Sponsors Link

5 Penyebab Badan Gemetar dan Jantung Berdebar Perlu Diwaspadai!

Sponsors Link

Penyakit jantung. Siapa sih yang tidak seram ketika mendengar kata yang satu ini? Yup, penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang mematikan dan bisa menyerang siapa saja, kapan pun, dan di mana pun. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sering menyebabkan kematian bagi masyarakat Indonesia karena sering kali penanganannya terlambat dan masyarakat cenderung tidak mengetahui gejala awal penyakit jantung.

ads

Memangnya apa saja sih tanda dari penyakit jantung secara umum? Keluhan yang paling sering disampaikan oleh pasien kepada ahli jantung adalah nyeri dada atau denyut jantung yang tidak karuan dan hal ini biasanya disertai dengan rasa sesak pada dada – atau bahkan rasa nyeri. Salah satu gejala yang paling sering dikeluhkan oleh pasien adalah jantung berdebar atau yang biasa kita kenal dengan palpitasi. Palpitasi merupakan suatu kondisi yang akan berlangsung selama beberapa detik atau menit dan ketika hal ini semakin sering terjadi maka tidak salah lagi jika ada yang salah dengan kinerja jantung kita – alias adanya gangguan pada jantung. Palpitasi bukan saja hanya terjadi pada area jantung namun juga bisa menyebar hingga ke area tenggorokan dan leher, gawatnya lagi palpitasi bisa terjadi sewaktu-waktu dan tidak kenal waktu; contohnya saja bisa terjadi ketika kita dalam keadaan beristirahat, duduk ataupun dalam kondisi berdiri.

Kapan sih kita mengetahui denyut jantung kita berada pada batas tidak normal? Tentu saja kita harus mengetahui batas detak jantung normal  seseorang terlebih dahulu sebelum kita mengetahui apakah denyut nadi kita berada pada batas yang tidak seharusnya. Ketika palpitasi ini terjadi secara terus menerus, dengan kata lain dalam intensitas yang sering sebaiknya kita segera berkonsultasi pada dokter sehingga kita mendapat penanganan yang tepat dan penyakit ini tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya alias tidak bertambah parah. Bukan suatu hal yang aneh lagi jika palpitasi ini disertai dengan badan gemetar yang hal ini justru menyebabkan kondisi kita semakin parah karena tubuh tidak mampu berfungsi seperti seharusnya. Sangat mengganggu bukan?

Namun sebenarnya apa sih penyebab badan gemetar dan jantung berdebar ini? Yup, ketika kita didiagnosis menderita suatu penyakit ada baiknya kita mengetahui penyebab pastinya sehingga kita bisa lebih waspada di kemudian hari alias kita harus lebih menjaga kesehatan tubuh kita ke depannya. Apakah hanya penyakit jantung saja yang menjadi penyebab badan gemetar dan jantung berdebar? Apakah ada faktor pemicu lain dari timbulnya hal yang satu ini dan pastinya akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari? Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa penyebab badan gemetar dan jantung berdebar yang pastinya sayang untuk dilewatkan! Kira-kira apa saja ya yang menjadi faktor penyebabnya? Daripada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasan yang satu ini!

1.Konsumsi kafein secara berlebihan

Siapa di antara kita yang suka mengonsumsi kopi? Namun apakah kalian menyadari jika kandungan dalam kopi, lebih tepatnya kandungan kafein bisa menyebabkan denyut jantung kita menjadi tidak beraturan? Kafein adalah kandungan dalam kopi yang menyebabkan saraf pada otak bekerja menjadi lebih keras dan hal ini memicu otak untuk memicu hormon adrenalin secara berlebihan dan tentu saja hal ini juga mengganggu kinerja jantung.

2. Gula darah rendah

Bukan hanya asupan makanan yang bisa menjadi penyebab badan gemetar dan jantung berdebar, adanya penyakit lain juga bisa menjadi faktor penyebab timbulnya permasalahan ini. Kok bisa? Hal ini disebabkan penderita penyakit gula alias penderita diabetes memiliki kadar gula yang berada di bawah normal, lebih tepatnya berada di bawah 70 mg/dL dan hal ini jauh dari batas normal di mana seharusnya rata-rata kadar gula normal seseorang berada pada angka 140 mg/dL. Kadar gula kita yang berada di bawah normal akan menyebabkan ketidakseimbangan kinerja pada tubuh, lebih tepatnya kurangnya pasokan energi untuk otak, saraf, maupun otot tubuh.

3. Serangan panik

Bukan hanya permasalahan asupan makanan atau adanya penyakit lain, gangguan psikologis juga bisa memicu terjadinya gangguan pada kinerja jantung. Yup serangan panik akan membuat seseorang kehilangan kendali akan tubuh dan pikirannya yang kemudian hal ini akan disertai berbagai gejala gangguan fisik lainnya seperti sesak nafas, berkeringat, merasa tercekik. Kulit yang memerah, serta badan gemetar dan detak jantung yang mulai berdegup kencang. Serangan panik ini biasanya akan berlangsung selama beberapa menit dan apabila berlangsung dalam waktu yang lama akan menyebabkan nyeri dada yang tidak kunjung sembuh.

4. Kurangnya asupan nutrisi

Apa lagi ya penyebab badan gemetar dan jantung berdebar? Yup, nutrisi bisa menjadi salah satu penyebabnya di mana otot jantung membutuhkan bantuan nutrisi untuk bisa bekerja dengan seharusnya. Nutrisi di sini berfungsi untuk membersihkan pembuluh darah dari berbagai zat berbahaya seperti endapan lemak di mana apabila tidak segera ditangani maka dapat menyebabkan terhambatnya arteri jantung dan tentu saja mempengaruhi kinerja jantung secara keseluruhan – salah satunya menyebabkan jantung berdebar kencang. Tubuh kita juga akan menunjukkan gejala kita kekurangan nutrisi yaitu darah yang akan bewarna kecoklatan atau biasa kita kenal dengan merah gelap.

5. Pembengkakan otot jantung

Penyebab badan gemetar dan jantung berdebar yang terakhir adalah pembengkakan otot jantung dan hal ini biasa disebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah atau konstraksi otot jantung yang terlalu cepat namun nutrisi dalam tubuh juga tidak terpenuhi sebagaimana seharusnya. Ketika hal ini terjadi secara terus menerus, maka tubuh akan semakin mudah cepat untuk lelah dan apabila tidak segera dilakukan penanganan maka serangan jantung dapat terjadi sewaktu-waktu dan parahnya lagi dapat memicu timbulnya penyakit lain, yaitu penyakit stroke.

Sponsors Link

Nah itu tadi adalah beberapa penyebab badan gemetar dan jantung berdebar yang harus kita ketahui dan pastinya kita akan semakin waspada mengenai berbagai penyebab ini di waktu mendatang, alias kita harus lebih menjaga kesehatan kita mulai dari sekarang. Memulai pola hidup yang lebih sehat pun bukan suatu hal yang susah karena kita bisa melakukannya melalui hal-hal kecil seperti dengan rutin melakukan olahraga untuk kesehatan jantung ataupun dengan rutin mengonsumsi makanan yang menguatkan jantung. So, bukan suatu hal yang susah unuk memulai pola hidup yang lebih sehat bukan? Tunggu apalagi? Yuk lebih sayangi dirimu dari sekarang!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab