangan penyakit jantung lemah yang harus diperhatikan. Jika menjauhinya maka penyakit Anda bisa membaik, namun jika jantung lemah Anda menjadi semakin parah maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menanyakan penyebabnya dan supaya Anda mendapatkan penanganan lebih lagi. Jangan sepelekan jantung lemah karena dampaknya bisa berbahaya dan bisa mengancam nyawa Anda. Semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat bagi Anda, jika merasa berguna maka bisa share artikel ini ya! Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan