Sponsors Link

Aneurisma Aorta Jantung: Gejala, Penyebab dan Pencegahan

Sponsors Link

Penyebab aneurisma aorta jantung umumnya sangat berkaitan dengan gaya hidup yang tidak sehat, dan riwayat penyakit lainnya seperti darah tinggi. Faktor keturunan juga merupakan salah satu penyebab aneurisme aorta. Dalam banyak penelitian, terbukti banyak dari pasien aneurisma aorta yang memiliki anggota keluarga inti yang menderita penyakit sejenis sehingga banyak dari pasien aneurisma mengidap penyakit ini karena kelainan jantung bawaan.

ads

Aneurisma aorta adalah kondisi dimana pembuluh darah aorta mengalami dilatasi atau pelebaran sehingga aorta menggelembung dan bentuknya mirip seperti balon, dan penggelembungan ini dari ke hari apabila tidak diobati akan semakin menjadi besar dan lama-lama akan berakibat kebocoran katup aorta, bahkan aorta bisa pecah sewaktu-waktu sehingga akan terjadi pendarahan hebat pada tubuh, dan kondisi ini dapat berujung pada kematian.

Tahukah Anda dimana letak pembuluh darah Aorta? pembuluh darah yang  berfungsi untuk melakukan sirkulasi oksigen ke semua pembuluh darah di tubuh (kecuali paru-paru) dan pembuluh darah yang paling penting untuk kelangsungan hidup manusia ini terletak di dua titik ini didalam tubuh:

  • Aorta yang ada di bagian dada disebut juga dengan Aorta Toraks, dan
  • Aorta yang ada di bagian rongga perut  yang disebut juga dengan Aorta Abdominal

Baca juga: Kebocoran Katup TrikuspidKelainan Jantung Tetralogi Fallot.

Oleh karena itu, gejala-gejala aneurisma aorta sangat berkaitan dengan rasa sakit di bagian tubuh dada dan perut. Gejala aneurisma aorta antara lain adalah:

  1. Merasa sangat sakit di bagian dada
  2. Sesak nafas dan nafas terasa pendek
  3. Punggung terasa sangat sakit
  4. Merasa tubuh tiba-tiba menjadi dingin
  5. Rasa sakit perut yang diluar batas normal
  6. Perut bagian sekitar pusar terasa berdebar-debar
  7. Sering pingsan secara tiba-tiba
  8. Sakit dan sulit pada saat menelan

Baca juga: Fungsi EKG JantungCT Scan JantungOperasi Bypass Jantung.

Penyebab

Penyebab utama dari munculnya penyakit ini adalah gaya hidup yang tidak sehat sehingga mengurangi kesehatan organ-organ tubuh yang vital seperti pembuluh darah. Kesehatan pembuluh darah sangatlah penting bagi kesehatan jantung, karena aorta apabila berfungsi secara baik dan dalam kondisi normal akan berfungsi sebagai pembuluh darah utama yang bertugas melakukan sirkulasi darah dan oksigen ke bagian-bagian tubuh lainnya.

Baca juga: Penyebab Jantung KoronerPenyebab Jantung Anak Berdetak Kencang.

Aorta, layaknya pembuluh darah lainnya sangat bersifat elastis, namun kondisi aorta yang buruk dapat menyebabkan aorta mengalami pembengkakan, pelebaran, dan penyempitan. Hal ini tentunya dapat menyebabkan penyakit seperti aneurisma aorta. Penyebab utama aneurisma aorta jantung belum ada yang bisa memastikan, namun perilaku dibawah ini dipercaya sebagai penyebab aneurisma aorta:

  • Kebiasaan Merokok

Merokok adalah penyebab utama kerusakan pada dinding aorta, karena dapat membuat keelastisan aorta menjadi berkurang. Merokok juga menyebabkan banyaknya plak menempel pada pipa aorta, sehingga dinding aorta menjadi mengeras (terjadi semacam pengapuran) dan kerja aorta menjadi sangat lemah. Kebiasaan yang tidak memiliki manfaat bagi tubuh ini, justru dapat menimbulkan infeksi pada pembuluh darah karena Anda asap rokok yang membuat paru-paru dan pembuluh darah menjadi kotor dan inilah yang menjadi penyebab awal aneurisma aorta. Merokok juga dapat menyebabkan penyakit lainnya, seperti gangguan pernafasan, kanker paru-paru, dan kanker mulut.

Sponsors Link

  • Mengonsumsi Makanan yang Tidak sehat

Kebanyakan makanan berlemak memang rasanya enak sehingga banyak digemari, namun makanan tersebut bukan merupakan makanan yang sehat. Makanan seperti gorengan yang digoreng dengan minyak kelapa termasuk makanan bersantan, berbagai macam lemak dari daging, berbagai jenis makanan ringan yang mengandung banyak garam seperti popcorn, coklat, crackers, dan keripik, semua itu memang sangat lezat namun sangat makanan-makanan tersebut sangat berlemak dan berkolesterol tinggi. Apabila Anda tidak membatasi konsumsi makanan-makanan tersebut diatas tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Baca juga: Makanan untuk Jantung Rematik.

Lemak yang menumpuk yang merupakan hasil dari makanan yang Anda makan sehari-hari akan membentuk jaringan lemak atau jaringan adiposa yang menempel di banyak organ tubuh termasuk pembuluh darah yang ada didalam tubuh termasuk pembuluh darah aorta. Jaringan lemak apabila dalam jumlah yang normal tentu tidak akan berakibat pada buruknya kesehatan Anda, justru adanya jaringan lemak pada tubuh dengan jumlah yang normal berguna untuk menjaga stabilitas suhu pada tubuh. Namun apabila tumpukan lemak yang ada pada tubuh terlalu banyak, maka akan mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah termasuk di pembuluh darah aorta. Penyumbatan tersebut juga berakibat pada pengerasan dinding aorta sehingga aorta berubah menjadi tidak fleksibel, inilah permulaan dari penggelembungan aorta hingga terjadinya penyakit aneurisma aorta jantung.

  • Kurang Berolahraga dan Stres

Mengapa kurang berolahraga juga berpotensi menjadi salah satu penyebab aneurisma aorta jantung? Karena jarang berolahraga dapat memperburuk penumpukan jaringan lemak pada tubuh. Kurang aktif menggerakkan tubuh Anda juga berakibat penyakit seperti stroke.

Baca juga: Olahraga untuk Aritmia JantungManfaat Yoga untuk JantungManfaat Senam Bagi Jantung.

Selain itu sangat penting untuk menjaga faktor psikologi Anda agar tidak mudah stress, karena apabila Anda dalam keadaan psikologi yang selalu tegang dan stress akan berakibat pada tingginya tekanan darah Anda atau dapat menyebabkan hipertensi yang juga dipercaya sebagai penyakit yang merupakan asal mula penyebab aneurisma aorta.

Selain 3 hal di atas, aktor lainnya yang menjadi penyebab aneurisma aorta yaitu tubuh dan umur yang semakin tua, trauma kecelakaan dan faktor genetik. Ada pula penelitian yang mengatakan bahwa jenis kelamin laki-laki memiliki risiko mengidap penyakit ini lebih tinggi daripada jenis kelamin perempuan.

Baca juga: Gaya Hidup Jantung SehatMakanan untuk Anak Sakit Jantung.

Sponsors Link

Pencegahan

Untuk mencegah penyakit aneurisma aorta jantung, mulailah gaya hidup yang baik seperti berikut ini:

  • Berhenti Merokok Secara Total

Tahukah Anda bahwa resiko aneurisma aorta menjadi delapan kali lebih tinggi jika Anda merupakan perokok. Tidak peduli banyak atau sedikit Anda dalam merokok, tingkat risikonya tetap sangat tinggi dibanding orang-orang yang tidak merokok. Oleh karena itu stop kebiasaan buruk ini secara total, karena mengurangi merokok saja tidak cukup untuk menghindari resiko mengidap aneurisma aorta.

Baca juga: Penyakit Jantung Tiroid.

  • Diet Sehat Dimulai Dari Sekarang

Memulai gaya hidup yang sehat tentunya tidak selalu mudah, karena banyaknya godaan dari lingkungan seperti ketika Anda tergiur melihat makanan berlemak yang lezat, tentu akan sulit untuk menghindari untuk tidak menyicipinya. Namun itu semua tergantung pada niat Anda untuk menjadi lebih sehat dan dapat mengurangi risiko penyakit serius seperti aneurisma ini. Pilihlah makanan yang lebih sehat dengan mulai mencari alternatif dari makanan favorit Anda yang kurang sehat. Perlu diingat bahwa tidak semua makanan berlemak itu berdampak buruk. Lemak hewani seperti lemak dari ikan yang mengandung omega 3 justru sangat baik bagi kesehatan jantung Anda. Gantilah kebiasaan minum beralkohol dan soda dengan minuman yang juga lebih sehat seperti air putih dan jus sehat.

Baca juga: Manfaat Omega-3 untuk JantungJus untuk Jantung Tersumbat.

Tidak hanya dapat mengurangi risiko sakit aneurisma, namun memakan makanan yang sehat dan terukur dapat juga menjaga berat badan sehingga Anda menjadi lebih sehat dan produktif. Demikian info tentang penyakit aneurisma aorta jantung, semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab