Sponsors Link

3 Rumah Sakit Jantung di Jakarta yang Bagus dan Terbaik

Sponsors Link

Jantung adalah organ manusia yang berfungsi untuk memompa darah agar beredar ke seluruh organ tubuh dalam mengantarkan energi. Indonesia terdiri dari 238 juta penduduk yang 30% lebih merupakan penderita hipertensi. Diantara penderita tersebut 4 orang dewasa diwakili 1 orang yang berisiko terkena penyakit jantung dengan tingkat kematian 26,4%. Indikasi yang dialami oleh penderita penyakit jantung adalah pola hidup yang tidak sehat, lemak, merokok dan sebagainya.

ads

Penyakit jantung koroner menempati urutan teratas sebagai penyebab kematian di dunia (HIMAPID 2008). Penyebab jantung koroner karena suplai darah melalui pembuluh darah utama mengalami masalah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut, salah satunya adalah penumpukan kolesterol (plak). Sasaran dari penyakit ini adalah manusia usia rentang 55-64 tahun. Pertumbuhan penduduk yang cukup signifikan di Indonesia menyebabkan tingkat jumlah penderita penyakit jantung juga semakin meningkat. Sekitar 1 berbanding 38 bayi lahir membawa kelainan jantung bawaan. Penyandang penyakit jantung bawaan sangat sulit terdeteksi.

Permasalahan penyakit jantung semakin banyak seiring tingkat pola hidup manusia. Sehingga banyak daerah yang mendirikan rumah sakit khusus menangani penyakit jantung. Banyak orang yang tidak melakukan konsultasi mengenai penyakit jantung, sehingga saat terindikasi bisa langsung mencapai level stadium sekian. Dan resiko terbesar adalah kematian. Ketidakperhatian terhadap penyakit jantung disebabkan beberapa faktor. Misal memang acuh terhadap penyakit, kemudian juga tidak terjangkaunya pelayanan kesehatan di daerah penderita.

Baca juga:

Pendirian beberapa rumah sakit jantung diharapkan mampu meningkatkan kepekaan masyarakat untuk selalu menjaga (check) kesehatan jantung secara berkala. Kementrian Kesehatan (Kemenkes) membangun rumah sakit dibeberapa daerah di Indonesia dengan fasilitas yang berkualitas serta biaya yang terjangkau. Jakarta merupakan kota metropolitan yang memiliki tingkat polusi terbesar di Indonesia. Keberagaman latar belakang penduduk dan gaya hidup yang jauh dari kata sehat menyebabkan ibu kota Indonesia ini mempunyai resiko mengidap penyakit jantung yang cukup besar. Apalagi melihat kesenjangan ekonomi masyarakat yang membuat beberapa diantaranya tidak mampu untuk memeriksakan jantungnya ke rumah sakit.

Baca juga:

Sebagai pusat pemerintahan tentu pemangku kebijakan dari kabupaten hingga pusat saling bekerjasama untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, begitu juga dengan penyakit jantung. Pembangunan rumah sakit khusus jantung di Jakarta adalah sebagai wujud perhatian kepada masyarakat, khususnya warga golongan menengah kebawah. Berikut adalah rumah sakit jantung di Jakarta yang menangani dan mengobati gejala penyakit jantung:

RSJP Harapan Kita

RSJP Harapan Kita adalah rumah sakit yang dikelola langsung oleh Kementrian Kesehatan serta masuk dalam kriteria rumah sakit khusus jantung tipe A. Lokasi rumah sakit jantung ini berada di Jl. S. Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Indonesia.

RSJP Harapan Kita memiliki layanan unggulan dalam bagian bedah jantung, DI & INB, Vaskular, Valvular dan Myocard. Rumah sakit jantung ini memiliki luas tanah 22.389 m² dan dengan luas bangunan 44.000 m². RSJP Harapan Kita mempunyai 67 dokter dan 180 ruang rawat inap. Berikut ini jumlah tempat tidur menurut kelasnya:

  1. VVIP :  8 kamar
  2. VIP :  16 kamar
  3. I :  57 kamar
  4. II :  34 kamar
  5. III :  50 kamar
  6. ICU :  14 kamar
  7. PICU :  18 kamar
  8. NICU :  0 kamar
  9. HCU :  110 kamar
  10. ICCU :  24 kamar
  11. TT di IGD :  14 kamar
  12. TT Bayi Baru Lahir :  0 kamar
  13. TT Kamar Bersalin :  0 kamar
  14. TT Ruang Operasi :  7 kamar
  15. TT Ruang Isolasi :  0 kamar
Sponsors Link

Baca Juga: CT Scan Jantung, Fungsi EKG Jantung, MRI Scan Jantung

Berikut informasi tambahan yang bisa dihubungi:

  • Direktur : Dr. dr. Hananto Andriantoro, SpJP(K), MA
  • Kode Post : 11420
  • Nomor Telp : 021-5684086
  • Telepon Humas : ext.1400/1888
  • Fax : 021-5684230
  • Email : [email protected]

Rumah Sakit Jantung Binawaluya

Rumah Sakit Jantung Binawaluya merupakan rumah sakit swasta pertama di Indonesia yang menangani penderita penyakit jantung, termasuk penyakit jantung bawaan. Sebelumnya RS Binawaluya merupakan sebuah klinik rawat jalan yang langsung ditangani oleh dokter spesialis. Didirikan pada tanggal 5 Januari 2004 kemudian pada tanggal 10 September 2007 diresmikan oleh Walikota Jakarta Timur menjadi Rumah Sakit Jantung Swasta pertama di Indonesia dengan fasilitas rawat inap dan rawat jalan.

Baca juga: Operasi Cangkok Jantung, Operasi Jantung Bocor, Operasi Ablasi Jantung

Saat ini bukan hanya masyarakat Jakarta Timur yang dapat menikmati pelayanan Rumah Sakit Binawaluya. Dari berbagai provinsi di Indonesia sudah pernah datang ke rumah sakit ini dengan penambahan fasilitas Hostel (Hospital Hotel) untuk keluarga dari daerah luar Jakarta. Binawaluya mempunyai 16 orang dokter dan 38 kamar inap.

Visi : Dalam usahanya menjadi Rumah Sakit Jantung swasta pilihan di Indonesia dan dapat berperan penting sebagai penasihat dan konsultan kesehatan Jantung Binawaluya senantiasa menyediakan pelayanan perawatan kesehatan terbaik melalui pelayanan, pengetahuan terkini dan pelaksanaan tindakan yang prima.

Baca juga: Cara Cek Kesehatan Jantung

Misi : Memberikan pelayanan kesehatan jantung terpadu yang mengutamakan keselamatan pasien melalui konsistensi dalam penerapan standar kualitas yang tinggi, pengembangan kemampuan tenaga professional yang berkelanjutan, pengembangan budaya kerjasama tim dalam pelayanan, pengembangan daya inovasi dan kreativitas untuk menciptakan pelayanan yang efisien dan efektif serta didukung dengan fasilitas dan peralatan terkini dalam bidangnya.

Untuk informasi tambahan, bisa menghubungi call center +6221-87781606 atau +6221-87781505 dan bisa juga menghubungi melalui email [email protected]

Baca juga: Dampak Cangkok Jantung, Pasang Ring Jantung, Operasi Katup Jantung Mitral

Sponsors Link

Rumah Sakit Jantung Jakarta

Rumah Sakit Jantung Jakarta merupakan penyedia layanan khusus terkait penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) untuk anak-anak dan dewasa. Selain itu juga melayani komplikasi dan penyebab penyakit jantung itu sendiri. Rumah sakit ini terletak di wilayah Matraman Raya, Jakarta timur. Dengan mengutamakan kenyamanan pasien penderita penyakit jantung dan keluarga pasien melalui pelayanan yang profesional.

Di rumah sakit ini memberikan layanan penunjang seperti laboratorium, radiologi, non invasive diagnostic dan multislice CT 128 tersedia 24 jam. Selain dokter yang ahli di bidang ilmu jantung, prosedur medis juga dilakukan dengan tata cara yang berkualitas dan mengutamakan hasil yang terbaik. Rumah sakit Jantung Jakarta juga memberikan layanan Neuro surgery dan Vaskule surgery.

Visi : Menjadikan Rumah Sakit Jantung Jakarta sebagai solusi tepat untuk penanganan kasus jantung dan pembuluh darah bagi masyarakat Indonesia.

Info Lebih Lanjut:

  • Alamat : Jl. Matraman Raya No. 23 Jakarta Timur, Jakarta
  • Emai : [email protected]
  • Telp : (021) 29361160 Ext 1103 | UGD (021) 29361166

Baca juga: Enzim Jantung dan FungsinyaBagian-Bagian Jantung

Demikian info mengenai rumah sakit jantung di Jakarta yang dapat Anda kunjungi untuk memeriksa kesehatan jantung maupun mengobati penyakit jantung yang sedang Anda alami. Bila Anda memiliki kartu BPJS atau asuransi kesehatan yang lain, maka tunjukkan pada petugas rumah sakit untuk meringankan biaya yang harus Anda tanggung nantinya. Namun akan lebih baik lagi bila Anda menjaga gaya hidup menjadi lebih sehat, agar terhindar dari penyakit jantung.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Medis