Sponsors Link

Bolehkah Penderita Jantung Minum Susu?

Sponsors Link

Pertanyaan ini mungkin sering timbul dalam benak anda. Ya, pertanyaan ini memang sangatlah lumrah dipertanyakan bagi anda penderita penyakit jantung. Munculnya pertanyaan tersebut mungkin ada kaitannya dengan kekhawatiran si penderita ataupun orang-orang terdekat si penderita yang mengetahui bahwa penyakit jantung adalah penyakit penyebab kematian nomor satu di dunia yang mungkin saja bisa diperburuk dengan pengonsumsian susu oleh si penderita penyakit jantung.

ads

Namun, ada pula fakta yang menyatakan bahwa susu merupakan salah satu minuman yang penting dan baik untuk dikonsumsi sehari-hari, mengapa? Tentu saja karena nutrisi yang dikandung oleh si susu ini. Susu juga dipercaya dapat membuat tidur anda menjadi lebih nyenyak apabila anda meminumnya sesaat sebelum anda tidur.

Susu mengandung beberapa zat yang sebagian dapat memperburuk keadaan jantung anda dan sebagian tidak berefek apapun terhadap jantung dan malah bermanfaat untuk jantung dan tubuh anda. Lalu apakah kandungan susu yang dapat berakibat buruk atau beresiko untuk penderita penyakit jantung? Pada umumnya susu mengandung sebanyak:

  • 60 kilokalori energi
  • 5.26 gram karbohidrat dalam bentuk gula susu
  • 3,25 gram lemak
  • 3,39 gram protein
  • Beberapa mineral seperti 132 mg kalium dan 113 mg kalsium di setiap 100 mililiternya.

Kandungan-kandungan tersebut memang dibutuhkan oleh tubuh. Gula susu dan lemak adalah sumber kalori untuk tubuh, sedangkan protein merupakan zat yang memperbaiki sel-sel rusak di dalam tubuh. Multivitamin juga bermanfaat sebagai zat pengatur, dan mineral yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan mikrinutrien di dalam tubuh.

Namun, dari beberapa kandungan tersebut, kandungan lemak merupakan poin utama yang menyebabkan susu tidak dianjurkan untuk penderita penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh jenis lemak yang dikandung oleh susu kebanyakan adalah lemak jenuh. Lemak tak jenuh ini dapat dengan segera meningkatkan kadar kolesterol atau lemak jahat yang biasa disebut LDL di dalam darah anda. Peningkatan kadar kolesterol atau LDL ini merupakan suatu ancaman bagi anda penderita penyakit jantung. Karena keadaan ini tentu saja akan memperburuk kesehatan jantung anda. Kandungan kolesterol atau LDL yang tinggi dalam darah akan berpotensi menimbulkan penyumbatan arteri oleh lemak darah yang lama kelamaan menjadi plak atau endapan pada dinding-dinding arteri.

Oleh karena itu jenis susu seperti susu murni dan juga susu sapi mentah sangat tidak dianjurkan untuk penderita penyakit jantung. Kedua jenis susu ini mengandung tinggi lemak jenuh. Bahkan susu sapi mentah juga berpotensi mengandung bakteri yang tidak baik untuk tubuh karena jenis susu ini tidak melewati proses pemasakan apapun.

Lalu adakah kriteria susu yang boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung? Jawabannya tentu saja susu yang memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dan juga tetap mengandung nutrisi lain seperti vitamin dan juga mineral.  Berikut adalah jenis susu yang boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung beserta manfaatnya:

  • Susu sapi organik

Susu organik mengandung dua kali lipat lebih bayak lemak baik atau juga biasa disebut dengan Omega-3 dari semua jenis susu yang lain walaupun total kandungan lemaknya sama dengan jenis susu lain. Manfaat omega-3 untuk jantung ini sangat baik sekali. Susu organik di dapatkan dari sapi yang memakan rumput murni tanpa campuran apapun. Alebl organik ini juga menjadi tanda bahwa susu ini lebih alami dibandingkan dengan susu yang lainnya. Susu organik juga mengandung banyak vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Susu sapi rendah lemak

Susu ini mengandung lemak yang lebih rendah dari jenis susu yang lainnya. Oleh karena itu jenis susu ini diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Namun jenis susu ini diketahui memiliki kandungan nutrisi yang juga lebih rendah dibandingkan dengan jenis susu lain. Susu jenis ini memiliki tekstur yang tidak sekental dan tidak semanis jenis susu yang lainnya. Namun, anda tidak perlu khawatir akan kurangnya nutrisi dari susu jenis ini karena beberapa produsen susu memanfaatkan peluang ini untuk menciptakan susu rendah lemak yang telah diperkaya dengan nutrisi lain tapi tetap aman dan dianjurkan untuk penderita penyakit jantung.

  • Susu unta

Susu unta mengandung lemak tak jenuh yang memiliki manfaat seperti minyak zaitun. Profil asam lemak yang dimiliki oleh susu unta sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan juga untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah. Susu unta juga mengandung insulin yang dapat mengurangi resiko penyakit diabetes yang secara tidak langsung juga selalu berhubungan dengan penyakit kardiovaskular lainnya termasuk penyakit jantung.

Sponsors Link

  • Susu kambing

Dilansir dari susubegifa.com berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan di University of Delaware Amerika Serikat oleh Profesor George F. W. Haenlein, PhD, menemukan fakta bahwa susu kambing etawa mengandung MCT (Medium Chain Triglycerides) suatu zat dalam dunia kesehatan yang dianggap sangat ampuh dalam memerangi penumpukan lemak arteri jantung. Tidak hanya itu, susu jenis ini juga mengandung vitamin B3 atau Niachin yang berfungsi untuk mempertahankan sirkulasi darah yang baik, menjaga fungsi normal otak seperti meningkatkan daya ingat dan membantu saluran pencernaan. Susu penguat jantung ini juga dapat meningkatkan kolesterol baik HDL yang dapat mencegah penebalan plak dinding arteri dan kondisi seperti pengerasan arteri.

Lalu adakah aturan untuk pengonsumsian susu bagi anda penderita penyakit jantung? Konsumsilah susu sesuai dengan kebutuhan anda, dan jangan sampai berlebihan. Minumlah satu gelas susu yang baik untuk jantung setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda.

Itulah beberapa penjelasan tentang pertanyaan apakah penderita jantung boleh minum susu serta beberapa jenis susu yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Hal yang paling penting adalah hindari susu yang berlemak jenuh tinggi, namun anda tetap harus memperhatikan jumlah konsumsi susu dari jenis apapun termasuk jenis susu yang baik untuk jantung, karena sesuatu yang berlebihan akan tidak baik untuk anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Minuman