Sponsors Link

20 Nutrisi untuk Jantung Sehat yang Wajib Dipenuhi

Sponsors Link

Tak banyak orang mengetahui bahwa nutrisi untuk jantung penting untuk dipenuhi setiap harinya. Jantung sebagai salah satu organ vital tubuh kita memerlukan perawatan yang optimal agar bisa melakukan fungsinya sebaik mungkin. Gaya hidup modern kini cenderung tidak memperhatikan kesehatan jantung. Bagaimana tidak? Mulai dari konsumsi makanan cepat saji sampai dengan pola hidup yang jarang olah raga (dengan alasan sibuk bekerja) membuat kerja jantung kita menjadi begitu berat. Itu belum ditambah dengan kebiasaan konsumsi alkohol yang menjadi gaya hidup ala masyarakat kota modern.

ads

Ada banyak alasan mengapa jantung menjadi organ yang begitu penting dan vital sehingga tidak boleh dilewatkan perawatannya. Pertama, jantung adalah organ vital yang memompa darah. Darah dalam tubuh kita bertugas dalam membawa oksigen bersih ke seluruh tubuh dan mengangkut oksigen kotor ke paru-paru untuk dilepaskan sebagai karbondioksida. Mobilisasi oksigen yang terhambat akibat kerja jantung yang berat akan memengaruhi kerja organ tubuh lainnya. Kedua, jantung merupakan organ vital. Sekali fungsinya berhenti, maka fungsi organ lain juga bisa berhenti.

Baca juga:

Perawatan yang dimaksud adalah seperti konsumsi makanan yang kaya nutrisi atau gizi untuk jantung. Jadi, penting bagi kita mengetahui apa saja nutrisi untuk jantung dan makanan apa saja yang mengandung nutrisi tersebut. Berikut adalah deretan nutrisi penting yang dibutuhkan jantung termasuk sumber makanan yang mengandung nutrisi tersebut.

1. Minyak Ikan Salmon

Nutrisi pertama yang menjadi rekomendasi untuk jantung adalah minyak ikan salmon. Minyak ikan salmon diketahui mengandung asam omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung karena membantu melawan peradangan dengan menekan aktivitas gen pro-inflammatory, yaitu NFkB. Dengan demikian, kemungkinan peradangan yang berpotensi menaikkan risiko penyakit jantung. Minyak ikan salmon bisa didapat dari konsumsi daging ikan salmon segar maupun suplemen tambahan khusus minyak ikan salmon. (Baca juga: Manfaat Buah Bit untuk Jantung)

2. Magnesium

Magnesium dipercaya mampu membantu tubuh dalam menjaga konsistensi detak jantung dan menormalkan tekanan darah. Magnesium juga dipercaya memiliki fungsi lain yang tak kalah penting bagi tubuh seperti menjaga kelenturan otot, memelihara kekuatan tulang serta gigi, sampai pada mengatasi asma dan diabetes. Sumber magnesium bisa didapat dari kacang-kacangan, cokelat, tahu, ikan, pisang, alpukat, dan sayuran berwarna hijau gelap. (Baca juga: Manfaat Olahraga untuk Jantung)

3. Coenzim Q-10

Atau CoQ10 sebenarnya merupakan enzim yang diproduksi dalam tubuh kita sendiri. Substansinya mirip seperti vitamin. CoQ10 diproduksi tubuh, terutama untuk jantung, guna memproduksi energi yang dibutuhkan sel untuk bertumbuh dan untuk memperbaiki sel yang rusak. CoQ10 juga berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh dari molekul membahayakan. Enzim ini banyak dikatakan baik untuk jantung karena. Untuk mendapatkan manfaat CoQ10 untuk jantung Anda bisa mengonsumsi produk jadi enzim CoQ10 yang banyak dijual di pasaran.

4. L-Carnitine

Nutrisi untuk jantung selanjutnya yang tak kalah penting adalah L-Carnitine. L-Carnitine merupakan senyawa yang mirip seperti asam amino yang mampu larut dalam air. Sumber nutrisi ini bisa didapat dari daging domba dan daging sapi (daging merah). Tubuh kita sebenarnya juga memproduksi nutrisi ini dengan bantuan asam amino, vitamin C, vitamin B6, zat besi, dan juga niasin. L-Carnitine juga dianggap penting dalam menjaga kesehatan jantung dengan berperan sebagai antioksidan dan juga menghindarkan jantung dari stres oksidatif. (Baca juga: Manfaat Kunyit untuk Jantung)

5. Antioksidan

Berbagai jenis antioksidan dibutuhkan oleh jantung. Fungsi antioksidan adalah menangkal radikal bebas sebelum menimbulkan penyakit dalam sel terutama sel jantung. Beberapa antioksidan yang cukup umum adalah vitamin C dan manfaat vitamin E untuk jantung.

6. Resveratrol

Selanjutnya, jantung kita juga membutuhkan nutrisi seperti resveratrol, yang lebih identik dengan anggur merah. Itulah sebabnya kita cukup disarankan mengonsumsi anggur merah, namun tentunya dengan dosis tertentu. Fungsi resveratrol ini sendiri adalah kandungan nutrisi yang mampu membantu mencegah penyakit terkait dengan pembuluh darah, mengurangi kolesterol jahat, hingga mencegah terjadinya pembekuan darah. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa resveratrol dapat dikaitkan dengan risiko yang rendah terhadap terjadinya inflamasi dan pembekuan darah, dua kondisi yang bisa mengarah pada penyakit jantung. (Baca juga: Cara Mencegah Jantung Rematik)

Sponsors Link

7. Omega-3

Sudah bukan rahasia lagi kalau asam omega-3 baik untuk kesehatan kita, inilah mengapa omega-3 masuk dalam daftar nutrisi untuk jantung yang sebaiknya tidak ditinggalkan. Omega-3 memiliki peran yang cukup banyak dan vital. Untuk jantung sendiri, omega-3 dapat berfungsi mencegah inflamasi (peradangan) dengan mengurangi kadar trigliserida dalam darah, menurunkan tekanan darah, mengurangi kemungkinan pembekuan darah, sampai pada menurunkan risiko penyakit stroke dan kegagalan jantung. Beberapa makanan sumber omega-3 adalah telur, susu, dan yogurt.

8. Serat

Serat masuk dalam daftar nutrisi untuk jantung yang tak kalah penting. Selama ini serat kerap diidentikkan dengan usus, yaitu sebagai pelancar pencernaan. Padahal serat juga memiliki fungsi lain untuk jantung yang tak kalah penting, yaitu menurunkan kadar kolesterol sehingga menghindarkan jantung dari berbagai kemungkinan penyakit yang muncul. Serat alami yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari adalah serat yang berasal dari makanan seperti oatmeal, kacang-kacangan, beras, gandum, buah jeruk, apel, serta stroberi. (Baca juga: Pencegahan Jantung Bengkak)

9. Lemak Baik (HDL)

Tubuh kita, terutama jantung, juga membutuhkan lemak. Akan tetapi lemak yang dibutuhkan merupakan jenis tertentu, yaitu lemak baik yang dikenal dengan singkatan HDL (High-Density Lipoprotein). Lemak HDL memiliki fungsi dalam menurunkan risiko serangan stroke dan serangan jantung mendadak. Kadar HDL dalam tubuh kita bisa ditambah dengan pola hidup sehat, seperti tidak merokok, melakukan diet khusus, dan olah raga teratur untuk menyeimbangkan asupan makanan yang masuk dan rutinitas harian.

10. Mineral

Nutrisi sehat untuk jantung juga terdiri dari mineral. Paling mudah, mineral didapatkan dari air putih. Jadi, minum air putih delapan gelas dalam sehari dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral harian yang baik utnuk jantung. Fungsi mineral adalah menstabilkan tekanan darah. Ada berbagai macam mineral yang dibutuhkan tubuh, terutama untuk jantung. Yang paling utama adalah mineral dalam bentuk magnesium. (Baca juga: Menu Diet Jantung)

11. Lycopene

Selanjutnya, nutrisi yang tak kalah penting adalah lycopene. Lycopene merupakan salah satu jenis antioksidan yang bisa didapatkan dari konsumsi tomat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dari sekelompok peneliti di University of Cambridge serta Cambridge University Hospitals menunjukkan bahwa lycopene dalam tomat berperan dalam meningkatkan fungsi pembuluh darah pada pasien dengan penyakit jantung.

12. Kalium

Kalium merupakan salah satu bentuk mineral yang sebaiknya tidak ditinggalkan. Nutrisi ini memiliki manfaat yang baik bagi jantung kita. Meski tak diklaim mampu berperan dalam menyembuhkan atau mencegah terjadinya penyakit jantung, tetapi kalium diketahui sebagai nutrisi yang mampu melindungi jantung dengan cara mengontrol tekanan darah (terutama pada penderita hipertensi), menguatkan otot, sampai pada fungsi-fungsi lainnya seperti meningkatkan kepadatan tulang.

ads

13. Polifenol

Nutrisi polifenol juga dikenal sebagai salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh jantung kita. Polifenol tergolong sebagai antioksidan yang bisa kita dapatkan dari konsumsi buah untuk jantung berdebar (seperti stroberi, cranberry, apel, delima, anggur, plum, dan ceri), sayuran (brokoli, bawang, kubis, seledri), serta teh hijau. Sebagai antioksidan, polifenol punya peran menangkan radikal bebas sehingga sel dan jaringan tubuh menjadi lebih kuat, anti penuaan, meningkatkan kelancaran sirkulasi darah hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

14. Flavonoid

Mungkin belum banyak dikenal orang. Akan tetapi, flavonoid termasuk dalam jajaran daftar nutrisi untuk jantung yang tidak kalah penting. Nutrisi ini banyak ditemukan di buah kakao, apel, anggur merah, serta pada bawang dan teh. Fungsi flavonoid sendiri sebagai anti oksidan serta anti peradangan. Berkat perannya sebagai anti oksidan, kadar kolesterol buruk (LDL) mampu ditekan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

15. Zinc

Lagi, mineral yang dikenal memiliki peran dalam menjaga kesehatan jantung yaitu zinc. Peran zinc lebih dikenal sebagai anti inflamasi, meningkatkan sistem imunitas, sampai membantu proses pertumbuhan sel tubuh. Sumber makanan yang mengandung zinc antara lain daging merah, berbagai kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu. (Baca juga: Olahraga untuk Jantung Lemah)

16. Selenium

Selenium dibutuhkan oleh tubuh kita mesti dalam jumlah yang kecil. Selenium bisa ditemukan pada makanan seperti kerang, telur, daging merah, aneka ikan laut, kacang hazelnut, tahu, tempe, kacang almond, yogurt, serta jagung. Fungsinya sebagai antioksidan sehingga meminimalisir radikal bebas Seperti yang kita tahu, efek radikal bebas bagi tubuh kita sungguh beragam dan selalu merugikan. Radikal bebas bahkan berperan dalam memicu timbulnya penyakit terkait dengan organ jantung.

17. Berbagai Vitamin

Vitamin bukan hanya dibutuhkan untuk fungsi luar seperti kecantikan kulit, kesehatan mata, mencegah bibir kering dan sariawan, dan hal-hal yang berbau estetika. Vitamin juga dibutuhkan oleh jantung kita. Meski begitu, hanya ada beberapa jenis vitamin yang memiliki peran cukup besar terhadap kesehatan jantung, di antaranya vitamin B, E, dan D. (Baca juga: Manfaat Daun Salam untuk Jantung)

18. Asam Folat

Nutrisi satu ini kerap kali diiklankan sebagai salah satu nutrisi penting dalam tumbuh kembang janin dan bayi. Sebenarnya tidak hanya itu, asam folat juga diketahui dibutuhkan tubuh kita. Asam folat dikenal sebagai salah satu nutrisi yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Berbagai makanan yang diketahui mengandung asam folat adalah sayur bayam, kangkung, sawi, kacang panjang, brokoli, asparagus, berbagai kacang-kacangan, serta pada buah seperti jeruk, pepaya, beri, sampai blewah.

19. Betakaroten

Betakaroten masuk dalam daftar gizi untuk jantung yang sebaiknya tidak dilupakan. Namanya kerap dihubungkan dengan vitamin A dan memang nutrisi ini cukup banyak ditemukan pada sayuran wortel. Betakaroten sendiri ternyata tak hanya memiliki fungsi untuk menyehatkan mata tetapi juga fungsi-fungsi lain tak terkecuali dalam menjaga kesehatan jantung. Beta karoten berperan dalam mencegah terjadinya oksidasi dari kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

20. Alfa Linolenik

Nutrisi satu ini sebenarnya merupakan bagian dari nutrisi omega 3. Alfa linolenik masuk dalam daftar gizi untuk jantung karena diketahui mampu berperan menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Sumber nutrisi ini bisa didapatkan dari makanan seperti kacang kenari. (Baca juga: Jus untuk Jantung Bocor)

Demikianlah informasi sekilas mengenai bermacam-macam nutrisi sehat untuk jantung yang cukup penting dan wajib dipenuhi. Sekali lagi ditekankan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan agar kerja jantung tak menjadi berat. Jangan sampai Anda mendahulukan gaya hidup dibandingkan kebutuhan perawatan jantung sendiri. Ingat, jantung adalah organ penting yang juga memengaruhi kinerja organ tubuh lain. Sayangi jantung Anda untuk menunjang kelancaran aktivitas harian Anda.

Sponsors Link
, , , , , , ,