Sponsors Link

7 Susu untuk Anak Penyakit Jantung Bawaan Yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Anak penderita penyakit jantung bawaan (PJB) sangatlah berbeda dengan anak normal pada umumnya. Anak PJB akan sering merasa lesu. Asupan nutrisi untuk penyakit jantung bawaan yang diperlukan lebih banyak dibandingkan orang biasa. Terutama kalori. Hal ini dikarenakan kalori pada penderita jantung bawaan akan cepat habis terkuras. Kinerja jantung yang terlalu ekstra dapat menyebabkan kalori di dalam tubuh cepat habis. Karena sebagian besar kalori diserap oleh satu organ saja yaitu jantung.

ads

Oleh karena itu, asupan nutrisi yang tinggi harus tetap diberikan kepada penderita jantung bawaan. Biasanya nutrisi didapatkan dari susu. Namun tidak sembarang susu bisa dikonsumsi. Hanya susu yang memiliki kriteria tertentu saja yang bisa dikonsumsi oleh anak penderita jantung bawaan.

Ada banyak sekali jenis susu untuk anak-anak. Akan tetapi, hanya beberapa saja kriteria susu yang benar-benar diperlukan oleh anak penyakit jantung bawaan. Susu yang baik untuk mereka adalah susu rendah lemak. Bagi penderita jantung bawaan, konsumsi lemak harus dibatasi. Sebab, lemak bisa memperparah kondisi seseorang dengan kelainan jantung bawaan. Oleh karena itu, jika ingin memberikan susu pada anak dengan penyakit jantung bawaan, lihatlah terlebih dahulu komposisinya terutama kandungan lemaknya.

Selain itu, sebaiknya susu mengandung kalori yang tinggi. Seperti penjelasan di atas, anak dengan penyakit jantung bawaan membutuhkan kalori lebih banyak dibandingkan dengan anak pada umumnya. Karena kalori terserap habis untuk kinerja jantung yang begitu keras.

Susu untuk Anak Penyakit Jantung Bawaan

Di pasaran, banyak yang menjual beberapa merk susu untuk anak penyakit jantung bawaan. Namun, setiap susu pasti memiliki beberapa perbedaan dan harga. Berikut adalah contoh susu untuk anak penyakit jantung bawaan.

1. Susu sapi organik

Susu sapi organik berbeda dengan susu sapi biasa. Susu sapi jenis ini memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi pada umumnya. Hal ini sangat baik dikonsumsi untuk anak penderita penyakit jantung bawaan. Selain itu, di dalam susu sapi organik juga mengandung omega-3. Omega 3 sangat berguna bagi tubuh karena dapat menjaga kesehatan jantung. Tentunya bagi penderita penyakit jantung bawaan juga membutuhkan omega 3 untuk jantungnya.

2. Air susu ibu (ASI)

Air susu ibu adalah susu terbaik yang paling direkomendasikan untuk anak penderita penyakit jantung bawaan. Air susu ibu sudah terbukti memiliki kandungan nutrisi terlengkap yang tidak bisa ditiru oleh produk susu buatan pabrik. Air susu ibu juga mengandung antibodi yang baik bagi perkembangan anak. Terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung bawaan pasti rentan terserang penyakit.

Air susu ibu juga terhindar dari berbagai macam bakteri dan virus yang berbahaya. Cara pemberiannya pun sangatlah mudah. Tidak seperti susu lainnya yang harus diolah terlebih dahulu sebelum diminum. Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki oleh susu ini adalah harganya yang murah. Bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan sepeser pun untuk susu ini.

Sponsors Link

3. Susu sapi rendah lemak

Susu sapi jenis ini sama dengan susu sapi organik. Karena memiliki kandungan lemak yang rendah. Sehingga boleh dikonsumsi oleh anak penderita penyakit jantung bawaan. Bedanya susu rendah lemak dengan susu sapi biasa adalah rasanya yang tidak manis dan teksturnya yang tidak kental.

4. Susu Bear Brand

Susu bear brand banyak dikenal masyarakat sebagai susu untuk mengembalikan stamina tubuh orang yang sedang sakit. Susu ini mengandung lemak yang rendah sehingga aman dikonsumsi untuk penyakit jantung bawaan. Selain itu, susu bear brand juga mengandung beberapa nutrisi lainnya yang mudah diserap oleh tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, B2, B6, B12, vitamin C, D, dan E.

5. Frisian Flag Low Fat

Merk susu lain yang kandungan lemaknya rendah adalah susu Frisian Flag Low Fat. Seperti namanya, susu ini rendah lemak dan bagus untuk kesehatan jantung. Terutama bagi anak yang menderita penyakit jantung bawaan. Manfaat lain yang ada pada susu ini adalah kandungan kalsiumnya yang tinggi.

Sponsors Link

Hal ini akan sangat baik bagi pertumbuhan anak penyakit jantung bawaan. Anda bisa mendapatkan susu ini di berbagai minimarket terdekat. Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau. Selain itu relatif aman jika dikonsumsi dalam jangka panjang untuk anak dengan penyakit jantung bawaan.

6. Ultra Milk Low Fat

Sama seperti merk susu Frisian Flag Low Fat, Ultra Milk jenis ini juga mengandung lemak yang rendah. Tentunya susu ini boleh dikonsumsi oleh anak dengan penyakit jantung bawaan. Sebab mereka harus membatasi jumlah lemak yang masuk ke dalam tubuh agar tidak terjadi penyumbatan pada pembuluh darah.

7. Energen Oat Milk

Merk terakhir yang bisa dijadikan referensi adalah Energen Oat Milk. Susu ini rendah lemak. Selain itu kandungan nutrisi lain yang baik untuk tubuh adalah kalsium, vitamin A, vitamin B1, Vitamin D, dan Vitamin E.

Itulah beberapa susu untuk anak penyakit jantung bawaan yang juga merupakan nutrisi untuk jantung agar tetap sehat. Terapkan juga gaya hidup jantung sehat pada anak dan keluarga Anda agar tidak terserang berbagai penyakit jantung.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Gizi