Sponsors Link

10 Gaya Hidup Penderita Jantung Koroner yang Baik untuk Dilakukan

Sponsors Link

Memiliki jantung yang sehat merupakan keinginan setiap insan manusia, Namun tidak semua orang menyadari hal ini, kebanyakan orang mengabaikan pentingnya mempunyai jantung yang sehat. Pola hidup yang sehat merupakan kunci agar terhindar dari segala macam penyakit, khususnya penyakit jantung yang bisa menyerang tiba-tiba dan dapat mengakibatkan kematian.

ads

Penyakit jantung memang sangat berbahaya, apalagi jika sampai mengidap penyakit jantung koroner yang menjadi penyebab hilangnya 20% nyawa dari setiap kematian manusia di dunia, tentu hal ini tidak dapat dianggap remeh karena besarnya resiko yang sewaktu-waktu dapat menghampiri Anda.

Baca juga: Penyebab Jantung KoronerCara Pencegahan Jantung Koroner.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan Anda sedikit tips dan informasi tentang bagaimana cara menjalani gaya hidup penderita jantung koroner yang lebih sehat dan tentunya dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mengkonsumsi Air mineral

Jika Anda ingin memulai menjalani gaya hidup atau pola hidup yang sehat tentu mengkonsumsi air mineral merupakan awal untuk semua ini. Mengkonsumsi air mineral minimal 3 liter dalam sehari dapat membantu memperlancar sirkulasi darah Anda, sehingga darah yang tersumbat pada bagian arteri yang diakibatkan oleh penyakit jantung koroner dapat teratasi sedikit demi sedikit.

2. Berolahraga

Berolahraga merupakan kegiatan yang menimbulkan banyak efek positif bagi kesehatan tubuh manusia, namun olahraga yang dilakukan secara berlebihan dan tidak tepat akan menimbulkan dampak yang berbeda bagi penderita beberapa penyakit tertentu. Bagi penderita penyakit jantung koroner, olahraga yang dianjurkan untuk dilakukan adalah berjalan kaki, push up, sit up, berenang dan bersepeda. Karena olahraga seperti itu dapat memacu jantung Anda untuk memompa darah lebih kuat sehingga darah tidak tersumbat pada bagian arteri yang diakibatkan oleh penyakit jantung koroner.

Baca juga:

3. Mengkonsumsi Buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan merupakan aktivitas rutin yang harus Anda lakukan setiap hari agar penyakit jantung koroner yang Anda derita dapat membaik atau bahkan menghilang dari jantung Anda. Buah-buahan yang segar seperti pisang dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh Anda, karena kandungan magnesium yang dikandung oleh pisang dapat membantu jantung Anda untuk menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

Baca juga:

4. Berhenti Merokok

Bagi perokok yang sudah dalam tahap aktif, tentu berhenti merokok merupakan sesuatu yang sangat susah untuk dilakukan. Namun hal ini bukanlah hal yang mustahil apabila Anda memang benar benar ingin menjalani pola hidup dan gaya hidup yang sehat guna membantu memulihkan atau bahkan menghilangkan penyakit jantung koroner.

Asap rokok yang mengandung nikotin dan zat adiktif lainnya sangat tidak baik bagi kesehatan jantung dan merupakan musuh utama bagi penderita jantung koroner. Karena dapat mempercepat proses penyumbatan arteri sehingga darah tidak dapat mengalir dengan sempurna, oleh sebab itu jika Anda ingin menjalani gaya hidup sehat ada baiknya Anda berhenti merokok.

Baca juga: Cara Mengatasi Jantung Berdebar-DebarMakanan Penguat Jantung Janin.

Sponsors Link

5. Memperbanyak Konsumsi Sayur

Tidak semua orang suka mengkonsumsi sayur,namun sayur merupakan inti dari menjalani pola hidup sehat. Menyertai sayur di setiap menu makanan merupakan hal yang sangat baik dilakukan bagi penderita penyakit jantung koroner, karena banyak studi kasus mengatakan bahwa sayur dapat membantu melancarkan pencernaan dan sirkulasi darah yang sangat baik bagi penderita penyakit jantung koroner.

Baca juga: Khasiat Bawang Putih untuk Jantung, Manfaat Yoga untuk Jantung.

6. Berhenti Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol merupakan sumber dari banyak penyakit terutama penyakit jantung. Alkohol dapat menyumbat aliran darah dan membuat banyak  jaringan saraf terputus. Hal ini tentu sangat tidak baik bagi kesehatan jantung, apalagi jika Anda menderita penyakit jantung koroner. Faktanya alkohol memberikan lebih banyak dampak negatif daripada dampak positifnya, oleh sebab itu apapun alasannya mengkonsumsi alkohol merupakan kebiasaan yang harus Anda buang jika Anda benar-benar ingin menjalani pola hidup sehat guna menyembuhkan penyakit jantung koroner yang Anda alami saat ini.

7. Jadikan Kacang sebagai Snack

Mengkonsumsi kacang-kacangan sebagai snack merupakan hal yang sangat wajib Anda lakukan ketika menjalani pola hidup sehat sebagai penderita penyakit jantung koroner. Karena kacang-kacangan yang Anda konsumsi dapat membantu Anda dalam memperkuat jantung. Manfaat Omega-3 untuk jantung yang terkandung dalam kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan Anda. Saya sangat merekomendasikan dan menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi kacang-kacangan sebagai snack setiap harinya guna memberikan asupan yang baik bagi jantung Anda.

8. Hindari Stres

Bagi pekerja kantoran yang selalu dikejar oleh deadline dan mengalami stres setiap saat, merupakan hal yang sangat lumrah. Namun Anda perlu menghindarinya sebisa mungkin, kaerna stres yang berlebihan dapat memicu tingkat kolestrol yang tinggi. Hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan jantung dan akan berakibat fatal apabila dialami oleh penderita penyakit jantung koroner, oleh sebab itu hindari stres sebisa mungkin agar resiko yang ditimbulkan oleh penyakit jantung koroner dapat teratasi.

Sponsors Link

Baca juga: Gaya Hidup Jantung SehatPenyebab Jantung Kekurangan Oksigen.

9. Istirahat Ketika Lelah

Orang-orang yang rajin dan tekun dalam melakukan pekerjaan memang dapat diacungi jempol, namun kebanyakan orang yang seperti itu akan mengabaikan rasa lelah demi mencapai target dalam suatu perkerjaan. Hal ini sangat berbahaya jika dilakukan oleh penderita penyakit jantung koroner. Beristirahat ketika merasa lelah merupakan bagian penting dari menjalani gaya hidup sehat bagi penderita penyakit jantung koroner, oleh sebab itu beristirahatlah segera ketika Anda merasa kelelahan.

Baca juga: Cara Mengobati Aritmia Jantung, Makanan untuk Penderita Aritmia Jantung.

10. mengkonsumsi Suplemen

Mengkonsumsi suplemen sangat baik jika Anda lakukan, terutama suplemen yang dapat membantu Anda dalam memulihkan penyakit jantung koroner yang Anda alami saat ini. Namun sebelum Anda mengkonsumsi suplemen, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter yang Anda percayai agar tidak salah dalam memilih suplemen yang akan Anda konsumsi nantinya. Sebaiknya Anda memilih suplemen yang tidak memiliki efek samping dan berbahan dasar herbal.

Baca juga:

Itu dia sedikit tips dan informasi seputar gaya hidup penderita jantung koroner yang harus dilakukan agar penyakit tidak bertambah parah. Mencintai jantung merupakan bagian dari rasa syukur, oleh sebab itu cintai jantung Anda agar hidup lebih bermakna. Semoga tips dan informasi yang saya berikan dapat membantu Anda dalam menjalani pola dan gaya hidup yang sehat guna membantu menyembuhkan penyakit jantung koroner yang mungkin sedang Anda alami saat ini.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup