Sponsors Link

6 Manfaat Madu untuk Jantung dan Cara Mengonsumsinya

Sponsors Link

Jantung merupakan organ tubuh makhluk hidup yang sangat penting, semua makhluk hidup membutuhkan jantung yang sehat untuk dapat bertahan hidup dan menjalani kehidupan yang normal. Memiliki penyakit jantung tentu merupakan hal yang sangat berbahaya, hal ini juga berlaku pada manusia, penyakit jantung faktanya telah membunuh 20% manusia dari semua penyebab kematian di dunia yang pernah ada hingga saat ini.

ads

Kesehatan jantung merupakan kebanggaan dan keinginan bagi setiap orang yang mengerti hal ini, menjaga jantung agar tetap selalu dalam kondisi sehat dan dalam kondisi yang prima merupakan kebutuhan bagi setiap manusia. Namun seringkali hal tersebut hanya menjadi keinginan dan khayalan semata tanpa melakukan hal-hal yang tepat untuk menjaga jantung agar selalu dalam keadaan sehat.

Padahal untuk menjaga jantung agar dalam kondisi yang sehat dan prima selalu, Anda hanya perlu mengonsumsi madu. Pada artikel kali ini saya akan memberikan Anda sedikit informasi mengenai madu, diantaranya informasi mengenai manfaat madu bagi kesehatan jantung manusia, cara penggunaan dan aturan yang tepat dalam mengonsumsi madu serta efek samping apabila mengonsumsi madu setiap hari.

Baca juga:

Manfaat Madu untuk Jantung

Madu merupakan bahan alami yang dihasilkan oleh alam yang kaya akan senyawa fenolik, senyawa ini bertindak sebagai antioksidan alami yang sangat baik bagi kesehatan jantung manusia. Mengonsumsi madu secara rutin sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia terutama kesehatan jantung, pasalnya kandungan yang dimiliki oleh madu dapat menyembuhkan berbagai penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner, dan biasanya madu digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat suplemen yang baik bagi kesehatan jantung manusia.

Selain itu madu juga berguna untuk:

1. Membersihkan Kolestrol pada Arteri Koroner

Kolesterol yang tersumbat pada bagian arteri koroner dapat menyebabkan penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya dan dapat menimbulkan resiko kematian. Madu yang mengandung banyak sekali kandungan dapat membersihkan arteri koroner dari kolesterol yang dapat membuat darah tersumbat. Baca juga: Penyakit Jantung Tersumbat.

2. Memperkuat Jantung

Tidak hanya bersifat membersihkan, madu juga bersifat sebagai penguat jantung. Madu alami yang dihasilkan oleh alam sangat membantu Anda dalam proses penguatan jantung yang sebelumnya melemah, mengonsumsi madu secara rutin akan memberikan dampak langsung terhadap proses penguatan jantung Anda. Baca juga: Cara Menguatkan Jantung.

3. Memperlancar Aliran Darah

Manfaat madu untuk jantung selanjutnya adalah memperlancar aliran darah. Aliran darah yang lancar dapat mempermudah jantung dalam memompa darah. Tekanan darah yang tinggi akan membuat jantung berdetak dengan cara tidak normal, sehingga akan menimbulkan penyakit stroke, tentu hal ini sangat berbahaya apabila tidak ditangani dengan segera.

Sponsors Link

4. Menjadi Pelumas bagi Katup Jantung

Kebanyakan orang yang memiliki penyakit jantung dan sudah dapat dikategorikan ke dalam tingkatan yang parah, biasanya memiliki katup jantung yang kadang-kadang tidak terbuka pada saat darah hendak atau ingin melewatinya. Hal ini sangat berbahaya apabila tidak segera ditangani. Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut adalah dengan rutin mengonsumsi madu. Madu yang bersifat cairan kental dapat menjadi pelumas bagi katup jantung yang kadang-kadang susah terbuka. Mengonsumsi madu secara rutin akan memberikan Anda khasiat yang akan berdampak langsung kepada jantung Anda.

Baca juga:

5. Menebalkan Dinding Jantung

Senyawa yang dimiliki oleh madu dapat menebalkan dinding jantung, sehingga jantung menjadi lebih kuat. Hal ini sangat membantu Anda dalam hal mengatasi penyakit jantung bocor. Penebalan ini tentu tidak terjadi apabila Anda mengonsumsi madu yang abal-abalan. Pastikan Anda mengonsumsi madu murni atau asli, karena mengonsumsi madu palsu yang tidak jelas campuran dan komposisinya akan menyebabkan dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung Anda.

6. Menstabilkan Detak Jantung

Penderita penyakit aritmia yang mengalami ketidakstabilan dalam hal detak dan irama jantung sangat dianjurkan mengonsumsi madu secara rutin. Pasalnya bahan alami yang dihasilkan dari perut lebah ini, terbukti dapat menstabilkan detak jantung manusia yang sebelumnya tidak normal akibat berbagai penyakit jantung seperti penyakit aritmia jantung. Selain itu mengonsumsi madu secara rutin juga memberikan manfaat yang serupa bagi penderita penyakit jantung yang sering mengalami gagal jantung ringan. Baca juga: Cara Mengobati Aritmia Jantung.

Sponsors Link

Cara Mengonsumsi Madu yang Tepat dan Benar

Manfaat madu untuk jantung akan optimal apabila dikonsumsi dengan cara yang tepat dan benar. Kebanyakan orang baru merasakan manfaat dari madu ketika sudah lama mengonsumsinya. Hal ini diakibatkan oleh kesalahan dalam cara mengonsumsi madu. Cara yang tepat dalam mengonsumsi madu sebenarnya diminum secara langsung tanpa ada campuran apapun.

Waktu yang tepat dalam mengonsumsi madu ialah pagi pada saat sebelum berangkat menjalani aktivitas dan malam pada saat ingin tidur. Karena pada saat pagi sebelum menjalani aktivitas, khasiat madu diperlukan oleh jantung untuk memberikan nutrisi dan energi, sehingga jantung dapat beraktivitas lebih baik dan normal dari sebelumnya. Sedangkan pengonsumsian madu ketika menjelang tidur bermaksud untuk mengembalikan energi dan stamina jantung setelah berdetak dalam kondisi Anda sedang beraktivitas seharian.

Baca juga: Detak Jantung Normal, Nutrisi untuk Penyakit Jantung Bawaan.

Efek Samping Madu bila Dikonsumsi Berlebihan

Madu merupakan bahan alami yang aman apabila dikonsumsi dalam jangka panjang, namun mengonsumsi madu setiap hari dalam takaran dan porsi berlebihan akan memberikan Anda sedikit efek samping. Madu yang dikonsumsi setiap hari dalam takaran dan porsi yang berlebihan akan membuat dada Anda terasa panas dan menimbulkan sedikit pusing pada bagian kepala.

Segala sesuatu yang berlebihan tentu merupakan hal yang tidak baik, hal ini juga berlaku dalam pengonsumsian madu. Madu yang sewajarnya memiliki banyak khasiat terhadap tubuh manusia, namun apabila digunakan secara berlebihan juga bisa memberikan dampak negatif atau efek samping kepada tubuh manusia. Oleh sebab itu gunakan madu secukupnya untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Baca juga: Cara Mencegah Jantung Rematik, Pencegahan Jantung Koroner.

Memiliki jantung yang sehat merupakan keinginan setiap manusia. Kita sadar jantung merupakan organ vital tubuh yang apabila berhenti maka akan menjadi akhir kehidupan bagi manusia tersebut. Oleh sebab itu menjaga dan merawat jantung sangat diperlukan demi menjaga masa depan yang cerah.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman