Sponsors Link

15 Ciri-Ciri Jantung Sehat, Baik dan Normal Yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Jantung manusia adalah organ penting yang menentukan apakah orang tersebut sehat atau tidak. Sebab, organ ini yang dapat menunjukkan tanda-tanda kesehatan pada tubuh manusia secara masiv. Jantung memiliki peran yang penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Maka dari itu, mengetahui ciri-ciri jantung yang sehat adalah suatu hal yang penting dan wajib dilakukan oleh semua orang. Karena jika jantung berhenti berdetak sebentar saja, maka seluruh system yang ada di dalam tubuh juga akan berhenti bahkan dalam kondisi yang fatal bisa menyebabkan kematian pada manusia.

ads

Ada beberapa ciri-ciri jantung sehat yang perlu Anda tahu, seperti di bawah ini:

  1. Kadar protein C-reactive yang normal

Ciri pertama dari jantung yang sehat adalah kadar protein C-reactive yang normal. Kadar protein ini biasa disebut dengan CRP. Seseorang dikatakan memiliki jantung yang sehat apabila kadar CRP-nya berada di ambang wajar. Apabila kadar CRP tinggi, maka sudah bisa dipastikan orang tersebut mengalami gangguan pada jantung seperti serangan jantung. Sebab, tingginya CRP dapat menimbulkan peradangan di dinding arteri jantung. CRP yang tinggi juga sering dikaitkan dengan kolesterol yang tinggi. Patokan kadar CRP pada orang yang sehat adalah 1 mg/liter.

  1. Gula darah rendah

Kadar gula tidak hanya digunakan untuk mengindikasikan bahwa orang tersebut menderita diabetes. Tapi kadar gula juga bisa digunakan untuk mendeteksi kesehatan jantung. Bagi yang memiliki kadar gula yang tinggi, akan mengakibatkan penyakit diabetes. Dan setelah itu pasti akan menjadi pemicu datangnya serangan jantung. Sebaiknya bagi penderita gula darah yang tinggi untuk melakukan diet ketat. Hal ini berkaitan dengan pola makan penderita gula darah yang tinggi cenderung sembarangan hingga menyebabkan obesitas dan gula darah naik. Puasa adalah cara terbaik untuk mengontrol kadar gula darah Anda. Selain itu, rajin check up ke dokter juga cara terbaik untuk segera mengetahui kadar gula dalam darah.

  1. Normalnya tekanan darah

Tekanan darah dikatakan normal jika berada pada 120/80 mmHg. Patokan ini sudah menjadi patokan umum yang digunakan oleh para petugas medis. Apabila tekanan darah melebihi batas tersebut, maka sudah dipastikan ada masalah pada jantung Anda. Sebab, tekanan darah yang tinggi dapat memicu terjadinya penyumbatan aliran darah. Untuk mengetahui tekanan darah, Anda harus melakukan tensi secara rutin. Jika telah terindikasi bahwa Anda memiliki tekanan darah yang tinggi, sebaiknya perbaiki pola makan agar tekanan darah menjadi normal. Anda juga bisa mengkonsumsi aspirin yang dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kestabilan tekanan darah.

  1. Normalnya kadar kolesterol

Di dalam tubuh manusia terdapat dua jenis kolesterol, yakni kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL. Jantung manusia dikatakan sehat jika kadar HDL lebih tinggi dibandingkan dengan kadar LDL. Kadar HDL pada orang yang sehat adalah berkisar 170 mg/dl. Sedangkan kadar LDL-nya selisih 40 mg/dl di bawah HDL. Untuk menjaga kadar kolesterol tetap berada pada kondisi normal, maka Anda harus melakukan olahraga secara rutin dan menjaga pola makan dengan makanan yang bergizi. Selain itu, jangan lupa untuk kontrol rutin kadar kolesterol Anda.

  1. Detak jantung yang normal

Ciri-ciri lain untuk mengetahui jantung yang sehat adalah melalui detak jantung. Detak jantung kerap digunakan untuk mengindikasikan berbagai masalah pada jantung. Pada jantung yang sehat, biasanya detak jantung normalnya adalah 65 ketukan per menit. Jika melebihi batas tersebut, maka patut dicurigai adanya masalah pada jantung. Hal ini tidak berlaku pada ibu hamil. Sebab, ibu hamil memiliki detak jantung yang lebih cepat dibandingkan orang pada umumnya untuk mengalirkan darah lebih banyak pada janin.

Cara menghitung detak jantung dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah yaitu dengan merasakan langsung detak jantung Anda dan menghitungnya selama 1 menit. Apabila Anda tidak sedang hamil namun detak jantung melebihi batas, sebaiknya Anda segera melakukan olahraga. Olahraga diyakini sebagai cara terampuh untuk menormalkan detak jantung.

Sponsors Link

  1. Tidak mendengkur

Mungkin sebagian dari kita sering mendengar orang mendengkur ketika sedang tidur. Dan kita hanya menganggapnya karena kelelahan yang berlebihan saja. Namun tahukah Anda bahwa mendengkur adalah gejala awal penyakit jantung? Sebab, jika seseorang memiliki jantung yang sehat, orang tersebut tidak akan mendengkur saat tidur. Kebiasaan buruk ini harus segera diatasi sebelum terlambat. Caranya bisa dengan menggunakan bantal yang sedikit lebih tinggi agar saluran napas tidak tersumbat.

  1. Gusi yang sehat

Memiliki gusi yang sehat adalah salah satu ciri dari jantung yang sehat. Meskipun terkadang penyebab gusi bermasalah adalah karena kekurangan vitamin C, namun ini juga bisa digunakan sebagai indikasi adanya gangguan pada kesehatan  jantung. Hal ini sangat berkaitan karena vitamin C yang terserap ke dalam tubuh akan disebarkan oleh jantung ke seluruh tubuh termasuk pada gusi. Apabila gusi bengkak dan bahkan berdarah, sebaiknya Anda segera memeriksakan kesehatan. Bisa jadi itu adalah gejala kesehatan jantung.

ads
  1. Reproduksi normal

Ternyata kesehatan reproduksi juga menentukan kesehatan jantung. Jika organ reproduksi Anda tidak mengalami masalah yang berarti, Anda patut bersyukur. Sebab, itu adalah salah satu tanda bahwa jantung Anda berada dalam kondisi yang sehat. Namun, jika Anda mengalami disfungsi ereksi, bisa jadi itu adalah tanda-tanda terkena penyakit jantung. Anda bisa memeriksakan ke petugas kesehatan agar tidak bertambah parah.

  1. Sistem pernapasan yang normal

Ciri-ciri lain dari jantung yang sehat adalah sistem pernapasan yang normal. Sebab, seringkali penyakit jantung diawali dengan gejala sesak napas. Sesak napas juga bisa mengindikasikan adanya penyakit lain selain jantung, yaitu asma. Untuk lebih tahu mengenai detailnya, sebaiknya Anda berkunjung ke dokter jika gejala sesak napas muncul.

  1. Berenergi atau tidak mudah lelah

Pada jantung yang sehat akan terlihat secara fisik, yaitu seseorang tidak akan mudah lelah. Sebab, apabila seseorang mengalami lelah yang teramat sangat tanpa ada alasan yang jelas, bisa dikatakan ada permasalahan pada kesehatan jantungnya. Jantung yang sehat akan mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Efeknya, tubuh akan lebih berenergi. Namun, pada jantung yang tidak sehat, pasokan nutrisi dan juga oksigen tidak dapat disebarkan secara maksimal. Itulah mengapa jantung yang bermasalah dapat menyebabkan seseorang merasa kelelahan secara berlebihan.

  1. Tidak nyeri dada

Ciri-ciri jantung sehat lainnya adalah tidak nyeri pada dada. Nyeri pada dada bisa diakibatkan karena adanya aliran darah yang tersumbat pada jantung yang kemudian mengirimkan sinyal ketidaknormalan berupa nyeri dada pada penderita. Jika kamu mengalami gejala seperti ini, sebaiknya kamu segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya lebih jelas.

  1. Berat badan yang normal

Berat badan yang normal sering dijadikan indikasi bahwa orang tersebut mempunyai jantung yang sehat. Sebab, jantung akan mengirimkan darah yang telah berisi nutrisi ke seluruh tubuh. Nutrisi yang tersalurkan dengan baik artinya seluruh organ tubuh mendapatkan asupan makanan yang cukup. Inilah yang pada akhirnya dapat mempengaruhi berat badan seseorang. Namun, bukan berarti orang yang tidak memiliki berat badan normal selalu dikaitkan dengan penyakit jantung. Sebab, masalah berat badan adalah permasalahan yang banyak faktornya. Salah satunya adalah karena sistem pencernaan yang tidak menyerap nutrisi makanan secara sempurna.

  1. Warna lidah kemerahan

Warna lidah sering digunakan sebagai patokan untuk mengecek kondisi kesehatan seseornag. Tak terkecuali untuk mengecek kesehatan jantung. Pada jantung yang sehat, warna lidah akan kemerahan. Sedangkan jika ada masalah pada jantung, maka warna lidah akan berubah menjadi keunguan. Sedangkan jika seseorang sedang tidak fit atau sedang sakit, warna lidah biasanya putih pucat. Periksa lidah Anda, jika warna lidah Anda tidak normal, segera periksakan kesehatan ke klinik terdekat.

Sponsors Link

  1. Warna kuku merah muda

Warna kuku pada seseorang juga menentukan kesehatan jantungnya. Tentu saja ini sangat berkaitan sebab jantung akan memompa oksigen ke seluruh tubuh termasuk kuku. Kuku yang mendapatkan oksigen cukup dapat dilihat dari warnanya yang merah muda. Sedangkan apabila warnanya keunguan atau kebiruan, maka bisa dipastikan bagian tubuh tersebut kurang mendapatkan pasokan oksigen.

Kamu bisa melihatnya secara langsung pada orang yang masih hidup dan juga orang yang sudah meninggal. Pada orang yang masih hidup dan memiliki jantung yang sehat, warna kukunya akan cenderung berwarna merah muda. Sedangkan pada orang yang sudah meninggal, warna kukunya akan kebiruan atau keunguan. Ini karena pada orang meninggal tidak ada oksigen yang disebarkan ke seluruh tubuh.

  1. Telapak tangan berwarna merah muda

Tidak hanya lidah dan kuku saja yang bisa mengindikasikan kondisi jantung yang sehat dilihat dari warnanya. Tapi telapak tangan juga demikian. Pada telapak tangan yang berwarna merah muda, dapat dikatakan bahwa orang tersebut memiliki jantung yang sehat karena oksigen telah sampai pada bagian tubuh itu. Sedangkan pada orang yang memiliki telapak tangan berwarna keunguan atau kebiruan, bisa dipastikan bahwa dia memiliki masalah pada jantungnya.

Itulah ciri-ciri jantung sehat yang harus kamu ingat dan kamu pahami. Sebab, ciri-ciri di atas bisa kamu gunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan jantungmu. Jangan lupa untuk selalu kontrol kesehatan rutin agar dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Olahraga dan makan makanan yang sehat juga dapat menyehatkan jantungmu!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan