Sponsors Link

7 Manfaat Teh Hijau untuk Jantung yang Sangat Dahsyat

Sponsors Link

teh hijauSiapa yang tidak tahu dengan jenis minuman yang satu ini. Teh hijau mungkin memang belum sepopuler teh biasa dan juga kopi, namun teh hijau ini sudah mulai digunakan sebagai pengganti dari keduanya karena masyarakat mulai menyadari manfaat yang terkandung di dalam teh hijau. Teh hijau juga dikenal lebih sehat karena rendah akan kafein dan tinggi akan polifenol yang berperan sebagai antioksidan.Teh hijau sendiri merupakan jenis atau nama teh yang terbuat dari tanaman teh (Camellia Sinensis). Proses pengolahannya berawal dari proses pemetikan, proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, sehingga teh dapat diseduh untuk dijadikan minuman.

ads

Negara-negara peminum teh hitam seperti Taiwan, Hongkong, Timur Tengah, Tiongkok, Jepang, negara-negara Asia Tenggara, dan juga negara-negara barat pun sudah mulai menjadikan teh hijau sebagai minuman favorit mereka. Namun, sekarang teh hijau sudah menjadi populer diseluruh dunia. Teh hijau digunakan sebagai bahan dari berbagai jenis makanan, minuman, suplemen makanan kesehatan, dan bahkan kosmetik. Hal ini dikarenakan teh hijau yang selama ini diklaim bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kandungan antioksidan tinggi yang dikandung oleh teh hijau merupakan faktor utamanya. kandungan antioksidan inilah yang dianggap dapat mencegah jenis-jenis penyakit jantung.

Lalu apakah manfaat teh hijau untuk jantung? Berikut adalah beberapa penelitian yang membuktikan manfaat teh hijau untuk jantung:

1. Meningkatkan Fungsi Endotel

Pada Juni tahun 2008, telah diterbitkan sebuah jurnal kesehatan berjudul ‘Pencegahan dan Rehabilitasi Kardiovaskular’. Jurnal ini merupakan hasil penelitian yang diketuai oleh Dr. Nikolaos Alexopoulos dari Athens Medical School. Penelitian ini dilakukan di Yunani. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa teh hijau dapat meningkatkan fungsi endotel dalam tubuh. Endotel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan lapisan sel gepeng yang melapisi permukaan pembuluh darah, pembuluh limfa, dan rongga tubuh yang fungsinya adalah sebagai pengatur keseimbangan pembuluh darah.

Endotel juga berperan penting dalam menjaga kelancaran aliran darah di dalam tubuh. Hal ini terjadi karena endotel dapat melindungi pembuluh darah agar tetap elastis dan rileks. Fakta lain dari endotel adalah, bila endotel mengalami kelainan, maka resiko serangan jantung, gagal jantung, dan juga stroke akan meningkat.

2. Pencegahan Penyakit Jantung

Untuk pencegahan penyakit jantung, sejumlah data menunjukan bahwa teh hijau dapat mengurangi resiko penyakit-penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh penyempitan arteri yang akan menimbulkan serangan jantung, nyeri dada, dan juga stroke. Penelitian juga menunjukan bahwa teh hijau juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol berupa lemak jahat atau LDL dan juga trigliserida, yang menjadi penyebab utama timbulnya penyakit jantung dan stroke apabila kadarnya terlalu tinggi di dalam tubuh.

3. Mengurangi Resiko Kematian karena Penyakit Jantung

Salah satu penelitian yang melibatkan lebih dari 40.500 orang dewasa di Jepang, menemukan bahwa orang yang minum teh hijau sebanyak lima cangkir sehari akan berpotensi 26 persen lebih rendah meninggal karena penyakit kardiovaskular selama periode 11 tahun daripada mereka yang hanya minum satu cangkir teh hijau setiap harinya.

4. Terhindar dari Serangan Jantung dan Stroke

Sebuah studi yang melibatkan 76.979 orang, diterbitkan dalam Jurnal Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat pada tahun 2011 juga menemukan bahwa seorang wanita yang minum satu-enam gelas teh hijau setiap harinya akan terhindar dari penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke dalam periode 13 tahun dibandingkan dengan mereka yang tidak atau jarang minum teh hijau.

Sponsors Link

5. Memperlancar Aliran Darah

Penelitian lain mengungkap bahwa teh hijau mengandung flavonoid yang dapat membantu sel-sel untuk mengeluarkan zat-zat yang dibutuhkan untuk memperlancar aliran darah. Penelitian ini melibatkan 14 peserta, dimana tujuh pesertanya merupakan perokok. Penelitian ini menemukan bahwa mereka yang meminum teh hijau mengalami pembesaran pembuluh nadi pada hati selama 30 menit lebih lama dibandingkan saat minum air hangat atau kopi.

6. Sebagai Antioksidan

Flavonoid ini juga berfungsi sebagai antioksidan, menghindarkan anda dari penyakit jantung, karena flavoinoid akan mencegah penggumpalan darah dalam tubuh anda. Namun, penelitian ini menemukan sedikit keraguan terkait pembesaran pembuluh nadi. Kebimbangan muncul apakah pembesaran ini disebabkan oleh flavonoid atau malah oleh kafein. Penelitian kemudian dilanjutkan. Para peneliti melakukan pengukuran terhadap peserta yang minum kafein yang hasilnya mereka sama sekali tidak mengalami pembesaran pembuluh nadi. Ini membuktikan bahwa kandungan flavonoid dalam teh hijaulah yang menjadi latar belakang pembesaran pembuluh nadi.

Sponsors Link

7. Terhindar dari Penyakit Jantung Koroner

Sebuah meta-analisis studi-13 observasional juga pernah dilakukan pada peminum teh hijau dan lima dari peminum teh hitam. Kemudian penelitian ini menemukan bahwa orang yang minum teh hijau memiliki resiko penyakit jantung koroner sebesar 28 persen lebih rendah daripada mereka yang hanya minum sedikit teh hijau. Sedangkan peminum teh hitam, sama sekali tidak berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

Itulah beberapa manfaat teh hijau untuk jantung. Jadi pada dasarnya mengkonsumsi lima cangkir atau lebih teh hijau setiap harinya akan sangat baik bagi jantung anda. Ini disebabkan oleh kandungan dalam teh hijau. kandungan-kandungan tersebut dapat dijadikan sebagai pencegahan penyakit jantung.

Namun bagi anda yang sudah terlanjur mengidap penyakit jantung, teh hijau ini juga dapat membantu memulihkan kesehatan jantung anda. Selain itu tetap perhatikan makanan yang anda makan, hindari makanan-makanan yang tidak baik untuk jantung, konsumsilah lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran. Disamping itu, menjaga gaya hidup jantung sehat dan menghindari rokok juga akan membantu pemulihan kesehatan jantung anda.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman