Sponsors Link

7 Cara Memasak Makanan untuk Penderita Jantung yang Benar

Sponsors Link

Jenis-jenis penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang harus mendapatkan perhatian khusus seperti penyakit jantung koroner. Bagi mereka yang menderita penyakit jantung, banyak hal-hal yang harus mereka lakukan dan tidak boleh lakukan agar penyakit jantung tidak semakin parah. Salah satunya adalah berkaitan dengan cara memasak makanan untuk penderita jantung.

ads

Untuk orang yang normal, memasak makanan dengan menggunakan beragam metode seperti menggoreng, memanggang, menumis, dan lain sebagainya tidak menjadi masalah. Namun, hal ini tidak berlaku bagi mereka yang menderita penyakit jantung. Sebab, jika salah dalam mengolah makanan, efeknya akan langsung terasa pada pederitanya yaitu penyakit jantung bisa jadi akan kambuh dan bertambah parah.

Oleh karena itu, bagi mereka yang menderita penyakit jantung, sebaiknya mengetahui informasi cara memasak makanan untuk penderita jantung. Berikut penjelasannya:

1. Dengan cara ditumis

Menumis makanan adalah salah satu metode memasak yang terbilang mudah dan menyehatkan. Terlebih bagi mereka yang menderita penyakit jantung, metode memasak dengan cara ini sangat disarankan. Menumis adalah memasak dengan menggunakan minyak sedikit. Oleh sebab itu cara ini dikatakan menyehatkan karena hanya menggunakan sedikit minyak saja. Seperti yang kita tahu, minyak mengandung lemak yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Bahaya lemak di jantung dapat mengakibatkan penumpukan plak pada pembuluh darah.

Akan tetapi, bagi penderita jantung mengkonsumsi minyak harus dibatasi seminimal mungkin agar tidak memperparah penyakit jantung tersebut. Beberapa makanan yang ditumis juga akan memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan makanan yang digoreng. Hal ini dikarenakan nutrisi makanan tidak rusak karena minyak yang terlalu banyak dan panas. Sebaiknya gunakan pula wajan yang tidak lengket seperti teflon. Sebab, wajan seperti ini sangat cocok digunakan untuk menumis.

2. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun saat ini semakin dikenal oleh masyarakat. hal itu disebabkan karena kandungannya yang lebih menyehatkan dibandingkan dengan minyak lainnya. Minyak zaitun juga mengandung lemak tak jenuh. Lemak ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung sangat disarankan untuk menggunakan minyak yang mengandung lemak tak jenuh.

Sedangkan minyak pada umumnya mengandung lemak jenuh yang justru dapat membahayakan kesehatan penderita jantung. Akan tetapi, memang harga minyak zaitun jauh lebih mahal dibandingkan dengan minyak biasa. Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakannya hanya sedikit saja. Metode menumis sangat cocok Anda gunakan jika menggunakan minyak zaitun agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

3. Memanggang

Memanggang bisa menjadi alternatif lain untuk memasak makanan untuk lemah jantung dan penyakit jantung lainnya. Bahkan, cara ini boleh tidak menggunakan minyak sama sekali. Wajan yang sebaiknya digunakan adalah wajan anti lengket dengan kualitas yang bagus, agar meskipun tidak menggunakan minyak, makanan tidak lengket ke wajan. Beberapa makanan yang bisa dipanggang contohnya adalah ikan.

Sponsors Link

4. Memakai microwave

Saat ini beberapa alat memasak didesain dengan canggih dan memudahkan penggunanya. Bahkan beberapa alat memasak sudah dapat mendukung kesehatan manusia seperti penggunaan microwave. Microwave banyak dijual dipasaran dengan harga yang berbeda-beda. Sebaiknya pilihlah microwave yang benar-benar berkualitas agar makanan yang dihasilkan juga memiliki kandungan nutrisi yang terjaga.

5. Membakar makanan

Membakar juga merupakan salah satu alternatif cara memasak yang bisa dipilih bagi penderita penyakit jantung. Membakar tidak perlu menggunakan minyak sama sekali. Hal ini sangat baik sebab lemak tak jenuh pada minyak tidak akan masuk ke dalam tubuh. Metode membakar makanan ini juga terbilang mudah untuk dilakukan. Hanya perlu menyiapkan arang atau api kemudian menjapit makanan pada alat seperti jeruji besi.

Saat ini, membakar bisa dilakukan di atas kompor dengan menggunakan alat yang dijual di beberapa toko peralatan rumah tangga. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang dibakar. Berdasarkan penelitian, asap yang dihasilkan dari membakar makanan akan berubah menjadi senyawa yang dapat menyebabkan kanker jika mengkonsumsinya terlalu sering.

Sponsors Link

6. Mengukus

Mengukus menjadi salah satu cara memasak yang menyehatkan. Mengukus tidak akan menghilangkan nutrisi pada makanan dibandingkan dengan menggoreng. Mengukus juga tidak perlu menggunakan minyak. Tapi memanfaatkan uap air untuk mematangkan makanan. Oleh sebab itu mengukus makanan sangat baik untuk penderita jantung. Hampir seluruh makanan bisa dimasak dengan cara dikukus seperti sayuran dan daging ikan. Metode cara ini tidak hanya dianjurkan bagi mereka yang menderita penyakit jantung saja. Akan tetapi bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya secara maksimal, disarankan untuk menggunakan metode memasak ini.

7. Merebus

Cara lain yang bisa digunakan untuk memasak resep makanan untuk penyakit jantung adalah dengan merebus. Merebus adalah metode memasak yang memanfaatkan air mendidih untuk mematangkan masakan. Merebus sama baiknya dengan mengukus yaitu tidak menghilangkan nutrisi baik pada makanan. Akan tetapi, sebaiknya jangan terlalu lama dalam merebus makanan. Sebab, nutrisi bisa jadi akan hilang karena larut ke dalam air rebusan.

Demikian penjelasan cara memasak makanan untuk penderita jantung yang harus diperhatikan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan